Aplikasi Pemilihan Raja Dan Ratu Baca Kantor Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kota Banjarbaru

Opid Sonasas Vella(1*),Ruliah Ruliah(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v4i1.8

Abstract

Program kerja Kantor Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kota Banjarbaru melakukan kegiatan pengembangan minat dan budaya baca berupa pemilihan raja dan ratu baca. Kegiatan pemilihan raja dan ratu baca ini biasanya diadakan dengan rutin setiap tahunnya, untuk memberikan penghargaan buat anggota perpustakaan yang sering berkunjung, meminjam, dan disiplin dalam peminjaman serta pengembalian bahan pustaka. Namun saat ini cara yang dilakukan untuk menentukan prioritas penetapan pemenang masih menggunakan perhitungan sederhana dan konvensional yang masih kurang baik, sehingga kesulitan untuk menentukan prioritas peserta yang memiliki total penilaian yang sama berdasarkan tingkat kriteria yang ditetapkan oleh pihak perpustakaan, dan hal tersebut dapat menimbulkan kesalahan menentukan prioritas penetapan pemenang. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan
menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk pemilihan raja dan ratu baca tingkat akurasi kesesuaian penentuan prioritas penetapan pemenang sebesar 18.18%, hal itu menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat digunakan untuk membantu dalam proses penentuan
prioritas penetapan pemenang pemilihan raja dan ratu baca.

Kata kunci: Penentuan Pemenang, Raja Dan Ratu Baca, Simple Additive Weighting (SAW)

References


Yazidi, R. (2012). Pemilihan Duta Wisata Nanang dan Galuh mengunakan Metode SAW. Banjarbaru: Rahman Yazidi.

Sri Kusumadewi, H. P. (2010). Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusrini. (2007). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi Offset.

Triasanti, D. (2009). Sistem Penunjang Keputusan untuk Menentukan Pemberian Beasiswa Bank BRI Menggunakan FMA


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.