Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Umum Dan P3K Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Android

Alfiansyah Alfiansyah(1*),Rintana Arnie(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v5i3.123

Abstract

Abstrak

Penyakit merupakan penyebab gangguan kesehatan pada tubuh manusia dan semua itu tidaklah asing bagi semua orang, ini semua juga merupakan kendala yang sering dihadapi oleh masyarakat. Semua manusia sudah tahu kalau pada tubuhnya ada mengalami gangguan kesehatan, akan tetapi meskipun manusia bisa menyebutkan kondisi dari bagian tubuh mereka yang sakit atau ada beberapa gangguan kesehatan namun sering kali kebanyakan dari mereka tidak mengetahui penyakit apa yang dialaminya bahkan mereka tidak mengetahui penyebabnya, pertolongan pertama, dan tindakan yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah penyakit tersebut jika sudah parah. Sehingga untuk mengetahui penyakit yang sedang menyerang tubuh manusia dibutuhkan seorang ahli yang memahami masalah kesehatan yaitu dokter.

Agar penelitian ini dapat berguna dan bermanfaat untuk pengetahuan masyarakat maka masih banyak yang perlu diketahui apa saja gejala yang bisa terjadi dalam penyakit umum tersebut agar nantinya bisa teridentifikasi dan diberikan solusinya, sehingga membantu orang awam  atau orang yang  enggan ke dokter untuk mengetahui penyakitnya dan melakukan tindakan pertolongan pertama sendiri serta mengetahui pada kondisi apa harus ke dokter atau rumah sakit. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem pakar atau aplikasi yang membantu masyarakat berbasis android  dengan menerapkan metode forward chaining dan bisa diterapkan pada masyarakat umum.

Kata Kunci : Sistem Pakar, Penyakit Umum, Forward Chaining

References


Admaja, R.T., Rancang Bangun Aplikasi Mobile Untuk Mendiagnosa Penyakit Umum dengan Metode Certainty Factor Menggunakan Teknologi Android. PENS School of Electronics and Computer Science. Vol.3. No.4. Hal.11, 2012.

Harihayati, T., Sistem pakar mendiagnosa penyakit umum yang sering diderita balita berbasis web di dinas kesehatan kota Bandung. Jurnal Komputer dan Informatika (Komputa). Vol.1. No.1. Hal.65, 2012.

Arni, R., Maurits, M., Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Asma Berbasis Forward Chaining, JUTISI Vol. 3 No. 1, Hal.: 495-504, 2014.

Maulana, F.A., Ruliah, Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Air Conditioner Dengan Metode Forward Chaining, PROGRESIF Vol. 12, No. 1, 2016.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.