Model Aplikasi Digital Learning Menggunakan Netboard Untuk Pembelajaran Daring
Abstract
Abstrak. Situasi pandemi covid-19 menuntut sistem pembelajaran tatap muka beralih menjadi pembelajaran jarak jauh atau daring. Guru dituntut untuk berkreatifitas dalam mendesain pembelajaran agar peserta didik termotivasi dan berperan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Penggunaan Teknologi Informasi menjadi hal yang penting dalam penyampaian materi secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran berbasis digital learning pada Sekolah Menengah Kejuruan Pelayaran Sinar Bahari Palembang menggunakan aplikasi netboard. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Four D yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu pendefennisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Untuk menilai kelayakan dan efektivitas media pembelajaran menggunakan aplikasi netboard ini dilakukan simulasi dan uji coba pada mata pelajaran P2TL (Peraturan Pencegahan Tubrukan di Laut) kelas Nautica IXA. Hasil penilaian melalui angket yang diberikan kepada guru menunjukkan bahwa dengan menggunakan aplikasi netboard dapat meningkatkan peran aktif dan motivasi siswa dalam belajar dengan tingkat kelayakan media rata-rata 91,97%. Hasil uji penerapan juga menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa rata-rata sebesar 94,45%. Angka tersebut menunjukkan media dinyatakan efektif digunakan.
Kata kunci: Media pembelajaran, Digital learning, Pembelajaran daring, Aplikasi netboard
Abstract. The COVID-19 pandemic situation requires the face-to-face learning system to switch to distance learning or online. Teachers are required to be creative in designing learning so that students are motivated and play an active role in participating in learning. The use of Information Technology is important in delivering material online. This study aims to implement digital learning-based learning at the Sinar Bahari Palembang Shipping Vocational High School using a netboard application. This study uses the Four D development method which consists of several stages, namely defining, designing, developing and disseminating. To assess the feasibility and effectiveness of learning media using this netboard application, simulations and trials were conducted on the subject of P2TL (Regulations for Prevention of Collisions at Sea) class Nautica IXA. The results of the assessment through a questionnaire given to the teacher showed that using the netboard application could increase the active role and motivation of students in learning with an average media feasibility level of 91.97%. The results of the application test also showed an average increase in student learning outcomes by an average of 94.45%. This figure shows that the media is declared to be effectively used.
Keywords: Instructional media, digital learning, online learning, netboard applicationReferences
Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 2020; 17(2): 188-198.
Saleh, M. Merdeka belajar di tengah pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 2020; 1: 51-56.
Sekjen Kemendikbud, Mendikbud Kembali Tegaskan Pembukaan Sekolah Di Zona Hijau Harus Mengedepankan Protokol Kesehatan, https://bersamahadapikorona.kemdikbud. go.id/mendikbud-kembali-tegaskan-pembukaan-sekolah-di-zona-hijau-harus mengedepankan-protokol-kesehatan/ .
Al-Mutarahah. Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Daring Di masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penenlitian dan Kajian Sosial Keagamman, 2020; 17(2): 188-198
Rodgers D., 2017. Schoology Exchange. https://www.schoology.com/blog/digital-learningdata-trends-and-strategies-you-need- know.
Handayani, T., Khasanah, H. N., Yosintha, R., Tidar, U., Artikel, H., Tegalarum, D., & Tegalarum, D. Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Peserta Didik Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. Abdipraja: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2020; 1(1): 107– 115.
Bahar, B., Wibawa, B., & Situmorang, R. (2019). Using Problem-Based Learning to Teach Software Modeling in Information Technology Colleges in Indonesia. Unnes Science Education Journal, 8(2): 190-199
Rubiningtyas. Pengertian Aplikasi Digital Learning. https://rubiningtyas.wordpress.com/ 2017/04/10/pengertian-aplikasi-digital-learning/.
Kusnandar. Pengembangan Penelitian Bahan Ajar Digital Learning Object. Jurnal Teknodik, 2013; 17(1): 583-595
Efendi N.M. Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital (Penggunaan Animasi Digital Pada Startup Sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi dan Antropologi. 2018; 2(2): 173-182.
[Ratiyani I., Subchan W., Hariyadi S. Pengembangan Bahan Ajar Digital dan Aplikasinya Dalam Model Siklus Pembeljaran 5E (Learning Cycle 5E) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar (Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 10 Probolinggo Tahun Pelajaran 2012/2013). Pancaran, 2014; 3(1): 79-88.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.