Evaluasi Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Disney+ Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction
Abstract
This research aims to assess user satisfaction with the Disney+ streaming application through the application of the End User Computing Satisfaction (EUCS) method. It focuses on user perceptions related to several dimensions, including content, accuracy, format, ease of use, and system reliability. A quantitative approach was adopted by distributing online questionnaires to active users. The gathered data were processed using descriptive statistical techniques, along with validity and reliability testing. The results reveal that all EUCS dimensions have a positive impact on overall user satisfaction, with ease of use being the most influential. These insights are expected to help developers enhance the service quality of the Disney+ application to meet user expectations more effectively.
Keywords: User satisfaction; Disney+ application; End User Computing Satisfaction; Digital services
Abstrak
Studi ini dimaksudkan untuk menilai sejauh mana tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan aplikasi Disney+ dengan menggunakan pendekatan End User Computing Satisfaction (EUCS). Penilaian dilakukan terhadap persepsi pengguna mengenai lima aspek utama: konten, akurasi, format tampilan, kemudahan penggunaan, dan keandalan sistem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan menyebarkan kuesioner kepada pengguna aktif. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif serta uji validitas dan reliabilitas. Hasil menunjukkan bahwa seluruh dimensi EUCS memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan pengguna, dengan kemudahan penggunaan menjadi faktor yang paling dominan. Temuan ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi pengembang aplikasi untuk meningkatkan kualitas layanan Disney+ ke depannya.
Keywords
References
. N. R. Danar Feriano et al., “Analisis User Experience Aplikasi Disney+ Hotstar dengan Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ),” KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 4, no. 3, pp. 1641–1650, Des. 2023, doi: 10.30865/klik.v4i3.1470. medium.com+6ijcs.net+6ijcs.net+6
. R. Rahmadhani, A. Meiriza, P. E. Sevtiyuni, N. R. Oktadini, dan P. Putra, “Evaluasi User Experience Pada Aplikasi Disney+ Hotstar Menggunakan Metode MeCUE Questionnaire (2.0),” Indonesian Journal of Computer Science, vol. 12, no. 6, pp. 4320–4330, 2023
. A. M. Sabrina Jovanka, “Analisis Kepuasan Pengguna terhadap Layanan Streaming Video dengan Metode E‑service quality: Studi Kasus pada Aplikasi Disney Plus,” SATESI (Jurnal Sains Teknologi dan Sistem Informasi), pp. 45–51, 2023.
. D. F. Suyatno, A. WarihUtami, dan R. Bisma, “Pengukuran Kepuasan Pengguna untuk Aplikasi SIBISA di TK ABA 1, Buduran, Sidoarjo dengan metode EUCS,” Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis Cerdas, vol. 17, no. 1, pp. 1–10, Feb. 2024.
. M. N. Farisi and E. Zuraidah, “Analisa Kualitas Aplikasi Performance Simanis dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” J. Inform. Manaj. Teknol. Inf., vol. 2, no. 3, pp. 109–121, Jul. 2022, doi: 10.47065/jimat.v2i3.169.
. Y. Asni dan D. Irfan, “Analisis Kepuasan Pengguna Dalam Pemanfaatan E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di SMK N 2 Pariaman,” J. Vokasi Informatika (JAVIT), vol. 2, no. 1, pp. 9–19, 2022, doi: 10.24036/javit.v2i1.75.
. A. S. Agustin, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Disney+ Hotstar dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” Skripsi, Program Studi Ilmu Komputer & Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma, Depok, 2023.
. J. Putra dan D. R. Indah, “Analisis Kepuasan Pengguna E‑Learning menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) pada SMA Xaverius 1 Palembang,” Skripsi, Universitas Sriwijaya, Palembang, 2023. [Online]. Tersedia: jurnal.atmaluhur.ac.id.
. D. A. Simaremare and A. Juniadi, “Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pengguna e-Learning dengan Menggunakan End User Computing Satisfication,” J. Komput. Antartika, vol. 1, no. 1, pp. 25–31, 2023, doi: 10.70052/jka.v1i1.4.
. H. Setiawan and D. Novita, "Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS," J. Teknol. Sist. Inform., vol. 2, no. 2, pp. 162–175, 2021, doi: 10.35957/jtsi.v2i2.1375.
. R. A. Wigatie dan I. Zainafree, "Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile JKN di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Magelang," Health Information: Jurnal Penelitian, vol. 15, no. 2, pp. 1-7, 2023.
. I. P. Y. A. Ariwanta, I. G. T. E. Saputra, N. P. E. Apriyanthi, I. M. A. O. Gunawan, dan G. Indrawan, "Analisis Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode EUCS Pada Sistem Computer Based Test di Institusi Pendidikan," Journal of Computer System and Informatics, vol. 4, no. 4, pp. 945-951, 2023. DOI: https://doi.org/10.47065/josyc.v4i4.3752.
. M. A. Sugandi dan R. M. N. Halim, "Analisis End-User Computing Satisfaction (EUCS) pada Aplikasi Universitas Bina Darma," SISTEMASI, vol. 9, no. 1, pp. 143–154, 2020. DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i1.625.
. R. Hidayati, A. S. Kusmanto, dan A. Kiswantoro, "Development and Construct Validation of Indonesian Students Self-Confidence Scale Using Pearson Product Moment," Pagem Journal of Education and Instruction, vol. 13, no. 2, pp. 94–103, 2023. DOI: https://doi.org/10.47750/pegegog.13.03.11.
. S. S. Sa'diyah, T. Wrahatnolo, Joko, dan Y. Fransisca, "Pengujian Validitas dan Reliabilitas Instrumen Resilience Siswa SMK Teknik Ketenagalistrikan Menggunakan PLS-SEM," Jupiter: Publikasi Ilmu Keteknikan Industri, Teknik Elektro dan Informatika, vol. 2, no. 4, pp. 223–235, 2024. DOI: https://doi.org/10.61132/jupiter.v2i4.443.
. D. K. Dewi, D. Nurmadewi, dan Z. F. Jailani, “Evaluating MyXL User Experience with the EUCS Model,” Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 14, no. 1, pp. 362–373, Apr. 2025. DOI: https://doi.org/10.33557/jutisi.v14i1.6888.
. W.J. Doll, & G. Torkzadeh, ”End-user computing”. MIS quarterly, vol. 12, no. 2, pp. 259-274, 1988.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.