Pengembangan Startup Sevent Dengan Metode Lean Startup Dan User Experience Questionnaire
Abstract
Sevent is a startup engaged in event planner that connects event organizers with event venue owners. Sevent startup experiences problems of difficulty in developing according to user needs. This research uses a lean startup method that focuses on taking feedback from users. At the validation stage, the first problem gets a score of 4/10 which means invalid, while the validation for the second problem gets a score of 10/10 which means valid, then the process of making a mockup user interface version of the Sevent startup mobile application will be carried out. The User Experience Questionnaire (UEQ) method is used to test the mockup of the Sevent startup mobile version of the application display with the results of the validation scale of attractiveness 1.74, perspicuity 1.73, efficiency 1.73, dependability 1.64, stimulation 1.52, and novelty 1.35. So it can be concluded that the mockup that has been made has a scale with an average product quality that is in the good category.
Keywords: Startup Development; Lean Startup; Javelin Board; User Experience Questionnaire
Abstrak
Sevent merupakan sebuah startup yang bergerak dibidang event planner yang menghubungkan penyelenggara event dengan pemilik tempat event. Startup Sevent mengalami permasalahan kesulitan dalam melakukan pengembangan yang sesuai kebutuhan pengguna. Pada penelitian ini menggunakan metode lean startup yang berfokus mengambil feedback dari pengguna. Pada tahap memvalidasi ide pengembangan menggunakan javelin board, dengan kriteria sukses 6/10. Pada tahap validasi permasalahan pertama mendapatkan skor 4/10 yang artinya tidak valid, sedangkan validasi untuk permasalahan kedua mendapatkan skor 10/10 yang artinya valid, maka akan dilakukan proses pembuatan mockup user interface versi aplikasi mobile startup Sevent. Metode User Experience Questionnaire (UEQ) digunakan menguji mockup tampilan aplikasi versi mobile startup Sevent dengan hasil validasi skala daya tarik 1,74, kejelasan 1,73, efisiensi 1,73, ketepatan 1,64, stimulasi 1,52, dan kebaruan 1,35. Jadi dapat disimpulkan bahwa mockup yang sudah dibuat memiliki skala dengan rata-rata kualitas produk yang berada di kategori good.
Keywords
References
U. H. Salsabila, M. U. Ilmi, S. Aisyah, and R. Saputra, “Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi,” J. Educ., vol. 03, no. 01, pp. 104–112, 2020.
U. Hasanuddin, “‘Startup’: Bisnis Kuliner Rintisan di Masa Pandemi Covid-19,” J. Emik, vol. 4, pp. 1–18, 2021.
M. Y. Sakti, T. L. Startups, and T. L. Startups, “Implementasi Javelin Board Dan Lean Startup Pada Strategi Pengembangan Produk Startup Digital Berbasis Aplikasi Dan Website Bidang Pariwisata,” J. Ilm. Mhs. FEB, pp. 1–16, 2020.
R. Eric, THE LEAN STARTUP. United States: Crown Business (USA), 2011.
K. T. Maulana, “Pengembangan Model Ide Bisnis Startup JavaHands menggunakan Pendekatan Lean Startup,” Pros. Autom., vol. 3 No 1, pp. 1–4, 2022.
DODY, “Analisis Problem & Solution Fit Startup Markethub Menggunakan Metode Lean Startup,” Primakara Universitas, 2019.
N. Luh, D. Gitajayanti, I. P. Satwika, and A. A. I. I. Paramitha, “Evaluasi Sistem Informasi Skripsi dan Tugas Akhir STMIK Primakara ( PRISKA ) Menggunakan Metode User Experience Questionnaire,” Karmapati, vol. 10, p. 60, 2021.
I. W. Y. Pratama, I. G. Juliana, and E. Putra, “Pengembangan Startup Inmotioon Dengan Menggunakan Metode Javelin Board Dan Lean Startup,” J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, vol. 16, no. 2, pp. 95–104, 2022.
P. R. S. Anggi Aditiya Ningsih, Rizky Suhanry Rambe, Yuli Novia Munthe, “Pendekatan Lean Startup Pada Desain Produk Dan Teknik Minimum Viable Product Dalam Menyikapi Skeptisisme Pada Iklim Bisnis,” JUPSIM, vol. 2 No 1, pp. 183–198, 2023.
R. Umar, A. Z. Ifani, F. I. Ammatulloh, and M. Anggriani, “Analisis Sistem Informasi Web LSP UAD Menggunakan User Experience Questionnaire ( UEQ ),” METHOMIKA, vol. 4, no. 2, pp. 173–178, 2020.
M. Schrepp, A. Hinderks, and J. Thomaschewski, “Construction of a Benchmark for the User Experience Questionnaire ( UEQ ),” no. June, 2017, doi: 10.9781/ijimai.2017.445.
M. S. Version and U. E. Questionnaire, “User Experience Questionnaire Handbook,” pp. 1–16, 2023.
I. W. A. Arinatha and I. P. A. Swastika, “Rancangan Model Bisnis Produk Dengan Menggunakan Metode Lean Startup ( Studi Kasus Startup HealthyTips ),” J. TEKNO KOMPAK, vol. 17, no. 1, pp. 96–110, 2023.
Y. Rifqi, Setiawan Pusvita, “Implementasi Lean Startup Pada Strategi Pengembangan Produk Startup Digital Berbasis Website Bidang Education Technology,” J. KEWIRAUSAHAAN DAN Inov., vol. 1, no. 1, pp. 51–62, 2022.
P. S. Informatika et al., “Analisis User Experience ( UX ) Aplikasi Virtual Reality Gamelan Bonang Barung Menggunakan User Experience Questionnaire,” KONSTELASI, vol. 3, no. 1, pp. 130–141, 2023.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.