Penerapan CRM Pada Sistem Informasi Pemesanan Jasa Fotografi Ruelrain Berbasis Web
Abstract
Ruelrain is a photography MSME based in Medan, faces challenges in its ordering process that is still being done through Instagram and WhatsApp. These challenges include difficulties in providing information, managing customer data, and increasing customer trust and awareness. This research proposes to simplify the booking process, strengthen relationships with customers, and build loyalty through more personalized service. In this study, a qualitative researchs methode is used. The system was developed with Prototyping and designed with the Laravel framework programming language, MySQL Database, PHP programming language and Apache server to store data electronically, hasll submission is carried out, a web-based ordering system integrated with the Customer Relationship Management (CRM) model, Ruelrain can make it easiers for customers to place order, facilitates the dissemination of information, and increase loyalty and satisfaction.
Keyword: Customer Relationship Management; Photography; Prototype Method; Ordering Information Syastem; Website
Abstrak
Ruelrain adalah sebuah UMKM fotografi yang berbasis di Medan, menghadapi tantangan dalam proses pemesanannya yang masih dilakukan melalui Instagram dan WhatsApp. Tantangan tersebut meliputi kesulitan dalam memberikan informasi, mengelola data pelanggan, serta meningkatkan kepercayaan dan kesadaran pelanggan. Penelitian ini mengusulkan untuk mempermudah proses pemesanan, memperkuat hubungan dengan pelanggan, dan membangun loyalitas melalui layanan yang lebih personal. Dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif. Sistem tersebut dikembangkan dengan Prototyping serta dirancang dengan bahasa pemrograman framework Laravel, Database MySQL, Bahasa pemograman PHP dan server Apache untuk menyimpan data secara elektronik, hasll pengujuan dilakukan, sistem pemesanan berbasis web yang terintegrasi dengan model Customer Relationship Management (CRM), Ruelrain dapat mempermudah pelanggan dalam melakukan pemesanan, memfasilitasi penyebaran informasi, dan meningkatkan loyalitas serta kepuasan pelanggan.
Keywords
References
D. Desipriani, S. Suprianingsih, and M. Fahzurrahman, “Pelatihan Beauty Shot Photography Dengan Kamera Handphone Pada Murid Tatarias Pengantin di LKP Lelly Medan Marelan,” Journal of Community Dedication, vol. 2, no. 3, pp. 141–150, 2022.
W. N. S. E. Nanda, K. SI, C. Umam, and K. SI, Fotografi Dan Teknologi Dokumentasi. Prenada Media, 2024.
I. Yunianto, “Teknik Fotografi, Belajar Daris Basic Hingga Professional”, Semarang: Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, pp. 1–88, 2021.
M. Solihin, W. P. Rambe, and K. Umam, “Representasi Dampak Ekonomi Pandemi Covid-19 Dalam Foto Jurnalistik Di Instagram@ republikafoto, Kajian Analisis Semiotika Fotografi,” JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, vol. 5, no. 1, pp. 40–59, 2021.
H. Achnawi, “Perancangan Informasi Toys Photography Melalui Media Buku,” Bandung, Aug. 2021. [Online]. Available: https://id.pinterest.com/pin/413697915765974337/
R. Syabania and N. Rosmawarni, “Perancangan Aplikasi Customer Relationship Management (Crm) Pada Penjualan Barang Pre-Order Berbasis Website,” Jurnal Rekayasa Informasi, vol. 10, no. 1, pp. 44–49, 2021.
I. R. I. Astutik and Y. W. Radhitya, “Sistem Informasi Pemesanan Jasa Fotografer Berbasis Web Pada Studio Fotograferku,”Journal of Technlogy and System Information”, vol. 1, no. 1, pp 1-15, 2024.
A. I. Amin, E. Darmawan and H. Budianto, “Implementasi Crm (Customer Relationship Management) Pada Sistem Informasi Reservasi Fotografi Berbasis Web Di Toko Aini Photo Kuningan, ”Jurnal Teknology Dan Informasi”, vol. 10, no. 2, pp 1-9, 2016.
R. D. Aprian, “Sistem Pemesanan Jasa Photography Berbasis Web,” Prosiding Seminar Nasional Informatika dan Sistem Informasi, vol. 6, no. 3, pp 274-278, 2022.
M. F. Syuhada Mulia, “Sistem Informasi Pemesanan Jasa Video Editor Berbasis Web Pada Atlas Jurnal,” Jurnal Universitas Pembangunan Panca Budi, vol. 1, no. 1, pp 1-11, 2022.
M. Alda, “Pengembangan Aplikasi Pengolahan Data Siswa Berbasis Android Menggunakan Metode Prototyping,” Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), vol. 13, no. 1, pp. 11–23, 2023.
K. Wijaya, “Implementasi Metode Prototype Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Java (Netbeans 7.3) (Studi Kasus SMK N 01 Prabumulih),” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), vol. 8, no. 1, pp. 53–60, 2019.
A. Abdullah and R. Kurniawan, “Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Desa Wisata Pentingsari Menggunakan Metode Prototyping,” AUTOMATA, vol. 2, no. 1, 2021.
I. K. Jaya, H. G. Simanullang, and A. Gea, “Aplikasi e-Ulos dengan konsep Customer Relationship Management untuk Membangun Loyalitas Pelanggan,” Jurnal Informatika Kaputama (JIK), vol. 4, no. 1, pp. 20–26, 2020.
A. F. Sembiring, I. K. Jaya, A. P. Silalahi, Y. Rumapea, and D. Hasibuan, “Perancangan Sistem Pemesanan Pada Toko Sablon Medan Berbasis Web Dengan Menerapkan CRM (Customer Relationship Management),” METHOSISFO: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 27–33, 2021.
L. M. Nurkholis and M. Maspaeni, “Rancang Bangun Sistem Informasi E-Tiket Dan Paket Wisata Dengan Menerapkan Metode Electronic Customer Relationship Management (E-CRM),” Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (Jinteks), vol. 6, no. 2, pp. 350–358, 2024.
I. Febiana, T. Triase, and M. Alda, “Sistem Informasi Pemesanan Untuk Rekomendasi Tiket Travel Menggunakan Algoritma Apriori Pada Cv Rimo Travel Berbasis Web,” Simtek: jurnal sistem informasi dan teknik komputer, vol. 9, no. 1, pp. 1–9, 2024.
D. Chandra, “Model Sistem Informasi Sebagai Media Promosi Dan Pemesanan Barang Dan Jasa Fotografi Pada Ard Picture,” Jurnal Perencanaan, Sains, Teknologi, Dan Komputer, vol. 3, no. 2, pp. 410-417, 2020.
D. T. S. Satri, “Sistem Informasi E-Marketplace Pada Pemesanan Jasa Fotografi Berbasis Web Di Kotawaringin Timur,” Jurnal Penelitian Dosen FIKOM (UNDA), vol. 10, no. 2, pp. 1–8, 2019.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.