Model Game Visual Novel Bertema Edukasi Anti Bullying Berbasis Android

Dimas Yuba Wibisono(1*),Ketut Queena Fredlina(2),I Nyoman Yudi Anggara Wijaya(3)
(1) STMIK Primakara
(2) STMIK Primakara
(3) STMIK Primakara
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v16i2.505

Abstract

Abstrak. Banyak media edukasi anti bullying yang beredar, tetapi media interaktif tidak terlalu banyak apalagi media edukasi yang berbentuk game. Rancang bangun game visual novel bertema edukasi anti bullying berbasis android dibuat bertujuan untuk memberikan media edukasi anti bullying yang menarik untuk remaja, didalamnya pemain akan mendapatkan gambaran scenario bullying, dan dapat menentukan jalan keluarnya sendiri. Game ini dibangun menggunakan metode luther-sutopo, dengan game engine Ren’py yang menggunakan Bahasa pemrograman python. Hasil uji user menunjukkan masing-masing aspek yang dinilai pada Game yaitu: aspek Usability, Gameplay, Mobility, dan Audio berada pada kategori sangat baik.

Kata kunci: Game Visual, Edukasi, Anti Bullying, Berbasis Android

 

Abstract. Many anti-bullying educational media are circulating, but not too many interactive media let alone educational media in the form of games. The design of the building of an Android-based visual novel game with the theme of anti-bullying is based on Android aims to provide an interesting anti-bullying educational media for teenagers, in which players will get a picture of the bullying scenario, and can determine their own solutions. This game was built using the luther-sutopo method, with the Ren'py game engine using the Python programming language. User test results indicate each aspect assessed in the Game, namely: aspects of Usability, Gameplay, Mobility, and Audio are in the very good category.

Keywords: Visual Game, Education, Anti-Bullying, Based on Android

References


Tim Sejiwa, Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan, Jakarta: Grasindo, 2008.

Nurita, D. Tempo.co, Tempo, 23 Juli 2017. [Online]. Available: https://nasional.tempo. co/read/1109584/hari-anak-nasional-kpai-catat-kasus-bullying-paling-banyak/full&view=ok. [Accessed Minggu Januari 2018].

Novaliendry, D. Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif, Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan. 2013; 6(2):112

Rohwati, M. Penggunaan Education Game Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Biologi Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 2012; 1(1): 75-81

Vega Vitianingsih, A. Game edukasi sebagai media pembelajaran pendidikan anak usia dini. Inform. 2016; 1(1): 25-32.

Putra, D. W., Nugroho, A. P., & Puspitarini, E. W. Game Edukasi berbasis android sebagai media pembelajaran untuk anak usia dini. JIMP-Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan. 2016; 1(1): 46-58

Heriyanto, A., & Haryani, S. Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis education game sebagai media pembelajaran kimia. Chemistry in Education. 2014; 3(1): 1-7

Aksad, H. Rancang Bangun Game Adventure Burung Enggang Berbasis Android Menggunakan Scirra Construct 2. Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer, 2018; 13(2): 17711782

Ningrum, G. D. K. Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot! terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 2018; 9(1): 22-27.

Binanto, Tinjauan Metode Pengembangan Perangkat Lunak Multimedia Yang Sesuai Untuk Mahasiswa Tugas Akhir, Seminar Nasional Rekayasa Komputer dan Aplikasinya, 2015.

Hikam, R. Kariada, N., & Sentosa, K. Pengembangan Game Edukasi Visual Novel Berbasis Pembangunan Karakter Pada Materi Pelestarian Lingkungan, Unnes Journal of Biology Education. 2013; 2(2): 147-155

Insanittaqwa, V. F., Kuswardayan, I., & Sunaryono, D. Game Edukasi ‘Simulasi Haji’Menggunakan Ren’Py pada Perangkat Android untuk Simulasi Perjalanan Ibadah Haji. Jurnal Teknik ITS. 2014; 3(1): A52-A57.

Satrio, Gafur, A. Pengembangan Visual Novel Game Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 2017; 4(1): 1-12

Handhita, E.T., Akhlis, I., & Marwoto, P. Pengembangan Media Pembelajaran Materi Astronomi Berbasis Visual Novel Ren’py, Unnes Physics Education Journal. 2016; 5(2): 35-41


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.