Pembangunan Sistem Informasi Inventory Barang Berbasis Web (Studi Kasus Pada PT. Iambeu Mina Utama)

Zyura Atika Marta(1*),Eddy Muntina Dharma(2),Ni Made Estiyanti(3)
(1) STMIK Primakara
(2) STMIK Primakara
(3) STMIK Primakara
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v15i1.322

Abstract

Abstrak Semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya informasi, semakin mendorong manusia untuk beraktifitas menciptakan sesuatu yang baru, suatu teknologi canggih yang dapat dijadikan sebagai sarana pendukung dalam dunia kerja tempat mereka berkecimpung di dalamnya. Salah satu hasil dari observasi ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini adalah suatu alat yang disebut dengan nama komputer. Keberadaan fasilitas komputer dirasakan sangat berperan sekali terutama dalam memproses suatu data guna menghasilkan informasi yang optimal, akurat dan relevan. Informasi yang dihasilkan dapat juga digunakan untuk mendukung suatu proses pengambilan keputusan dengan cepat dan tepat sehingga instansi dapat menekan biaya, tenaga, dan waktu se-efektif dan se-efisien mungkin. PT. Iambeu Mina Utama adalah perusahaan yang bergerak di bidang perikanan dan merupakan supplier ikan untuk hotel dan restoran yang ada di pulau Dewata Bali. PT. Iambeu Mina Utama juga bergerak pada bidang fishing product exporter ikan ke berbagai negara di dunia seperti Taiwan dan Hongkong dan lain-lain. Penulis melakukan pembangunan sistem informasi pembelian dan persediaan barang untuk mengatasi permasalahan yang ada dan meningkatkan efisiensi pada perusahaan PT. Iambeu Mina Utama. Kata Kunci: Pembelian, Sistem Informasi, Persediaan

Abstract According to the rapidly of science and technology, especially for information system, then it encourages people creating something new, the advanced technology that can be used as a supporting tool in the world of work where they are involved in it. One result of observing science and technology today is a device called a nama computer. The existence of computer facilities is felt to be very instrumental, especially for the optimal data , accurate and relevant information. The information produced can also be used to support a decision-making process quickly and precisely so that agencies can reduce costs, energy, and time as effectively and efficiently as possible. PT. Iambeu Mina Utama is a company engaged in fisheries and is a fish supplier for hotels and restaurants in Bali. PT. Iambeu Mina Utama is also engaged in the fishing product exporter of fish to various countries in the world such as Taiwan, Hong Kong and others. The author builds a purchasing information system and inventory to overcome existing problems and improve efficiency in PT. Iambeu Mina Utama company. Keywords: Purchases, Information Systems, Inventories

References


Jogianto. Analisis & Design Sistem Informasi : pendekatan terstuktur teori dan praktik aplikasi bisnis, Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2005.

Purwoko (2010). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Pembelian dan Persediaan Pada PT. ABC. Jurnal Commit. 2010; 4(1): 68-76.

Heripracoyo, S. Analisis dan perancangan sistem informasi akuntansi pembelian dan persediaan pada pt. Oliser indonesia. Prosiding, SNATI, Yogyakarta. Juni 2009: B93B100.

Sinaga, N. A. Perancangan Sistem Informasi Pembelian, Penjualan Dan Persediaan Pada Toko Prima Jaya Elektronik Pematangsiantar. Jurnal Politeknik Bisnis Indonesia. 2017; 7(1): 1-15.

Jauwalatta, F. Perancangan Sistem Informasi Penjualan. Pembelian dan Persediaan pada Toserba ‘X’ Surabaya, CALYPTRA. 2014; 3(1): 1-13.

Setiawati, R., Sulianto. L.J. & Yuwono, L. Analisis dan Perancangan Pada PT. Intercipta Kinia Pratama. Skripsi. Jurusan Komputerisasi Akuntansi. Jakarta: Universitas Bina Nusantara, 2007.

Loardi, N. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Pembelian dan Persediaan Bahan Baku Pada PD. Tritunggal Adhi Pratama. Skripsi. Program Ganda Sistem Informasi – Akuntansi. Jakarta: Universitas Bina Nusantara, 2008.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.