Rekomendasi Santri Teladan Menggunakan Multi Factor Evaluation Process
Abstract
Abstrak
Rekomendasi santri teladan ini adalah hal yang sangat penting serta tidak boleh salah dalam proses penilaiannya. akan tetapi sistem yang berjalan pada penyelenggaraan pemilihan santri teladan di SMP Darul Hijrah Putri masih kurang optimal terutama dalam hal penilaian santri teladan yang tidak obyektif. Maka penilaian yang digunakan haruslah menghasilkan hasil yang tepat dan akurat, jadi diperlukan sebuah sistem yang mendukung penilaian tersebut. Dalam penelitian ini akan menggunakan metode Multi Factor Evaluation Process untuk menentukan santri teladan SMP Darul Hijrah Putri.
Sistem rekomendasi santri teladan menggunakan metode Multi Factor Evaluation Process dengan cara perkalian antara nilai bobot (factor weight) dengan total poin kriteria (factor evaluation) serta penjumlahan seluruh hasil perkalian (weight evaluation) untuk memperoleh hasil total evaluasi. Diharapkan dengan sistem ini dapat membantu pengambilan keputusan dalam masalah penilaian serta penentuan santri teladan.
Dari penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode Multi Factor Evaluation Process dalam rekomendasi santri teladan, maka kesimpulan yang diperoleh pada sistem penunjang keputusan penentuan santri teladan dapat memberikan penilaian dan pengurutan peringkat peserta juara santri teladan serta dapat melakukan proses perhitungan Multi Factor Evaluation Process yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.
Kata Kunci: Sistem Rekomendasi, Santri Teladan, Multi Factor Evaluation Process
Abstract
Recommendations exemplary students are very important and should not be mistaken in the process of assessment. but systems running on implementation exemplary students in SMP Darul Hijrah daughter still less than optimal, especially in terms of valuation exemplary students were not objective. The valuation used must produce precise and accurate results, so we need a system that supports that assessment.
In this research, using Multi Factor Evaluation Process for determining the exemplary students of SMP Darul Hijrah daughter.
System recommendations exemplary students using Multi Factor Evaluation Process by way of multiplying the value of the weight (weight factor) with total points of criteria (factor evaluation) as well as the sum of all the results of multiplication (weight evaluation) to obtain the results of total evaluation. It is expected with this system can help make decisions in a matter of judgment and determination of exemplary students.
From research conducted using Multi Factor Evaluation Process in recommendation santris example, the conclusions obtained in decision support systems determination of students role models can provide assessment and sorting ranking participants champ students role models and can make the process of calculating the Multi Factor Evaluation Process in accordance with criteria which has been specified.
Keyword: Recommendations Systems, exemplary students, Multi Factor Evaluation Process
References
Pratiwi H. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Berprestasi Menggunakan Metode Multi Factor Evaluation Process. Jurnal Sistem Informasi, 8(1). pp.95 -101.
Oktaviana M., Reza & Susanto,R. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Pemilihan Program Studi Menggunakan Metode Multi Factor Evaluation Process di SMP Negeri Bandung. Jurnal Ilmiah Komputer, 3(2).pp 50-57
Efrina W. W. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Teladan Pada Sekolah Menengah Atas Negrei 14 Semarang Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process. Jurnal Informatik Mulawarman, 5(2).pp 1-11.
Dahria M., Ishak, & Yanti U. F. (2014). Pendukung Keputusan Seleksi Calon Polri Baru di Polda Kota Meda Menggunakan Metode Multi Factor Evaluation Process. Jurnal Ilmiah Saintikom, 3(2).pp 83-94
Khaidir A. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Penyeleksian Siswa Baru di SMA Negeri 1 Badar dengan Metode Multi Factor Evaluation Process (MFEP). Jurnal Pelita Informatika Budi Dharma, 6(3).pp148-153.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.