Rancang Bangun Game Adventure Burung Enggang Berbasis Android Menggunakan Scirra Construct 2

edy haryanto(1*),Huzainsyahnoor Aksad(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v13i2.278

Abstract

Abstrak

Pemilihan burung enggang sebagai karakter utama dalam game adalah untuk memperkenalkan burung endemik khas Kalimantan, karena habitat dan populasinya dari tahun ketahun semakin berkurang. Berkurangnya populasi burung yang dilindungi ini dikarenakan banyaknya perburuan paruh burung enggang dan perusakan hutan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membangun game adventure burung Enggang berbasis Android menggunakan Scirra Construct 2.

Dari hasil pengujian user acceptance, game ini berada pada kategori yang sangat baik karena nilai presentase yang didapat sebanyak 77%. Jadi, game ini dapat dimainkan oleh semua kalangan baik itu laki-laki ataupun perempuan dengan bebagai macam usia.

Kata kunci: Burung, Burung Enggang, Endemik Kalimantan

 

Abstract

            Selection of hornbills as the main character in this game to introduce the special Bornea endemic birds, because dwelling and population of hornbill every year more slack. Slacking populations protected birds because many hornbill beak hunting and forests destruction by irresponsible people.The purpose of this study was to design and build hornbill adventure game based on Android using Scirra Construct 2.

From the results of user acceptance testing, this game is in very good category because the percentage value gained much as 77%. So, this game can be played by all people both men and women with various range of ages.

Keywords: Bird, Hornbill, Borneo Endemic

References


DiMarzio, J.F (2008), A Programmer’s Guide, The Mc Graw-Hill Companies, New York.

Lestari, Dewi. (2012). Artikel Game Jawa Barat: Arsip Teknik Informatika UMMI.

Fathurrahman. (2013). Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Game Facebook “Misi Sang Kapten” Menggunakan Engine Construct 2, Program Studi Teknik Informatika, STMIK AMIKOM Yogyakarta, Yogyakarta.

Junitasari, Sahdhani Dwi, (2013). Perancangan Dan Pembuatan Game “Dipenogoro Adventure” Sebagai Media Pembelajaran IPS Menggunakan Enggine Construct 2 Pada SDN Karangsari 1 Tanggerang, Program Studi Teknik Informatika, STMIK AMIKOM Yogyakarta, Yogyakarta.

Dian Wahyu Putra. (2016). Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan. 1(1), pp46-58.

Setiawan. (2014). Rancang Bangun Game Edukasi Berbasis Android Tebak Lagu Nusantara: Senara. Jurnal Informatika Mulawarman. 9(2), pp24-30

Sutopo, Ariesto Hadi. (2003). Multimedia Interaktif dengan Flash. Graha Ilmu. Yogyakarta.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.