Penerapan Design Thinking pada User Interface Aplikasi Mobile Pembelajaran Bahasa Isyarat Indonesia
Abstract
Indonesian Sign Language (BISINDO) is the primary language used by the Deaf community in Indonesia. However, the lack of interactive learning media has become a barrier in the learning process, both for Deaf individuals and hearing people who wish to learn BISINDO. This study aims to design a more intuitive and user-centered mobile application interface (UI) for BISINDO learning by applying the Design Thinking method. Design Thinking is a user-centric approach consisting of five stages: empathize, define, ideate, prototype, and test. This study uses a qualitative research method through interviews, observations, and prototype testing with prospective users. The findings reveal that UI design using the Design Thinking approach significantly improves content readability, navigation ease, and overall user experience compared to conventional design approaches. These results indicate that Design Thinking is an effective approach for developing inclusive and adaptive learning application interfaces for both the Deaf and hearing users. This research contributes to the development of more empathetic, functional, and accessible sign language learning applications.
Keywords: Indonesian Sign Language; BISINDO; Design Thinking; User Interface; Mobile Application.
Abstrak
Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) merupakan bahasa utama yang digunakan oleh komunitas Tuli di Indonesia. Namun demikian, keterbatasan media pembelajaran interaktif menjadi kendala dalam proses pembelajaran, baik bagi individu Tuli maupun pendengar yang ingin mempelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka pengguna (UI) aplikasi mobile pembelajaran BISINDO yang lebih intuitif dan sesuai dengan kebutuhan pengguna dengan menerapkan metode Design Thinking. Design Thinking merupakan pendekatan yang berpusat pada pengguna dan terdiri dari lima tahapan: empathize, define, ideate, prototype, dan test. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui wawancara, observasi, dan pengujian prototipe bersama calon pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan UI dengan pendekatan Design Thinking memberikan peningkatan signifikan dalam hal keterbacaan konten, kemudahan navigasi, serta pengalaman pengguna secara keseluruhan jika dibandingkan dengan desain konvensional. Temuan ini menegaskan bahwa pendekatan berbasis Design Thinking efektif dalam menciptakan solusi antarmuka pembelajaran yang inklusif dan adaptif bagi komunitas Tuli dan pendengar. Dengan hasil ini, penelitian memberikan kontribusi terhadap pengembangan aplikasi pembelajaran bahasa isyarat yang lebih empatik, fungsional, dan mudah diakses oleh berbagai kalangan pengguna.
Keywords
References
A. P. I. Sari, M. I. Ramdhani, H. Oktariansyah, and D. Novita, “SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi Pengembangan UI/UX aplikasi Kamus Palembang-Indonesia berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking UI/UX Development of Mobile-based Palembang-Indonesia Dictionary application using Design Thinking Method,” SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi, vol. 13, no. 1, pp. 283–290, Jan. 2024. [Online]. Available: http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id
D. K. Pramudito, T. W. Nurdiani, B. Winardi, A. Y. Rukmana, and K. Kraugusteeliana, “Website User Interface Design Using Data Mining Task Centered System Design Method At National Private Humanitarian Institutions,” Indonesian Journal of Artificial Intelligence and Data Mining, vol. 6, no. 2, pp. 281–289, Oct. 2023, doi: 10.24014/ijaidm.v6i2.25814.
M. Putri and W. Fuadi, “Pendeteksian Bahasa Isyarat Indonesia Secara Real-Time Menggunakan Long Short-Term Memory (LSTM),” Jurnal Rekayasa Informasi, vol. 12, no. 1, pp. 69–78, Mar. 2023.
N. H. A. E. and M. I. Zul, “Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Indonesia menjadi Suara berbasis Android menggunakan Tensorflow,” Jurnal Komputer Terapan, vol. 7, no. 1, pp. 74–83, Jun. 2021, doi: 10.35143/jkt.v7i1.4629.
T. Wibowo, F. Tiroy, S. Butar-Butar, and N. Ali, “Perancangan Aplikasi Pengenalan Pahlawan Indonesia Berbasis Android,” Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), vol. 2, no. 1, pp. 1–9, Feb. 2021.
