Perancangan Sistem Pemesanan Menu QR Code Berbasis Web pada Cafe Laboratorium Bisnis
Abstract
Cafe Laboratorium Bisnis, a business unit managed by Politeknik Negeri Bandung, previously used a manual ordering system that led to issues such as long queues, order recording errors, and inefficient operations. To address these problems, a web-based ordering system utilizing QR Code technology was developed to speed up the ordering process and reduce input errors. The system was developed using the Waterfall approach, consisting of several stages, including requirements analysis, design using UML (Unified Modeling Language) diagrams, implementation with the Laravel framework, and testing using Black Box Testing methods. The system includes features such as multi-level login, automatic notifications, menu management, order confirmation, and sales reporting that can be filtered and exported. In addition to technical testing, an evaluation of the system was conducted using a questionnaire method to assess user experience. Based on the testing and evaluation results, the system is deemed effective in improving operational efficiency and customer satisfaction at Cafe Labbis.
Keywords: Ordering System; QR Code; Waterfall; Unified Modeling Language; Web
Abstrak
Cafe Laboratorium Bisnis, unit usaha yang dikelola oleh Politeknik Negeri Bandung, sebelumnya menggunakan sistem pemesanan manual yang menimbulkan kendala seperti antrean panjang, kesalahan pencatatan, dan operasional yang tidak efisien. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dikembangkan sistem pemesanan berbasis web dengan teknologi QR Code, yang bertujuan untuk mempercepat proses pemesanan dan mengurangi kesalahan input. Sistem ini dikembangkan dengan pendekatan Waterfall yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu analisis kebutuhan, perancangan menggunakan diagram UML (Unified Modeling Language), implementasi dengan framework Laravel, serta pengujian menggunakan metode Black Box Testing. Sistem dilengkapi dengan fitur login multi-level, notifikasi otomatis, menu pengelolaan, konfirmasi pesanan, dan pelaporan penjualan yang dapat difilter dan diekspor. Selain pengujian teknis, sistem evaluasi juga dilakukan dengan metode kuesioner untuk menilai pengalaman pengguna. Berdasarkan hasil pengujian dan evaluasi, sistem ini dinilai efektif dalam meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan di Cafe Labbis.
Keywords
References
Jusin, I. Tanaka, dan W. Armando, “Analisa Dan Perancangan Aplikasi Mobile Sistem Informasi Pemesanan Makanan,” J. Inf. Syst. Dev., vol. 5, no. 1, pp. 1–7, 2020.
Suharianto, L. B. A. Pambudi, A. Rahagiyanto, dan G. E. J. Suyoso, “Implementasi QR Code untuk Efisiensi Waktu Pemesanan Menu Makanan dan Minuman di Restoran maupun Kafe,” BIOS J. Teknol. Inf. dan Rekayasa Komput., vol. 1, no. 1, pp. 35–39, 2020, doi: 10.37148/bios.v1i1.7.
Elaine, F. Sanjaya, R. Halim, S. Megawan, dan M. Ilhami, “Analisis dan Pengembangan Sistem Pemesanan Makanan Berbasis Website untuk Mendukung Opersional Cafe,” J. Tugas Akhir Manaj. Komputerisasi Akunt., vol. 4, no. 2, pp. 24–30, 2024, doi: 10.46880/tamika.Vol4No2(SEMNASTIK).pp24-30.
N. Charunnisa dan J. A. Razaq, “Penerapan Qr Code Untuk Efisiensi Waktu Pemesanan Menu Makanan Dan Minuman Di Kusuma Kopi Semarang,” J. Elektron. Dan Komput., vol. 16, no. 2, pp. 255–261, 2023, doi: 10.51903/elkom.v16i2.1284.
R. Manurung dan M. B. Ismiati, “Barcode Order Berbasis Website Guna Memulihkan Ekonomi UMKM Di Masa Pandemi Covid 19,” JuSiTik J. Sist. dan Teknol. Inf. Komun., vol. 5, no. 2, pp. 1–7, 2022, doi: 10.32524/jusitik.v5i2.657.
W. W. D. Umbara dan Y. Bachtiar, “Aplikasi One Stop Service Pemesanan Makanan Mneggunakan Barcode,” J. Semin. Nas. Ris. dan Inov. Teknol., vol. 9, no. 1, pp. 530–541, 2025, doi: 10.30998/semnasristek.v9i1.7828.
F. P. Pratama dan T. Khristianto, “Sistem Informasi Pemesanan Makanan Dan Minuman Berbasis Qr Code Pada Brotherhood Coffee Co Pati,” INTECOMS J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 7, no. 1, pp. 64–70, 2024, doi: 10.31539/intecoms.v7i1.8181.
H. Gunawan dan A. Maslan, “Aplikasi Promosi Properti Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall,” J. Comasie, vol. 6, no. 2, pp. 80–87, 2020.
A. Siregar, Herayati, dan R. Hidayat, “Aplikasi Penyewaan Mobil Pengiriman Barang dengan menggunakan Metode Waterfall,” REMIK Ris. dan E-Jurnal Manaj. Inform. Komput., vol. 8, no. 4, pp. 1148–1158, 2024, doi: 10.33395/remik.v8i4.14165.
G. M. N. Icharisma, K. Prihandani, dan A. Primajaya, “Rancang Bangun Website E-Commerce Berbasis Wordpress Dan Integrasi Payment Gateway Metode Waterfall,” J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 6, no. 2, pp. 1062–1070, 2023.
M. Adli, M. Sulistiyono, T. Sudibyo, dan B. Bernadhed, “Analisis Dan Pengembangan Media Pembelajaran Tentang Pengenalan Benda Disekitar Sekolah Berbasis Augmented Reality Menggunakan Unity Di Paud Labiba Maulida Boyolali,” J. Teknol. Inf., vol. 17, no. 2, pp. 30–36, 2022, doi: 10.35842/jtir.v17i2.455.
F. H. Zulfallah dan S. Hidayatuloh, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Magang pada Inspektorat Jendral Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” J. Esensi Infokom J. Esensi Sist. Inf. dan Sist. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 26–34, 2022, doi: 10.55886/infokom.v5i1.294.
I. Rahayu, M. I. R. Chouldun, dan Mubassiran, “ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM ICT (Information Communication Technology) TOUR (Studi Kasus : PT. Telkom Indonesia (persero),Tbk),” J. Improv., vol. 13, no. 2, pp. 53–59, 2021.
M. A. Budiana, D. Singasatia, dan D. Irmayanti, “Analisis Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Penyewaan Alat Outdoor & Booking Online Trip Pendakian Berbasis Website,” Blend Sains J. Tek., vol. 2, no. 2, pp. 144–155, 2023, doi: 10.56211/blendsains.v2i2.348.
Uminingsih, M. Nur Ichsanudin, M. Yusuf, dan S. Suraya, “Pengujian Fungsional Perangkat Lunak Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Metode Black Box Testing Bagi Pemula,” STORAGE J. Ilm. Tek. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 2, pp. 1–8, 2022, doi: 10.55123/storage.v1i2.270.
J. Shadiq, A. Safei, dan R. W. R. Loly, “Pengujian Aplikasi Peminjaman Kendaraan Operasional Kantor Menggunakan BlackBox Testing,” Inf. Manag. Educ. Prof., vol. 5, no. 2, pp. 97–110, 2021.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.