Model Aplikasi Praktek Kerja Industri Pada Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Web

Ika Fibriana Vidyastuti(1*),Nidia Rosmawanti(2)
(1) Program Studi Sistem Informasi
(2) Program Studi Sistem Informasi
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v5i1.156

Abstract

Abstrak

SMK Negeri 1 Takisung  adalah sekolah menengah kejuruan negeri yang memiliki 7 bidang kejuruan yaitu Agribisnis Tanaman Perkebunan, Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura, Akutansi, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, dan Teknik Pengelasan. SMK Negeri 1 Takisung mewajibkan setiap siswanya untuk mengikuti Praktek Kerja Indutri terutama kelas XI mewajibkan setiap pengalaman kerja di dunia industi kepada siswa agar dapat menerapkan teori yang telah diterima dari tempat dunia industi. Dalam melakukan proses administrasi ini terutama pada proses administrasi Praktek Kerja Industri (Prakerin) selama ini masih bersifat manual, hanya dengan melakukan pengisian pada sebuah buku/dokumen sehingga data yang disimpan bisa saja hilang, dan setiap waktunya data juga akan terus bertambah sehingga mengakibatkan pencarian maupun pengelolaan data akan menjadi sulit dilakukan.

Pada artikel ini dibahas tentang menyelesaikan permasalahan terkait dengan pengelolaan Prakerin yang belum menggunakan teknologi informasi secara menyeluruh sehingga didapat suatu solusi yang dapat meningkatkan efesiensi waktu dan tenaga kerja

Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan  uji validitas dan reliabilitas terhadap aplikasi bahwa pengujian user acceptence menghasilkan data yang valid dengan tingkat reliabilitas dengan nilai alpha cronbach = 1,00 yang termasuk sangat reliabilitas.

Kata Kunci: Pengelolaan Data, Penyimpanan Data dan Pencarian Data Praktek Kerja Industri.

References


Sinambela, Sistem Informasi pelaksanaan praktek kerja lapangan berbasis web pada jurusan D-3 Ilmu Komputer Departemen Matematika Universitas Sumatera Utara, 2008.

Adiwanata, Sistem Informasi Tugas Akhir dan Praktek Kerja Lapangan berbasis web menggunakan metode Unified Proses. Banjarbaru: STMIK Banjarbaru, 2010.

Feni K. P., Hubungan Praktek kerja industri dengan hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Bintan. Padang, UNP, 2013.

Pratiwi S. Pengaruh Praktik Kerja Industri Dan Motivasi Kerja Terhadap Hasil Uji Kompetensi Siswa SMK N Tembarak. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2013.

Adiwinata R., Sarwoko E.A., Indriyati, Sistem Informasi Tugas Akhir & Praktek Kerja Lapangan Berbasis Web Menggunakan Metode Unified Process, Jurnal Masyarakat Informatika, Vol. 2, No. 3, Hal: 51- 62, 2014.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.