Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir Berbasis Web

Ade Prastyo(1*),Nidia Rosmawanti(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v5i2.137

Abstract

Abstrak

Pengelolaan data tugas akhir yang menggunakan aplikasi word dan excel  masih belum efektif. Dengan kondisi saat ini, Staf Administrasi mengalami beberapa kesulitan diantaranya dalam mempersiapkan surat-surat dan berkas pendukung yang diperlukan dalam administrasi tugas akhir, mempersiapka jadwal seminar proposal dan skripsi, dan penilaian tugas akhir. Kendala yang sering terjadi lainnya adalah penyampaian informasi jadwal seminar yang diinformasikan melalui telepon dan menempel berita pada papan pengumuman. Hal ini menyebabkan tidak meratanya informasi yang disampaikan, sehingga masih terjadi mahasiswa yang belum mengetahui jadwal dan informasi seputar tugas akhir.

Tahapan penellitian yang dilakukan adalah dengan pengumpulan data melalui studi literatur, wawancara, dan observasi, serta menganalisa kebutuhan perangkat lunak, membangun database dengan MySQL, merancang antar muka dengan menggunakan CSS, javascript, HTML, dan PHP, melakukan pengujian program sebagai tahap akhir dalam pembuatan aplikasi berbasis web.

Berdasarkan hasil uji user acceptance, sistem informasi manajemen tugas akhir berbasis web pada STMIK Banjarbaru ini mampu memfasilitasi pihak-pihak yang berkepentingan terhadap tugas akhir (dalam hal ini mahasiswa, dosen, akademik dan staff prodi) untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, menjadi solusi dalam upaya peningkatan pelayanan akademik dan mempermudah proses manajemen Tugas Akhir karena mudah diakses melalui media web

Kata kunci:  Sistem informasi, Tugas akhir, Manajemen akademik

References


Anggaeni, P. A., & Sujatmiko, B., Sistem Informasi tugas Akhir Berbasis Web Studi Kasus D3 MANAJEMEN INFORMATIKA TE FT UNESA. 2013.

Muhtar, A., Pengembangan Sistem Informasi Akademik Tugas Akhir Skripsi Online Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. 2014.

Verius, J., Hadi, A., & Wahyuni, T. S., Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Tugas Akhir/ Proyek Akhir/ Skripsi pada Jurusan Teknik Elektronika FT UNP. 2013

Anonim, Buku Pedoman Mahasiswa Dan Peraturan Akademik STMIK Banjarbaru. Banjarbaru: Tim Penyusun Pedoman Mahasiswa STMIK Banjarbaru, STMIK Banjarbaru. 2011.

Setiyawan, A., Retnoningsih, D., & Anwariningsih, S. H., Sistem Informasi Tugas Akhir Berbasis Web Universitas Sahid Surakarta, 2012.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.