R. Fahrudin and R. Ilyasa, “Perancangan Aplikasi ‘Nugas’ Menggunakan Metode Design Thinking Dan Agile Development,” Jurnal KomtekInfo, vol. 8, no. 2, pp. 125–134, Aug. 2021.
Aditya and D. W. S. Susanto, “Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Bagi Siswa Penyandang Tuna Rungu Berbasis Android Mobile Application Engineering for Deaf Learning Support,” Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 5, no. 2, pp. 439–446, Apr. 2021.
J. A. Putra, M. Y. Auliya, and F. Adnan, “Perancangan Desain User Interface dan User Experience Media Pembelajaran Aksara Jawa Untuk Siswa Sekolah Dasar dengan Metode Design Thinking,” Bulletin of Computer Science Research, vol. 3, no. 2, pp. 183–190, Feb. 2023, doi: 10.47065/bulletincsr.v3i2.228.
B. S. Salim and W. Sandy, “Implementasi Metode Design Thinking dalam Desain Inklusif UI/UX Aplikasi E-Learning untuk Buta Warna Parsial,” JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), vol. 15, no. 1, pp. 3169-3175, 2023. [Online]. Available: http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/index
N. Yusril, I. Larasati, and P. A. Zukri, “Systematic Literature Review Analisis Metode Agile dalam Pengembangan Aplikasi Mobile,” SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi, vol. 10, no. 2, pp. 369–380, May. 2021. [Online]. Available: http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id
A. M. Gusti, Y. Mahaputra, P. A. W. Santiary, and I. K. Swardika, “Rancang Bangun Penerjemah BISINDO Real-time Berbasis Kamera dan Deep Learning dengan Kendali Suara ESP32 WiFi,” Elementer, vol. 10, no. 02, pp. 33–42, 2024, doi: 10.35143/elementer.v10i2.
D. Saputra and R. W. Putra, “Perancangan Aplikasi Pemainan ‘Bisindoku’ Sebagai Media Komunikasi Pengenalan Bahasa Isyarat,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 11, no. 1, pp. 91–100, Jan. 2024.
Z. Mardiah, N. S. Andzani, and H. Setiawan, “Analisis Usability Website Lms Poltek Ssn Menggunakan Metode System Usability Scale,” Jurnal Jurnal Online Informatika, vol. 9, no. 1, pp. 122–130, Jan. 2024.
Rusmila, B. D. Suharminto, M. S. Qadirah, and M. E. A. S., “Uji Kualitas Website Indonesiax Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS),” Jurnal Teknologi Informasi, vol. 16, no. 1, pp. 83–91, 2022, doi: 10.47111/JTI.
P. Sari and D. Setiawan, “Aplikasi D’laundry Berbasis Android Menggunakan Model Design Thinking,” Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), vol. 2, no. 3, pp. 136–142, Jul. 2022.
W. Ridhoni, Y. Aufar, and E. V. Aurum, “User Experience Design Tes Berbasis Mobile sebagai Link and Match Lowongan Kerja Industri dengan Politeknik di Kalimantan Selatan,” Journal of Practical Computer Science, vol. 4, no. 1, pp. 1–8, 2024.
B. S. Wiyono, M. Irfan, F. Hakim, and I. Nuryasin, “Perancangan Desain Antarmuka Aplikasi FoodCare Dengan Pendekatan Design Thinking dan Prinsip Gestalt,” REPOSITOR, vol. 6, no. 1, pp. 27–36, 2024.
Olivia, P. D. Larasati, M. F. Mulya, S. Anwar, and Y. Efendi, “Penerapan Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Website untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna,” Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 9, no. 1, pp. 14–22, Jan. 2025.
V. K. Reynaldi and N. Setiyawati, “Perancangan Ui/Ux Fitur Mentor On Demand Menggunakan Metode Design Thinking Pada Platform Pendidikan Teknologi,” Jurnal Ilmiah Betrik, vol. 13, no. 2, pp. 165–174, Sep. 2022.
E. N. Azizah, M. G. Resmi, and S. Alam, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan User Interface Aplikasi Mobile Pengenalan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO),” Jurnal Algoritma, vol. 20, no. 1, pp. 1–10, Mar. 2023.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.