Model Aplikasi Sistem Pelayanan Terpadu Pada Kantor Kelurahan
Abstract
Abstrak
Dalam melayani kebutuhan masyarkat, Kantor Kelurahan memiliki berbagai jenis pelayanan, salah satunya yaitu berupa pembuatan bermacam-macam surat rekomendasi dan surat keterangan. Namun dalam melakukan semua pelayanannya tersebut, Banyak Kantor Kelurahan saat ini masih melakukan dengan cara manual. sehingga pemohon harus datang ke kantor Kelurahan untuk mengantri terlebih dahulu, dalam hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan belum lagi dokumen atau lampiran yang dia bawa harus ditinggal disebabkan karena pegawai yang bersangkutan tidak hadir dan akibatnya pemohon tidak mengetahui informasi apakah surat yang kita buat tersebut sudah selesai atau belum. Dan bahkan biasanya pemohon kurang mendapatkan informasi mengenai persyaratan apa saja yang harus dibawa untuk dilampirkan dalam proses pembuatan surat keterangan/rekomendasi tersebut. Untuk itu diperlukan suatu aplikasi sistem pelayanan terpadu pada kelurahan yang diharapkan dapat membantu dalam pengolahan data yang lebih cepat dan akurat, sehingga mempercepat siklus informasi yang dibutuhkan dan menjadi sarana penunjang aktivitas kependudukan yang kondusif, praktis dan akurat dalam penyajian data dan informasi kependudukan.
Berdasarkan hasil uji user acceptance kesimpulan yang dapat diambil yaitu aplikasi sistem pelayanan terpadu pada Kelurahan yang dibangun ini dapat membantu pihak pegawai yang ada di Kantor Kelurahan dan Masyarakatnya dalam memproses pembuatan surat keterangan. Dari aplikasi ini juga dapat mempercepat pelayanan yang ada pada Kantor Kelurahan dalam membuat permohonan surat keterangan dan dengan aplikasi ini pula masyarakat dapat dengan mudah mengetahui informasi apa saja yang ada di Kantor Kelurahan baik dalam agenda yang dilaksanakan nantinya ataupun informasi persyaratan yang digunakan dalam membuat permohonan surat keterangan.
Kata kunci: Kelurahan, Surat Rekomendasi, Surat Keterangan, Kependudukan.
References
Ashari A., Pengertian Aplikasi Komputer. Noudettu osoitteesta http://www.mlarik.com/ 2013/07/pengertian-aplikasi-komputer.html, 2013.
Anton Yudi Setianto S. L., Panduan Lengkap Mengurus Perijinan & Dokumen Pribadi, Keluarga & Bisnis. Jakarta: Niaga Swadaya, 2009.
Sinambela L., Reformasi Pelayanan Publik : Teori, Kebijakan dan Implementasi, 2010.
Siswosoediro H. S., Buku Pintar Pengurusan Perizinan & Dokumen. Jakarta: Transmedia Pustaka, 2010.
Siswosoediro, H. S., Menurus Surat-Surat (Identitas Diri). Jakarta: Transmedia Pustaka, 2008.
Prihartanto Y.L., Sistem Informasi Manajemen Agenda pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu, Jurnal Speed, Vol. 3, No. 3, Hal: 53-58, 2011.
Yazdi M., Implementasi Web Service Pada Sistem Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Atap di Pemerintah Kota Palu, Prosiding pada Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Terapan, Semarang, Hal: 450-457, Juni 2012.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.