Optimasi Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Analisis Reorder Point

Nidia Rosmawanti(1*),Khairullah Khairullah(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v5i3.113

Abstract

Abstrak

Ketersediaan bahan baku merupakan  hal terpenting  dalam sebuah  perusahaan untuk menghasilkan sebuah produk,  kurangnya ketersediaan bahan baku akan  menghambat proses produksi sedangkan jika terjadi kelebihan bahan baku  maka akan menumpuk di gudang dan perusahaan harus mengeluaran biaya untuk penyimpanannya. Titik pemesanan kembali adalah suatu titik atau batas dari jumlah persediaan yang ada pada suatu saat dimana pesanan harus diadakan kembali. Titik ini menunjukkan kepada bagian pembelian untuk mengadakan kembali pesanan bahan-bahan persediaan untuk menggantikan persediaan yang telah digunakan, dengan demikian, kekurangan atau kelebihan bahan baku dapat ditanggulangi oleh perusahaan. Penetapan Titik Pemesanan Kembali Bahan Baku sering mengalami permasalahan jika dilakukan dengan penetapan secara manual, sehingga perusahaan mengalami permasalahan dalam pengendalian Persediaan Bahan Baku.

Pada penelitian ini akan dibuat model Aplikasi Sistem untuk menganalisis optimasi pengendalian dengan ReOrder Point (titik pemesanan kembali) persediaan bahan baku, sehingga diharapkan pihak manajemen dapat tepat dalam menentukan Titik Pemesanan Kembali Persediaan Bahan Baku.

KataKunci: Sistem Informasi, Optimasi, Bahan Baku, ReOrder Point

References


Prihasdi, R. D. Efisiensi metode Economic Order Quantity (EOQ) dalam pengambilan keputusan model pengadaan bahan makan kering pada instalasi gizi rumah sakit Roemani Semarang. Semarang. 2012.

Rosmiati, R. A. Analisis Economic Order Quantity untuk menentukan persediaan bahan baku keripik sukun (Studi Kasus : Industri Rumah Tangga Citra Lestari Production). 93-99. 2013.

Assuari, S. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI. 1998.

Suryani, E. Penerapan Economic Order Quantity (EOQ) Model dengan Faktor Diskon yang Diintegrasikan pada ADempiere untuk Optimasi Biaya Persediaan di KUD Dau Malang. 2012.

Kusuma, H. Manajemen Produksi, Perancangan dan Pengendalian Produksi. Yogyakarta: Andi. 2009.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.