Model Media Animasi Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia Bagi Siswa Sekolah Dasar

Zakia Nurul Aini(1*),Asep Budiman Kusdinar(2),Winda Apriandari(3)
(1) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(2) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(3) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v10i3.718

Abstract

Abstrak. Pendekatan pembelajaran tradisional menyebabkan materi pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia tidak dapat diserap secara maksimal oleh peserta didik Sekolah Dasar Negeri 1 Cibatu. Tujuan penulisan ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis animasi untuk mempermudah peserta didik memahami materi pembelajaran Sistem Pencernaan pada tubuh manusia. Penelitian ini menggunakan tahapan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan enam tahapan utama yaitu: konsep (concept), perancangan (design), pengumpulan bahan (material collecting), pembuatan (assembly), pengujian (testing), dan distribusi (distribution). Media Animasi Interaktif dikembangkan dengan menggunakan tools pengembangan berupa Adobe Flash Profesional CS6 dengan Action Script, Adobe Audition untuk merekam Audio, dan WonderShare Filmora X untuk editing Vidio. Berdasarkan hasil uji penggunaan aplikasi yang melibatkan 31 peserta didik kelas III di SDN 1 Cibatu sebagai responden, terdapat peningkatan pemahaman peserta didik rata-rata sebesar 33% mengenai materi sistem pencernaan manusia setelah mereka menggunakan aplikasi multimedia interaktif tersebut sebagai media bantu pembelajaran.

Kata kunci: Multimedia interaktif; Media pembelajaran, Sistem pencernaan manusia; Multimedia Development Life Cycle (MDLC).

Abstract. The traditional learning approach causes the Human Digestive System learning material to not be absorbed optimally by the students of the State Elementary School 1 Cibatu. The purpose of this paper is to develop animation-based interactive learning media to make it easier for students to understand the Digestive System learning material in the human body. This study uses the stages of the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method with six main stages, namely: concept, design, material collecting, assembly, testing, and distribution. Interactive Animation Media was developed using development tools in the form of Adobe Flash Professional CS6 with Action Script, Adobe Audition for audio recording, and WonderShare Filmora X for video editing. Based on the results of the application usage test involving 31 third grade students at SDN 1 Cibatu as respondents, there was an average increase in students' understanding of 33% about the human digestive system material after they used the interactive multimedia application as a learning aid.

Keywords: interactive multimedia; Learning media, Human digestive system; Multimedia Development Life Cycle (MDLC).

References


Isfandira H.B. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Untuk Pengenalan Huruf Dan Angka Pada Anak Di Ba Aisyiyah Tejobang Simo Boyolali. Tugas Akhir, Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018.

Basori, M. Pengembangan multimedia interaktif untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) sekolah dasar kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2016; 1(2): 75-87

Rahmah, D. L., & Juhriah, E. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Tematik 1 Tema 7 Kelas 1 Sekolah Dasar. In Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi), Januari 2020; 4(1).

Diputra, K. S. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2016; 5(2): 125-133.

Rofiq, A., Mahadewi, L. P. P., & Parmiti, D. P. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu. Journal of Education Technology, 2019; 3(3): 126-133.

Wiguna, L., Putra, I. G. J. E., & Dewi, E. G. A. Pembuatan Media Interaktif Sebagai Penunjang Kegiatan Pembelajaran Untuk Anak Usia 4-5 Tahun. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 2020; 9(1): 107-116.

Dewi, S. R., & Haryanto, H. Pengembangan multimedia interaktif penjumlahan pada bilangan bulat untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2019; 9(1): 9-22.

[Wibisono, D. Y., Fredlina, K. Q., & Wijaya, I. N. Y. A. Model Game Visual Novel Bertema Edukasi Anti Bullying Berbasis Android. Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer, 2020; 16(2): 11-20.

Hardianto H., Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Islam, HIKMAH J. Pendidik. Islam, 2016; 3: 01–20.

Rosmiati M. Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE, Paradig. - J. Komput. Dan Inform. 2019; 2(1): 261–268.

Widyastuti, R., & Puspita, L. S. Pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi pada matpel IPA tematik kebersihan lingkungan. Paradigma–Jurnal Informatika dan Komputer, 2020; 22(1): 95-100.

Firmantoro, K., Anton, A., & Nainggolan, E. R. Animasi interaktif pengenalan hewan untuk pendidikan anak usia dini. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 2016; 13(2): 103-110.

Adami, F. Z., & Budihartanti, C. Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Berbasis Android. Jurnal Teknik Komputer, 2016; 2(1): 122-131.

Saputra, P. M. A., Wirawan, I. M. A., Kom, S., & Arthana, I. K. R. Film Animasi Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia pada Kelas VIII SMP Negeri 3 Banjar Tahun Ajaran 2015/2016. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 2016; 5(2): 129-139.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.