Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Bibit Reksadana Menggunakan Metode EUCS Dan IPA
Abstract
Assessment of user satisfaction with mutual fund investment applications is considered very important because it can be used as a benchmark for the success of the application, and as an evaluation material for companies in improving application services. On that basis, it is necessary to analyze the level of user satisfaction with the aim of knowing the level of satisfaction of application users, knowing aspects of services that need to be improved, and knowing aspects of services that need to be maintained. The research was conducted by distributing questionnaires based on the dimensions of the end user computing satisfaction (EUCS) method. Furthermore, the data were analyzed using percentage analysis techniques and gap analysis by applying the importance performance analysis (IPA) method. The results obtained prove that the mutual fund seed application has an average user satisfaction level of 92%, which indicates that application users are very satisfied with the investment service.
Keywords: User satisfaction, Mutual Fund Seed Application, End User Computing Satisfaction (EUCS), Importance Performance Analysis (IPA).
ABSTRAK. Penilaian kepuasan user terhadap aplikasi investasi reksadana dinilai sangat penting karena dapat dijadikan tolok ukur keberhasilan aplikasi, dan sebagai bahan evaluasi perusahaan dalam meningkatkan layanan aplikasi. Atas dasar itu perlu dilakukan analisis tingkat kepuasan pengguna dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna aplikasi, mengetahui aspek pelayanan yang perlu ditingkatkan kinerjanya, serta mengetahui aspek pelayanan yang perlu dipertahankan kinerjanya. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuisioner yang disusun berdasarkan dimensi metode end user computing satisfaction (EUCS). Selanjutnya data dianalisis dengan teknik analisis presentase dan analisis gap dengan menerapkan metode importance performance analysis (IPA). Hasil yang didapatkan membuktikan bahwa aplikasi bibit reksadana memiliki presentase rata-rata tingkat kepuasan pengguna sebesar 92%, yang menunjukkan pengguna aplikasi sangat puas terhadap pelayanan investasi tersebut.
Kata kunci: Kepuasan pengguna, Aplikasi Bibit Reksadana, End User Computing Satisfaction (EUCS), Importance Performance Analysis (IPA).
References
Rizal S. Fenomena Penggunaan Platform Digital Reksa Dana Online dalam Peningkatan Jumlah Investor Pasar Modal Indonesia. Humanis(Humanities, Manag Sci Proceedings). 2021,1(2):851–61.
Prehanto DR, Indriyanti AD, Permadi GS, Vitadiar TZ, Jayanti FD. Library book modeling data using the association rule method with apriori algorithm in determining book placement and analysis of book loans. Int J Adv Sci Technol. 2020, 29(5):1244–50.
Bodnar GH, Hopwood WS. Accounting information systems. 10th edition. New Jersey: Pearson Education, 2010.
Nurcahyo E. Analisis Pengaruh Penanaman Modal Dalam Negeri, Penanaman Modal Asing dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi 2007 - 2012 (Studi Kasus 3 wilayah di Indonesia). Stud Ilmu Ekon Univ Jember. 2014, 2012(12):1–12.
Prehanto DR, Indriyanti AD, Mashuri C, Permadi GS. Soil Moisture Prediction using Fuzzy Time Series and Moisture sensor Technology on Shallot Farming. E3S Web Conf. 2019, 125(201 9):0–4.
William J. Doll WX and GT. A Confirmatory Factor Analysis of the End-User Computing Satisfaction Instrument. MIS Q [Internet]. 1994;18(4):453–61. Available from: http://www.jstor.org/stable/249524
Khaliq R. IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DALAM KASUS KEPUASAN KONSUMEN USAHA LAUNDRY. J Ilmu Dakwah. 2018, 17(34):47–64.
Lim K, Lim J-S, Heinrichs JH. Validating an End-User Computing Satisfaction Instrument: A Confirmatory Factor Analysis Approach Using International Data. J Int Technol Inf Manag [Internet]. 2008;17(2):153–65. Available from: http://scholarworks.lib. csusb.edu/jitim%5Cn, http://scholarworks.lib.csusb.edu/jitim/vol17/iss2/6
Yazid MA, Wijoyo SH, Rokhmawati RI. Evaluasi Kualitas Aplikasi Ruangguru Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode EUCS (End-User Computing Satisfaction) dan IPA (Importance Performance Analysis). J Pengemb Teknol Inf dan Ilmu Komput. 2019, 3(9):8496–505.
Wulandari, P A; Sinarwati, N K;Purnamawati IGA. PENGARUH MANFAAT , FASILITAS , PERSEPSI KEMUDAHAN , MAHASISWA UNTUK BERINVESTASI SECARA ONLINE ( STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI PROGRAM S1 UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA ). Jur Akunt Progr S1. 2017;8.
Manuel H. PENGARUH KEMUDAHAN, KEAMANAN, KEPERCAYAAN DAN KUALITAS INFORMASI PADA APLIKASI INVESTASI ONLINE TERHADAP MINAT INVESTASI SAHAM. J Ilm Mhs FEB. 2019;7(2): 1-10.
Lemeshow S. Besar Sampel Dalam Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1997.
Supranto J. Pengukuran tingkat kepuasan pelanggan : untuk menaikkan pangsa pasar. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.