Pengenalan Artefak Museum Gedong Arca Berbasis Mobile Virtual Reality
Abstract
Abstrak. Museum seharusnya dapat menjadi pusat pendidikan yang bersinergi antar generasi. Namun pada kenyataanya keberadaan Museum sering hanya dianggap sebatas tempat penyimpanan benda-benda kuno yang sepi pengunjung. Kesulitan memikat pengunjung untuk berkunjung ke museum menjadi masalah secara nasional yang perlu ditangani secara komprehensif. Artikel ini menyajikan model Game Pengenalan Artefak Museum Gedong Arca, yang merupakan game yang mensimulasikan Gedung serta benda bernilai sejarah yang ada di Museum kedalam dunia Virtual atau Virtual reality. Pengembangan game ini dikerjaakan dengan sistematika LutherSutopo atau Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Hasil pengembangan game menggunakan metode MDLC didapatkan bahwa game yang dibuat mendapatkan hasil memuaskan berdasarkan poin-poin yang disampaikan dalam pengujian sistem. Uji Penerapan Game untuk Pengenalan Artefak Museum Gedong Arca Berbasis Mobile virtual reality juga mampu meningkatkan minat masyarakat untuk mepelajari tentang Artefak-artefak yang ada di Museum Gedon Arca. Kata kunci: Artefak Museum, Game, Virtual Reality
Abstract. Museums should be able to become a center of education that synergizes between generations. However, in fact, the existence of the museum is often considered only as a storage area for ancient objects which is empty of visitors. The difficulty in attracting visitors to visit the museum is a national problem that needs to be addressed comprehensively. This article presents the Gedong Arca Museum Artifact Recognition Game model, which is a game that simulates buildings and historical objects in the Museum into the virtual world. This game development is done with Luther-Sutopo systematics or Multimedia Development Life Cycle (MDLC). The results of game development using the MDLC method show that the games made get satisfactory results based on the points conveyed in the system testing. Game Application Test for the Introduction of Gedong Arca Museum Artifacts Based on Mobile virtual reality is also able to increase public interest in learning about the artifacts in the Gedon Arca Museum. Keywords: Museum Artifacts, Games, Virtual Reality
References
Hardiansyah. Penggunan Virtual-Reality Pada Museum Universitas Islam Indonesia. Undergraduate Theses. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia; 2018.
Radityatama, M. B. W., Sasmita, G. M. A., & Wirdiani, N. K. A. Aplikasi Pemodelan Gedung Rektorat Universitas Udayana Berbasis Virtual Reality. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), 2017; 7(1): 58-66.
Triani, A. R., Adriyanto, A. R., & Faedhurrahman, D. Media Promosi Bisnis Potensi Wisata Daerah Bandung Dengan Aplikasi Virtual Reality. Jurnal Bahasa Rupa, 2018; 1(2): 136146.
[Asfari, U., Setiawan, B., & Sani, N. A. Pembuatan aplikasi tata ruang tiga dimensi gedung serba guna menggunakan teknologi virtual reality [studi kasus: Graha ITS Surabaya]. Jurnal Teknik ITS, 2012; 1(1): A540-A544.
Wardijono, B. A., Hendajani, F., Sudiro, S. A., & Ramadhani, A. I. Pengembangan Model Grafik 3 Dimensi Monumen Nasional Dan Lingkungan Sekitarnya Dengan Teknologi Virtual Reality Berbasis Web. Prosiding Semnastek, 2015; TF-19: 1-6
Häfner, P., Häfner, V., & Ovtcharova, J. Teaching methodology for virtual reality practical course in engineering education. Procedia Computer Science, 2013; 25: 251-260.
Efendi, Y., & Junaidi, J. Aplikasi 3D Virtual Reality Berbasis Mobile Sebagai Media Promosi Budaya Melayu Riau pada Museum Sang Nila Utama Pekanbaru. Prosiding SISFOTEK, 2018; 2(1): 187-193.
Juleigh, G., Generation Y, Virtual Reality and Tourism. Travel and Tourism Research Association (TTRA) International Conference. Massachusette. 2017: 10-15.
Widy, I. F. Implementasi Teknologi Virtual Reality Museum Basoeki Abdullah Menggunakan Unity dan Blender. Jurnal Multimedia, 2017; 8(1): 9-14.
Perdamaian, I. G. B. H. Y., Werthi, K. T., & Nirmala, B. P. W. Rancang Bangun Media Interaktif Pengenalan Objek Wisata Tanah Lot Menggunakan Virtual Reality Berbasis Android. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 2019; 8(3): 85-94.
Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan metode multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2018; 2(2): 121-126.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.