Penerapan Metode Fuzzy Mamdani dalam Perencanaan Produksi Roti

Novi Apriyanti(1*),Huzainsyahnoor Aksad(2)
(1) Program Studi Sistem Informasi STMIK Banjarbaru
(2) Program Studi Teknik Informatika STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v9i1.55

Abstract

 

Logika fuzzy merupakan salah satu metode untuk melakukan analisis sistem yang tidak pasti. Penelitian ini membahas penerapan logika fuzzy mamdani pada penyelesaian masalah perencanaan produksi berdasarkan permintaan, sisa dan kekurangan stok. Variabel yang digunakan untuk produksi roti berjumlah 4 variabel yaitu 3 variabel input, variabel permintaan, variabel sisa dan variabel kekurangan, dan 1 variabel output, variabel produksi. Variabel permintaan terdiri atas 3 himpunan fuzzy, yaitu turun, tetap dan naik, variabel sisa dan variabel kekurangan terdiri atas 3 himpunan fuzzy, yaitu sedikit, sedang dan banyak, sedangkan variabel produksi terdiri atas 3 himpunan fuzzy, yaitu dikurangi, tetap dan ditambah. Dari data sebelum dilakukan proses fuzzy dengan data sesudah dilakukannya proses fuzzy, dengan menggunakan sistem, didapat total perencanaan dari pengelompokan yang sesuai dengan data sebenarnya yaitu 20 dari 30 sampel data atau akurasi yang sesuai dengan data sebenarnya yaitu sebesar 66,67%.

 

Kata Kunci: Sistem Inferensi Fuzzy, Mamdani, Produksi

References


Abdurrahman, G. Penerapan Metode Tsukamoto (Logika Fuzzy) dalam Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Jumlah Produksi Barang Berdasarkan Data Persediaan dan Jumlah Permintaan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. 2011.

Gautama, M. G. Penentuan Jurusan di SMA N 8 Surakarta dengan Fuzzy Inference System (FIS) Mamdani. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. 2010.

Ayuningtiyas, I. K., Saptono, F., & Hidayat, T. Sistem Pendukung Keputusan Penanganan Kesehatan Balita Menggunakan Penalaran Fuzzy Mamdani. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2007 . Yogyakarta. 2007.

Fuad, M., H., C., Nurlela, Sugiarto, & Paulus. Pengantar Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pusaka Utama.2006.

Yahyono, S. S. Kreasi Roti. Jakarta: PT. Gramedia Pusaka Utama. 2006.

Suyanto ST., MSc. Soft Computing. Bandung: Informatika. 2008.

Kusumadewi, S., & Purnomo, H. Aplikasi Logika Fuzzy. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2010.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.