Prototype User Interface Aplikasi Berbasis Website Bank Sampah Menggunakan Metode Design Thinking
Abstract
Pejaten Village is known as a tile village because most of the residents work as tile craftsmen. Located close to tourist attractions, Pejaten Village often receives transit waste from nearby tourist attractions, which causes a lot of waste to settle in Pejaten Village. The waste bank in Pejaten village is still running conventionally which often experiences errors in recording, counting, and in preparing reports. This study presents the design of a website-based user interface for a waste bank application using the design thinking method to make it easier for cadres to conduct transactions and test it using the SUS (System Usability Scale) which aims to measure the feasibility of the results of the user interface design. The test results obtained based on tests carried out on a high fidelity prototype application based on the Pejaten village trash bank website generated by researchers on 12 people, obtained a SUS score of 79. This value gives a Percentile Ranks assessment of 90% entering category B.
Keyword: Pejaten Village; Design Thinking; System Usability Scale
Abstrak
Desa Pejaten dikenal sebagai desa genteng karena sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai pengrajin genteng. Letaknya yang dekat dengan tempat wisata, Desa Pejaten sering menerima sampah transit dari tempat wisata terdekat, yang mengakibatkan banyaknya sampah yang mengendap di desa pejaten. Bank sampah yang ada di desa pejaten masih berjalan secara konvensional yang sering mengalami kesalahan dalam pencatatan, penghitungan, dan dalam pembuatan laporan. Pada penelitian ini menyajikan percanangan user interface aplikasi bank sampah yang berbasis website menggunakan metode design thinking untuk mempermudah kader dalam melakukan transaksi dan pengujiannya menggunakan SUS (System Usability Scale) yang bertujuan untuk mengukur kelayakan hasil dari perancangan desain user interface. Hasil pengujian didapatkan hasil berdasarkan pengujian yang dilakukan pada prototype high fidelity aplikasi berbasis website bank sampah desa pejaten yang dihasilkan oleh peneliti kepada 12 orang, didapatkan hasil skor SUS sebesar 79. Nilai tersebut memberikan penilaian Percentile Ranks sebesar 90% dengan masuk kategori B.
Keywords
References
I. Wayan et al., “PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH MELALUI PROGRAM BANK SAMPAH DI KABUPATEN TABANAN.”
G. Nabila and S. Wahyuni, MDP STUDENT CONFERENCE (MSC) 2022 Penerapan UI/UX Dengan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Jaya Indah Perkas.
D. Setiawan and S. L. Wicaksono, “Evaluasi Usability Google Classroom Menggunakan System Usability Scale,” Walisongo Journal of Information Technology, vol. 2, no. 1, p. 71, Jun. 2020, doi: 10.21580/wjit.2020.2.1.5792.
A. S. Suryani, D. Efektivitas, and P. Sampah, “PERAN BANK SAMPAH DALAM EFEKTIVITAS PENGELOLAAN SAMPAH(STUDI KASUS BANK SAMPAH MALANG.” [Online]. Available: http://www.tempo.co/read/news/2012/04/15/063397147/
| Jurnal Bahasa Rupa and J. Bahasa Rupa, “PENERAPAN DESIGN THINKING PADA MEDIA KOMUNIKASI VISUAL,” Online, 2019. [Online]. Available: http://jurnal.stiki-indonesia.ac.id/index.php/jurnalbahasarupa
D. W. Ramadhan, B. Soedijono, and E. Pramono, “PENGUJIAN USABILITY WEBSITE TIME EXCELINDO MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) (STUDI KASUS: WEBSITE TIME EXCELINDO).” [Online]. Available: https://excelindo.co.id
E. Kurniawan, A. Nata, and S. Royal, “PENERAPAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) DALAM PENGUKURAN KEBERGUNAAN WEBSITE PROGRAM STUDI DI STMIK ROYAL,” 2022. [Online]. Available: http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR
W. Cholil, “Analisis Media Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode System Usability Scale,” 2021. [Online]. Available: https://journal-computing.org/index.php/journal-sea/index
D. P. Kesuma, “Penggunaan Metode System Usability Scale
Untuk Mengukur Aspek Usability Pada Media Pembelajaran Daring Di Universitas XYZ,” 2021. [Online]. Available: http://jurnal.mdp.ac.id
N. Luh, P. M. Lestari, I. Made, A. Pradnyana, and G. A. Pradnyana, “Usability Testing Menggunakan Model PACMAD Pada Aplikasi Mobile Tabanan Dalam Genggaman Usability Testing Use The PACMAD Model On Mobile Application ‘Tabanan Dalam Genggaman,’” 2021.
H. Yani and G. Mahargya Ningrum, “EVALUASI USABILITY SITUS WEB KEMENKUMHAM KANTOR WILAYAH JAMBI DENGAN METODE USABILITY TEST DAN SYSTEM USABILITY SCALE,” 2019. [Online]. Available: https://jambi.kemenkumham.go.id/
A. Ar Razi et al., “PENERAPAN METODE DESIGN THINKING PADA MODEL PERANCANGAN UI/UX APLIKASI PENANGANAN LAPORAN KEHILANGAN DAN TEMUAN BARANG TERCECER,” Jurnal Desain Komunikasi Visual, vol. 03, no. 02, 2018, [Online]. Available: http://bit.do/demandia
H. Judul, D. Oleh, and E. C. Shirvanadi, “SKRIPSI PERANCANGAN ULANG UI/UX SITUS E-LEARNING AMIKOM CENTER DENGAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: AMIKOM CENTER),” 2021.
I. Priana, L. Fitriani, J. Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut Jl Mayor Syamsu No, and J. Garut, “PERANCANGAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK PENGELOLAAN DATA BANK SAMPAH DI PT. INPOWER KARYA MANDIRI GARUT,” 2016. [Online]. Available: http://jurnal.sttgarut.ac.id
S. Sarahazna Ulfa, P. F. Alam, and M. D. Akbar, “ANALISIS DAN PERANCANGAN USER INTERFACE PADA APLIKASI SYMBAH BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODELOGI DESIGN THINKING.”
F. Renaldo et al., MDP STUDENT CONFERENCE (MSC) 2022 Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Hello Life Dengan Metode Design Thinking.
N. R. Ashshiddiqy et al., “Perancangan Mobile Application untuk Startup montirkeliling.com dengan Metode Design Sprint,” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), vol. 10, no. 3, 2021.
I GUSTI MADE YUDIANTARA WIJAYA, “IMPLEMENTASI USER INTERFACE WEBSITE LEMBAGA PELATIHAN KERJA ALFA PRIMA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” 2021.
I Putu Ananda Putra Riadi, “Perancangan User Interface menggunakan metode human center design (HCD) Studi Kasus Bali Techno Grosir,” 2021.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.