PENGEMBANGAN e-Test SEBAGAI SARANA BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK BERBASIS MOODLE

Heni Jusuf(1*)
(1) Universitas Nasional
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v15i1.325

Abstract

Abstrak Test berdasarkan kamus besar Bahasa Indonesia dapat berarti sesuatu yg dipakai untuk menguji mutu sesuatu (kepandaian, kemampuan, hasil belajar, dsb). Test selain dilaksanakan secara tertulis maupun lisan dapat pula dilaksanakan menggunakan alat bantu komputer. Jika pelaksanaan test menggunakan komputer dilaksanakan dalam sebuah jaringan komputer baik itu jaringan intranet maupun internet maka bisa dikategorikan sebagai test online. Simulasi etest berbasis web ini dibuat dengan menggunakan software Moodle sebagai platform. Langkah pembuatan e-test ini dimulai dari pembuatan struktur navigasi, perancangan web agar memudahkan dalam melakukan proses pembuatan, pembuatan database sebagai penyimpan data pada web dan proses pembuatan website. Web ini dibagi menjadi 2 bagian halaman, yaitu halaman untuk user dan halaman untuk admin. Fungsi admin disini adalah untuk melakukan update tehadap web. Website ini dapat menjadi alternative bagi peserta didik untuk mengukur kemampuan hasil belajar peserta didik dengan menjawab soal-soal yang disediakan, sebelum mengikuti test sebenarnya. Kata kunci: e-test, Moodle, hasil belajar

Abstract Test based on a large Indonesian dictionary can mean something that is used to test the quality of something (intelligence, ability, learning outcomes, etc.). Tests other than being carried out in writing or verbally can also be carried out using computer aids. If the implementation of a test using a computer carried out in a computer network be it an intranet or internet network, it can be categorized as an online test. This web-based e-test simulation was created using Moodle software as a platform. steps to make this e-test starts from making a navigation structure, designing the web to make it easier to make the process of making, creating a database as a data store on the web and the website creation process. This web is divided into 2 parts pages, namely pages for users and pages for admin. The admin function here is to update the web. This website can be an alternative for students to measure the ability of learning outcomes of students by answering the questions provided, before taking the actual test. Keywords: e-test, Moodle, learning outcomes

References


Low, Renae, Jin, Putai. Motivation and Multimedia Learning. Australia: University of New South Wales, 2009

Jusuf, Heni. Penggunaan multimedia dalam pembelajaran untuk memotivasi peserta didik dalam memahami materi ajar. Seminar Nasional Telekomunikasi dan Informatika. Bandung 28 Mei 2016

Suparman, M. A. Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga, 2014

Smaldino, Sharon E.Deborah L. Lowther, dan James D. Russell. Instructional Technology nd media for learning: Teknologi pembelajaran dan media untu belajar, terjemhan Arif Rachman. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011

Bandura, A. Perceived self-efficacy in cognitive development and functioning. Educational Psychologist. 1993; 28: 117-148

Ni Wayan Sumartini Saraswati, Desak Made Dwi Utami Putra, 2015, Sistem Test Online Berbasis website. Jurnal ilmu computer dan sains terapan. 2015; 6(1): 21-29

Alotaibi, Khaled N.R. The Effect of Blended Learning on Developing Critical Thingking Skiils. Education Journal. 2013; 2(4): 176-185.

Ackerman, Edith. “Piaget’s Constructivism, Papert’s Constructionism: What’s the differences?” http://learning.media.mit.edu/content/publications

Bloom, Benjamin S., George F. Mudows dan Thomas Hastings. Evaluation to Improve Learning, New York: McGrow Hill, 1981.

Rosenberg, Marc Jeffery. E-Learning: Strategies for delivering knowledge in Digital Agese of OpenCourse Ware”, International Review of Research in Open and Distance Learning. 2010; 10(5): 1– 23

Makmuri. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis komputer untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 12 jurusan IPA. Skripsi. Jakarta: UNJ, 2016.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.