Game Edukasi Pengenalan Alat Musik Tradisional Menggunakan Metode MDLC Berbasis Android

Dinda Joana Laksana(1*),Asep Budiman(2),Winda Apriandari(3)
(1) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(2) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(3) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v10i1.579

Abstract

Abstrak. Turunnya daya minat belajar pada mata pelajaran Seni Budaya Keterampilan (SBK) dialami oleh beberapa siswa/siswi Sekolah Dasar (SD) di Jawa Barat, kondisi tersebut terjadi karena aktivitas belajar mengajar yang membosankan, hanya melalui media buku, guru, dan papan tulis saja, beberapa program yang dijalankan guru pun dinilai kurang efektif, fasilitas bermain alat musik tradisional pun kurang lengkap, terlebih lagi mereka kurang mengenal alat musik tradisional di daerahnya sendiri. Maka dari itu tujuan utama penelitian ini yaitu membuat sebuah game edukasi berbasis android agar dapat mempermudah siswa/siswi Sekolah Dasar dalam mengenal alat musik tradisional di daerah Jawa Barat, membantu menaikan daya minat belajar, serta menambah daya pola pikir anak. Pengembangan program ini dibantu dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), dan blackbox testing sebagai pengujiannya, dari hasil tersebut dapat memperlihatkan bahwa game edukasi ini berhasil membuat daya minat belajar siswa/siswi Sekolah Dasar semakin meningkat, dan program ini pun bisa digunakan oleh masyarkat. Kata kunci: Game Android, Game Edukasi, Metode MDLC

Abstrack. The decline in the power of interest in learning in the subject of Arts and Culture Skills (SBK) was experienced by some elementary school (SD) students in West Java, this condition occurred because of boring teaching and learning activities, only through the media of books, teachers, and blackboards. Some of the programs run by the teachers are considered ineffective, the facilities for playing traditional musical instruments are also incomplete, moreover they are less familiar with traditional musical instruments in their own regions. Therefore, the main objective of this research is to create an android based educational game in order to make it easier for elementary school students to get to know traditional musical instruments in West Java, to help increase interest in learning, and to increase children's thinking patterns. The development of this program is assisted by the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method, and blackbox testing as a test, from these results it can be shown that this educational game has succeeded in increasing the learning interest of elementary school students, and this program can also be used by the community. Keyword: Games Android, Games Education, MDLC Method

References


Rahaju S. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET; 2016

Normina. Pendidikan Dalam Kebudayaan. Ittihad, J Kopertais Wil XI Kalimantan. 2017;15(28):17–28

Manar G. Budaya, Elemen Penting Pembangunan Sebuah Bangsa [Internet]. 2012 [cited 2020 Jul 16]. Available from: http://www.undip.ac.id/index.php?option=com_content&view= article&id%0A=2541:budaya-elemen-penting-pembangunan-sebuah-bangsa%0A&catid=78:latest-news&Itemid=1092

Gustini H. Studi Budaya di Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia; 2012

Djati E. Institut Seni Indonesia Denpasar. 2014

Vira Safitri, A. Z. L. E. N. A. Game Interaktif Berbantuan Android Terhadap Kemampuan Mengenal Anggota Tubuh Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 2018, 10(2): 1-10

Rahman RA, Tresnawati D. Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. J Algoritm. 2016;13(1):184–90

Apridiansyah YA, Pahrizal P. Pengenalan Alat Musik Tradisional Bengkulu (Dol) Digital Berbasis Android. J Technopreneursh Inf Syst. 2019;2(1):12–17

Naranjo, 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析 J. Appl Microbiol Biotechnol. 2014;85(1):2071–2079.

Faisal A, Gunawan A, Supiandi A, Suherman A, Kusnadi IT. Aplikasi Pengenalan Batik Tradisional Indonesia Berbasis Android. J Teknol dan Inf. 2018; 8(1): 98–105

Mustika M, Sugara EPA, Pratiwi M. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. J Online Inform. 2018; 2(2):121126

Soepomo P. Membangun Aplikasi Autogenerate Script ke Flowchart untuk Mendukung Business Process Reengineering. Membangun APL Autogenerate SCR Ke Flowchart Untuk Mendukung Bus Process Reengineering. 2013;1(2):448–456.

Nurhasanah YI, Senyelda D. Implementasi Model CMIFED Pada Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Anak Usia TK Dan Playgroup. J Inform. 2016;Vol. 2(2): 1-12.

Pamungkas RA. Perancangan Animasi sebagai Media Pembelajaran Tentang Pencegahan Osteoporosis Sejak Usia Dini. e-Proceeding Art Des. 2015;2(1):15–20.

Marlina, Bangun, Jodi Priombodho, Melati Puspa Dewi, Muhammad Indera PT. Pengertian Game [Internet]. 2015. Available from: https://hakkajiten.wordpress.com/index/pengantarteori-game/pengertian-game/


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.