Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Asma Berbasis Forward Chaining

Rintana Arnie(1*),Muhammad Maurits(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v3i1.12

Abstract

Penyakit asma salah satu jenis penyakit yang menyerang manusia. Berdasarkan wawancara terhadap pihak dokter di Poli Paru RSU Ratu Zalecha, penyakit asma banyak memiliki gejala yang hampir sama bahkan ada yang hanya dibedakan oleh satu gejala. Diperlukan ketelitian
dan analisa yang tajam bagi seorang dokter untuk mengungkap jenis penyakit asma demi memberikan pengonatan yang tepat kepada pasiennya, agar tidak terjadi sebuah kesalahan fatal yang membahayakan jiwa pasien. Berdasarkan uraian permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan strategi membangun suatu sistem berbasis aturan untuk permasalahan penyakit asma. Dengan menggunakan fakta-fakta yang diberikan oleh user dapat menghasilkan suatu kesimpulan yang merupakan representase dari metode forward chaining dengan melalui pelacakan suatu data atau fakta fakta yang ada menuju suatu kesimpulan.
Dari hasil evaluasi yang dilakukan diperoleh jasil bahwa sistem pakar untuk diagnosa penyakit asma dapat membantu dokter di poli paru Rumah Sakit Umum Ratu Zalecha. Sistem ini dapat memberikan bantuan berupa saran atau solusi berupa informasi bagi pasien penyakit asma.

Kata Kunci : Penyakit Asma, Forward Chaining, Sistem Pakar.

References


Abidin, M. Angela. 2002. Mengenal, Mencegah dan Mengatasi Asma Pada Anak Plus Panduan Senam Asma. Jakarta : Puspa Swara

Irawan, Jusak. 2007. Buku Pegangan Kuliah Sistem Pakar. Surabaya : Sekolah Tinggi Informatika komputer & teknik Komputer Surabaya

Kusrini, 2006. Sistem Pakar Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Andi.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.