Aplikasi Pengelolaan Dokumentasi Penelitian Pada Balai Arkeologi Kalimantan
Abstract
Abstrak
Balai Arkeologi Kalimantan adalah lembaga penelitian arkeologi yang salah satu tugasnya adalah mendokumentasi segala penelitian dan pemanfaatan mengenai Arkeologi. Pengelolaan data dokumentasi masih dilakukan secara manual. Banyak data masih berbentuk buku-buku atau lembaran yang penataannya tidak teratur Selain itu, bentuk dokumen penelitian arkeologi yang masih berbentuk fisik menyebabkan dokumen tidak memiliki salinan. jika data dokumentasi tersebut hilang maka informasi penelitian akan hilang.
Untuk Mengatasi masalah diatas maka dibangun sistem Aplikasi Pengelolaan Dokumentasi pada Balai Arkeologi Kalimantan. Aplikasi ini mengelola informasi penelitian arkeologi yang meliputi proses penyimpan data berdasarkan jenis-jenis dan kegiatan penelitian serta penyusunan dokumentasi berdasarkan tema-tema penelitian yang diinginkan.
Penelitian ini dapat memberikan dampak positif bagi para peneliti karena memberikan kemudahan untuk mengelola dokumentasi penelitian menjadi lebih teratur. Hal ini berdampak pada proses pencarian data dokumentasi penelitian lebih cepat dan menampilkan data lebih akurat, serta memudahkan untuk menyusun dan mencetak laporan mengenai dokumentasi penelitian.
Kata Kunci: Dokumentasi, Arkeologi, Aplikasi, Database
Abstract
Borneo Archaeological Center is a research institute of archeology that one of its tasks is documentary all research and utilization of an Archaeology. Data management documentation is doing manually. Much of the data is in the form of books or a sheets with irregular arrangement, the archaeological research document that is still in physical form causes the document does not have a copy. if the data are lost documentation then research information will be lost.
To Solve the problem described above, researcher must built systems documentation management application at Archaeological Institute of Borneo. This application manages information of archeological research that includes data storage process based on the types and research activities as well as the preparation of documentation based on the themes of the desired research.
This study can provide a positive impact for researchers because it provides an easy research documentation management becomes more regular. This has an impact on the data search process research documentation faster and more accurate data display, and make it easier to prepare and print reports on research documentation.
Keywords: Documentation, Archeology, Application, Database.
References
Ariyadi, B. M., & Bahar, B. (2017). Model Aplikasi Sistem Pelayanan Terpadu Pada Kantor Kelurahan. JUTISI, 5(1).pp 895-906
Istiqomah. (2013). Model Interface Untuk Situs Pemerintahan. KOMPUTA, 2(1), pp 41-48
Anie, R.I. (2013) Pengukuran Fungsionalitas Perangkat Lunak Menggunakan Metode Function Point Berdasarkan Dokumentasi Desain. IJCCS. 7(2), pp 111-120.
Syamsu, Rizal (2013). Pengembangan Aplikasi Pencarian Lokasi Objek Wisata Terdekat Di Kabupaten Garut Berbasis Android. JURNAL ALGORITMA 10(1), pp 1-11.
Prasetio (2012). Perancangan Sistem Informasi Dokumentasi dan Kearsipan Berbasis Web Pada SMA Al-Muabarak. Skripsi Jakarta: Universitas Mercu Buana.
Sari, A. A. (2016). Pengolahan Arsip Foto di Kantor Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Sragen. Skripsi Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Vanani, F. M. (2011). Dokumentasi Koleksi Arkeologi Di Museum Nasional. Skripsi Jakarta: Universitas Indonesia.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.