Implementasi Finite State Machine Pada Karakter NPC Musuh Dalam Game Adventure In Java

Argia Pranselga(1*),Iwan Rizal Setiawan(2),Winda Apriandari(3)
(1) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(2) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(3) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v10i3.707

Abstract

Abstrak. Dalam industri game terdapat banyak inovasi yang dapat di implementasikan pada sebuah game, salah satu diantaranya adalah mengimplementasikan kecerdasan buatan pada karakter Non Playable Character (NPC) agar game lebih hidup dan tidak membosankan saat dimainkan. Game bergenre Role Playing Games (RPG) adalah salah satu Game yang dapat mengimplemetasi-kan kecerdasan buatan, dimana player mengontrol penuh aksi dari karakter di dalam sebuah dunia viksi dalam video game. Kecerdasan buatan yang dikembangkan dalam game ini yaitu mengimplementasikan Finite State Machine yang akan digunakan untuk merancang dan mengatur respon perilaku dari Non Player Character (NPC) musuh untuk menyergap, menyerang, mengejar dan bertarung dengan player agar respon dari NPC musuh dapat di tentukan berdasarkan interaksi yang dilakukan oleh player. Hasil uji penelitian ini menunjukan bahwa Finite State Machine dapat memberikan kecerdasan buatan kepada perilaku dan sifat karakter NPC musuh berdasarkan interaksi yang dilakukan oleh player sehingga game terasa lebih hidup dan tidak membosankan.

Kata kunci: Game Adventure, Finite State Machine, Role Playing Games, Non-Playable Character

Abstract. In the game industry, there are many innovations that can be implemented in a game, one of which is implementing artificial intelligence on Non-Playable Character (NPC) characters so that the game is more lively and not boring when played. Game genre Role Playing Games (RPG) is one game that can implement artificial intelligence, where the player fully controls the action of the characters in a fictional world in video games. The artificial intelligence developed in this game is to implement the Finite State Machine which will be used to design and regulate the behavioral response of the enemy's Non-Player Character (NPC) to ambush, attack, chase and fight with players so that the response of the enemy NPCs can be determined based on the interactions that occur. done by the player. The test results of this study indicate that the Finite State Machine can provide artificial intelligence to the behavior and character traits of enemy NPCs based on interactions made by players so that the game feels more alive and not boring.

Keywords: Game Adventure, Finite State Machine, Role Playing Games, Non-Playable Character

References


Qodr, T. S. Media Pembelajaran Game Geograpiea untuk Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Journal of Curriculum Indonesia, 2020, 3(2): 45-53.

Putro, B. E., & Mahadian, A. B. Motivasi Pemain Game Dalam Melakukan Pembelian Virtual Pada Game Playerunknown’s Battlegrounds (pubg) Mobile Di Indonesia. eProceedings of Management, 2020, 7(1): 25-53

Marzian, F., & Qamal, M. Game RPG “The Royal Sword” Berbasis Desktop Dengan Menggunakan Metode Finite State Machine (FSM). Jurnal Sistem Informasi, 2017, 1(2): 6196

Singkoh, R. T., Lumenta, A. S., & Tulenan, V. Perancangan Game FPS (First Person Shooter) Police Personal Training. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 2016, 5(1): 28-34.

Bimantoro, T., & Haryanto, H. Pemodelan perilaku musuh menggunakan Finite State Machine (FSM) pada game pengenalan unsur kimia. Journal of Applied Intelligent System, 2016, 1(3): 210-219.

Huda, M. Penerapan Metode Finite State Machine Pada Game Adventure the Guardian. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 2018, 2(2): 176-183.

Hormansyah D.T.P.D., Ririd A.R.T.H., Implementasi FMS (Finite State Machine) Pada Game Perjuangan Pangeran Diponegoro, J. Inform. Polimena, 2018, 4(4): 290–297.

Ramadhan, H. F., Sitorus, S. H., & Rahmayuda, S. Game Edukasi Pengenalan Budaya dan Wisata Kalimantan Barat Menggunakan Metdoe Finite State Machine Berbasis Android. Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi, 2019, 7(01): 108-119

Kusuma, A. F. A. A. Penerapan Metode Finite State Machine Pada Pembuatan Map Dungeon Pada Game Rpg “Temukan Jalanmu”. Jurnal Transformasi, 2019, 15(2): 106-114

Rumetna, M. S., Lina, T. N., & Santoso, A. B. Rancang Bangun Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Menggunakan Metode Research and Development. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 2020, 11(1): 119-128.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.