3D Animasi Menggunakan Blender 3D Sebagai Media Promosi Pada Usaha Kafe

Abdullah Ardi(1*),Akhmad Rifki Nurrahman(2),Emma Valensia Aurum(3),Budi Styawan(4)
(1) Politeknik Hasnur
(2) Politeknik Hasnur
(3) Politeknik Hasnur
(4) Politeknik Hasnur
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v11i3.983

Abstract

Cafe is a type of industry that serves food and drinks in a relaxed or informal atmosphere. The development of visual communication media currently provides a positive value in supporting information and communication. However, visual communication media are often presented less effectively and efficiently. The existence of 3D Animation media can be considered quite effective to attract consumers' interest, because 3D Animation is quite in demand by all circles. In an effort to increase promotion at the midday coffee cafe, applying the MDLC (MDLC) method, Blender 3D and cycle techniques can produce a work of art that can keep up with technological developments in the creative industry as well as a promotional medium for consumers. Results Based on the research, data obtained from several users in the assessment of the animation were 83 respondents consisting of 90.4% were teenagers with indicators of male respondents reaching 56.6% and female respondents being at 45.4%. The final result of the questionnaire assessment obtained 73.5% stating the 3D animation is very good with 92.8% agreeing with the duration of the video. Then from the aspect of animation as a basis to be used as a promotional media, the level of eligibility reaches 97.6%.

Keywords: 3D Animation; Blender 3D; Multimedia Development Life Cycle

 

Abstrak

Kafe merupakan jenis industri yang menyajikan makanan dan minuman dengan suasana santai atau tidak resmi. Perkembangan media komunikasi visual saat ini memberikan nilai positif dalam menunjang informasi maupun komunikasi. Namun sering kali media komunikasi visual disajikan kurang efektif dan tepat guna. Dengan adanya media 3D Animasi dapat dianggap cukup efektif untuk menarik minat para konsumen, karena 3D Animasi cukup diminati oleh semua kalangan. Dalam upaya peningkatan promosi pada Kafe tengah hari coffee, Menerapan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle), Blender 3D dan teknik cycle dapat mengghasilkan suatu karya seni yang dapat mengikuti perkembangan teknologi dalam industri creative serta sebagai media promosi bagi para konsumen. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh data dari beberapa user dalam penilaian animasi tersebut yakni 83 responden yang terdiri dari angka 90,4% merupakan kalangan remaja dengan indikator responden laki-laki mencapai 56.6% dan perempuan berada pada 45.4%. Hasil akhir dari penilaian uji kuesioner didapatkan 73.5% menyatakan 3D animasi tersebut sangat bagus dengan 92.8% setuju dengan durasi video tersebut. Kemudian dari aspek kelayakan animasi sebagai dasar untuk dijadikan media promosi yakni dengan tingkat kelayak mencapai 97.6%.

Keywords


Kata Kunci: 3D Animasi; Blender 3D; Multimedia Development Life Cycle

References


M. A. Rizaty, "Konsumsi Kopi Indonesia Terbesar Kelima di Dunia pada 2021," dataIndonesia.id, 29 September 2022. [Online]. Available: https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/konsumsi-kopi-indonesia-terbesar-kelima-di-dunia-pada-2021. [Diakses Oktober 2022].

P. A. Febri dan Husnayetti, “Analisis Kepuasan Konsumen Melalui Peningkatan Kualitas Pelayanan Dan Strategi Promosi (Studi Kasus Starbucks Palem Semi Karawaci),” Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, vol. 3, no. 1, pp. 11-20, 2022.

H. Agus, A. T. Tarsita, “The Importance And Performance Analysis Of Ketje's Coffee And Lokal's Coffee Services In Metro City,” Mimbar Agribisnis, vol. 8, no. 1, pp. 101-117, 2022.

