Penggunaan Teknologi Mobile Sebagai Pendukung Program Pembelajaran Pengendalian Berat Badan
Abstract
Kekhawatiran mengenai kelebihan berat badan (obesitas) dan risiko berbagai macam penyakit yang ditimbulkan, menjadi sorotan dalam masyarakat saat ini. Upaya yang banyak dilakukan oleh warga masyarakat untuk dapat mengendalikan (menurunkan) berat badan menjadi ideal adalah Program Diet. Saat ini banyak sumber informasi yang dapat menajadi sumber belajar bagi warga masyarakat yang akan menjalankan program Diet, namun tidak sedikit program Diet yang dijalankan tidak berhasil karena kurangnya motivasi untuk menjalankan program tersebut. Perkembangan Teknologi Informasi Multimedia dan Teknologi Mobile memungkinkan program-program pembelajaran mengenai Diet dapat dikemas menjadi lebih menarik, sehingga dapat memotivasi untuk menjalankan program Diet sesuai dengan tujuan yang telah diprogramkan. Program diet dapat menyebabkan penurunan berat badan, namun untuk menjaga energi tubuh yang seimbang, latihan fisik juga diperlukan. Makalah ini mengusulkan sebuah Model Aplikasi Pendukung Program Pengendalian Berat Badan berbasis Perangkat Teknologi Mobile untuk mengevaluasi, memberikan peringatan, dan terus-menerus memotivasi pengguna program dalam menjalankan program Diet untuk menurunkan berat badan dan dalam melakukan aktivitas fisik. Model Aplikasi yang diusulkan juga mencakup kemampuan untuk berbagi pengalaman dan prestasi pribadi melalui interkoneksi dengan aplikasi jejaring sosial, sehingga dapat saling memotivasi antar pengguna program untuk menjalankan gaya hidup yang lebih sehat.
Kata Kunci: Pengendalian Berat Badan, Diet, Latihan Fisik, Teknologi Mobile
Abstract
Concerns about overweight (obesity) and the risk of various diseases caused, are in the spotlight in today's society. Many efforts made by citizens to be able to control (lose) the ideal weight is the Diet Program. Currently many sources of information that can menajadi source of learning for citizens who will run the Diet program, but not a few Diet programs that run did not succeed because of lack of motivation to run the program. The development of Multimedia Information Technology and Mobile Technology allows learning programs on Diet can be packed to be more interesting, so it can motivate to run the Diet program in accordance with the goals that have been programmed. Diet programs can lead to weight loss, but to maintain a balanced body energy, physical exercise is also necessary. This paper proposes a Model of Supporting Applications for Weight Control Programs based on Mobile Technology Devices to evaluate, warn, and constantly motivate program users in running Diet programs to lose weight and in physical activity. The proposed application model also includes the ability to share experiences and personal achievements through interconnection with social networking applications, so as to motivate each other among program users to adopt a healthier lifestyle.
Keywords: Weight Control, Diet, Physical Exercise, Mobile Technology
References
Purnamasari H., Gunarso U., Rujito L., (2010), Overweight Sebagai Faktor Resiko Low Back Pain, Mandala Of Health, 4(1), pp26-32.
Sartika R.A.D., (2011), Faktor Risiko Obesitas, Makara, 15(1), pp37-43
Sargowo D., Andarini S., (2011), The Relationship Between Food Intake and Adolescent Metabolic Syndrome, J Kardiol Indones, 32, pp14-23
Indra M.R., (2006), Dasar Genetik Obesitas Viseral, Jurnal Kedokteran Brawijaya, XXII (1)
Arywibowo D.M., Prihartanti N., Rahmah N.A., (2009), Penurunan Berat Badan pada Obesitas Melalui Pengaturan Diri, Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 10, No. 2:198-210
Zhang Y., Ansari N., Tsunoda H. (2010), Wireless Telemedicine Services Over Integrated IEEE 802.11/WLAN and 802.16/WiMAX Networks, IEEE Wireless Communications, 17, pp30-36.
Zhu F., Bosh M., Woo I., Kim S., Boushey C.J., Ebert D.S., Delp E.J., (2010), The Use of Mobile Devices in Aiding Dietary Assessment and Evaluation, in IEEE Journal of Selected Topics in Signal Processing, 4, pp756 – 766.
Pollak J.P., Gay G., Byrne S., Wagner E., Retelny D., Humphreys L., (2010), It’s Time to Eat! - Using Mobile Games to Promote Healthy Eating, in IEEE Pervasive Computing, 9, pp21-27.
Tsai C.C., Lee G., Raab F., Norman G.J., Sohn T., Griswold W.G., Patrick K., (2007), Usability and Feasibility of PmEB: A Mobile Phone Application for Monitoring Real Time Caloric Balance, Journal of Mobile Networks and Applications, 12
Ningtyas L.R., Tanutama1 S.K., Karnadi H., (2015), Perancangan Media Interaktif Diary Motivasi Diet Bagi Wanita Dalam Bentuk Aplikasi Di Android, Jurnal DKV, 1(5).
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.