Rancang Bangun Aplikasi Point of Sales Kasirin Dengan Terintegrasi Payment Gateway
Abstract
The Point of Sales application, which only focuses on Business to Customer services, has been widely used. On the other hand, it is still rare to find applications that perform Business to Business, which allows users to perform self-management, thus providing convenience to the corporation in storing the data used and utilizing the organization's data sources, as well as being able to integrate non-cash payments needed to increase the number of transactions. This article presents the design of the cashierin point of sales application, which integrates the payment gateway function in the KasirIn point of sales application. Mobile application-based system design, using the scrum development method. The system modeling uses the Unified modeling language (UML), with the interface programming language using Dart and the Flutter Framework. The backend system uses python flask which functions as an API and is connected to the midtrans payment gateway API, with the PostgreSQL database. The system model developed can make it easier to make sales transactions using digital payment methods. Development using the scrum method is also very effective for the software development life circle, because the work management is calculated based on the weight of points from the development team.
Keywords: Cashier application, Payment gateway, Scrum, Unified modeling language (UML).
ABSTRAK. Aplikasi Point of Sales yang hanya berfokus kepada pelayanan Business to Customer, telah banyak digunakan. Sebaliknya, masih jarang ditemukan apllikasi yang melakukan Business to Business, yang memberikan pengguna melakukan self management, sehingga memberikan aspek kenyamanan kepada koorporasi dalam menyimpan data yang digunakan dan memanfaatkan sumber data organisasinya, serta dapat melakukan integrasi pembayaran secara non tunai yang diperlukan dalam meningkatkan jumlah transaksi. Artikel ini menyajikan rancangan aplikasi point of sales kasirin, yang mengintegrasikan fungsi payment gateway pada aplikasi point of sales KasirIn. Perancangan sistem berbasis aplikasi mobile, dengan menggunakan metode pengembangan scrum. Pemodelan sistem menggunakan Unified modelling language (UML), dengan bahasa pemrograman antarmuka menggunakan Dart dan Framework Flutter. Adapun backend system menggunakan python flask yang berfungsi sebagai API dan terhubung dengan API payment gateway midtrans, dengan database PostgreSQL. Model sistem yang dikembangkan ini dapat mempermudah melakukan transaksi penjualan dengan metode pembayaran secara digital. Pengembangan dengan metode scrum juga sangat efektif untuk software development life circle, karena manajemen pekerjaannya dihitung berdasarkan bobot poin dari tim pengembang.
Kata Kunci: Aplikasi kasir, Gerbang pembayaran, Scrum, Unified modeling language (UML).
References
Kusnandar V.B., “Indonesia pengguna internet terbesar ketiga di asia,” Databoks, 2019. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/07/18/indonesia-pengguna-internetterbesar-ketiga-di-asia# (accessed Oct. 21, 2019).
APJII, “Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia Tahun 2018,” Apjii, p. 51, 2019, [Online]. Available: www.apjii.or.id.
Herman, H. T., Rostianingsih, S., & Setiawan, A. Pembuatan Aplikasi Point of Sales untuk Rumah Makan Dapur Rinjani. Jurnal Infra, 2016, 4(1): 35-40.
Bachtiar, L. Pengembangan Teknologi Mobile Untuk Sistem Kasir Rumah Makan Di Kota Sampit Menggunakan Firebase Realtime Database. Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM), 2020: 5(2), 57-66.
Wibowo, V. Perancangan Perangkat Lunak Point of Sale Berbasis Web Pada Toko Banlie Mart Di Kabupaten Bengkayang. In ENTER, 2019, 2(1): 431-442).
Abdurrahman, U. T. Perancangan Aplikasi Kasir Point Of Sales Berbasis Android Menggunakan Metode Rapid Application Development Untuk Usaha Retail. Infotech: Jurnal Informatika & Teknologi, 2020, 1(2): 67-77.
Ardaneswari, A., & Sediyono, E. Pemanfaatan Aplikasi Point of Sales Untuk Prediksi Stock Barang Dengan Metode Fuzzy Tsukamoto. Jurnal Komputer dan Informatika, 2020, 15(1): 238-249.
Fitriana, C., Surya, P., Maksum, A., & Fahrudin, A. PERANCANGAN APLIKASI POINT OF SALES BERBASIS WEB UNTUK EFISIENSI ANTREAN PADA RESTORAN SERBA SAMBAL. Jurnal Komputer dan Informatika, 2020, 15(1): 149-158.
Bangkalang, D. H., & Setiyawati, N. Pengembangan Modul Keuangan Pada Aplikasi Point of Sales Berbasis Android. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2021, 1(2): 171178.
Wiguna, P. D. A., Swastika, I. P. A., & Satwika, I. P. Rancang bangun aplikasi point of sales distro management system dengan menggunakan framework react native. Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 2018, 4(3): 149-159.
Marisa, F., & Yuarita, T. G. Perancangan Aplikasi Point of Sales (Pos) Berbasis Web Menggunakan Metode Siklus Hidup Pengembangan Sistem. Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, 2017, 3(2):167-171
Sani, A. S., Pradana, F., & Rusdianto, D. S. Pembangunan sistem informasi point of sales terintegrasi dalam lingkup rumah makan beserta cabangnya (studi kasus: RM. Pecel Pincuk bu Tinuk). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2018, 2(10): 3249-3257.
Febriyanto, E., & Rahardja, U. Penerapan Midtrans sebagai Sistem Verifikasi Pembayaran pada Website iPanda. Jurnal Informatika Upgris, 2018, 4(2):246-254
Jamiludin, M., Anam, C., & Sifaunajah, A. Rancang Bangun Point of Sales Terintegrasi Dengan Sistem Gudang. Saintekbu, 2019, 11(1): 57-67.
Dwiyanto, B. A. M. (2018). Pengembangan back-end sistem informasi marketplace pariwisata travinesia. com dengan rest api dari sisi user. Inst. Pertan. Bogor, 2018.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.