I. F. McGraw, Macromedia Flash Animation Cartooning A Creative Guide, Hill Osborn: California, 2002.

M. Z. Buchari, S. R. Sentinuwo, & O. A. Lantang, “Rancang Bangun Video Animasi 3 Dimensi Untuk Mekanisme Pengujian Kendaraan Bermotor di Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata, Komunikasi dan Informasi,” E-journal Teknik Informatika, vol. 6, no. 1, pp. 1-6, 2015.

Syamsiani, “Peran Multimedia untuk Pembelajaran dan Berbagai Bidang di Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, vol. 2, no. 3, pp. 61-70, 2022.

Putra, “Pengertian Multimedia: Sejarah, Manfaat, Komponen & Contohnya,” 2 September 2021. [Online]. Available: https://salamadian.com/pengertian-multimedia/. [Diakses Oktober 2022].

J. Rori, S. R. Sentinuwo dan S. Karouw, “Perancangan Aplikasi Panduan Belajar Pengenalan Ortodonsia Menggunakan Animasi 3d,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 8, no. 1, pp. 47-51, 2016.

M. F. Ashshiddiqie, I. P. A. Janottama dan I. W. Nuriarta, “Perancangan Animasi 3 Dimensi Sebagai Upaya Pengedukasian Masyarakat Mengenai Pentingnya Mencintai Rupiah Sebagai Mata Uang Negara Indonesia,” Amarasi : Jurnal Desain Komunikasi Visual, vol. 3, no. 2, pp. 159-172, 2022.

E. Ayuningsih dan I. Gunawan, “Perancangan Video Animasi Sebagai Sarana Promosi Berbasis Motion Graphic Pada Taufiq Ponsel,” dalam Senashtek, Medan, pp. 538-542, 2022.

S. A. Lubis, “Perancangan Media Promosi Produk Sembako UD. Boru Lubis Berbasis Animasi 3D Menggunakan Karakter Metode Lowpoly,” Algoritma : Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, vol. 6, no. 1, pp. 16-22, 2022.

A. Pujawati dan N. Nurdiana, “Pembuatan Video Interaktif Promosi Sekolah Menggunakan Metode MDLC MTs Negeri 13 Majalengka,” dalam SNESTIK, Surabaya, vol. 1, no. 1, pp.305-3102022.

B. Sudrajat, “Perancangan Animasi untuk Media Promosi Light Novel,” Remik, vol. 6, no. 2, pp. 113-123, 2022.

N. Rahayu and G. Saputra, "Pembuatan Animasi 3d Usaha Kecil Menengah (Bengkel)," Journal of Science and Social Research, vol. 4, no. 3, pp. 256-262, 2022.

P. A. Sunarya, B. P. Yudha and A. Nugroho, "Membangun Media Promosi Dengan Karakter Animasi 3D," ICIT, vol. 1, no. 1, pp. 26-42, 2015.

Andrian, "Perancangan Animasi 3D Sebagai Media Promosi Rumah Pada PT. Prima Inti Nusa," Algoritma, vol. 4, no. 2, pp. 1-11, 2020.

J. Bintarto and S. I. Lestari, "Pemanfaatan Video Animasi 3D sebagai Media Promosi Wisata Kota Medan (Studi Kasus: Kawasan Medan Heritage)," Jurnal Online Desain Komunikasi Visual , vol. 9, no. 1, pp. 123-142, 2020.

W. Walhidayat, Y. Yuhelmi and M. Devega, "Perancangan Animasi Robot 3d Sebagai Sarana PromosI," Jurnal Teknologi Informasi MURA, vol. 11, no. 02, pp. 103-111, 2019.

Mustika, "Rancang Bangun Aplikasi Sumsel Museum Berbasis Mobile Menggunakan Metode Pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC)," MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika, vol. 8, no. 1, pp. 1-14, 2018.

R. A. Simanjuntak, “Studi Penerapan Animasi Dan Motion Graphic Dalam Meningkatkan Kualitas Iklan Digital,” dalam CBSSIT ( Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology ), Batam, vol. 1, no. 1, pp. 630-640, 2020.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF (Indonesian)

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.