Prediksi Daya Tersambung Dengan Metode Double Exponential Smoothing

Surya Agus Yasinta(1*),Yulia Yudihartanti(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v5i2.142

Abstract

Abstrak

PLN yang menjadi penyalur listrik memiliki sebuah masalah terhadap besarnya listrik yang disalurkan untuk tiap daerah, ini disebabkan karena tempat yang memiliki listrik selalu bertambah seperti rumah, gedung, hotel, mall, ruko, dan lainnya, juga karena alat elektronik yang terus bertambah daya listriknya karena pembaharuan. Pesatnya pertumbuhan penduduk dan selalu berkembangnya teknologi menjadi salah satu penyebab sulitnya memprediksi jumlah daya tersambung dan juga karena belum adanya suatu metode yang digunakan untuk meramalkan atau memprediksi melainkan hanya berdasarkan perkiraan, yang mengakibatkan perbedaan hasil perkiraan daya tersambung dengan hasil yang sebenarnya untuk memaksimalkan persiapan pertambahan daya listrik.

Metode double exponential Smoothing merupakan salah satu analisis deret waktu, dan merupakan metode peramalan dengan memberi nilai pembobot pada serangkaian pengamatan sebelumnya untuk memprediksi nilai masa depan, metode ini merupakan peramalan yang cukup baik untuk peramalan jangka panjang dan jangka menengah, terutama pada tingkat operasional suatu perusahaan.

Dengan menggunakan metode double exponential Smoothing menghasilkan prediksi yang lebih akurat dibandingkan dengan hanya menggunakan perkiraan dengan presentasi tingkat akurasi 80% untuk metode double exponential Smoothing dan 12% untuk perkiraan. 

Kata kunci: Double Exponential Smoothing, Peramalan

References


Jadid M. A., Peramaan Retribusi Sewa Toko dengan Keadaan Rill Menggunakan Metode Smoothing. Skripsi Jurusan Teknik Informatika, Banjarbaru: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer. 2014.

Andreas I.R.V., & Yon, Aplikasi Peramalan Stok Barang Menggunakan Metode Double Exponential Smoothing. Skripsi, Bandung: Universitas Kristen Maranatha. 2012.

Yanti P., Peramalan Produksi Cabe Besar dengan Moving Average. Skripsi Jurusan Teknik Informatika, Banjarbaru: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer. 2014.

Edyan S., Aplikasi Metode Pemulusan Exponential Ganda Dari Brown Untuk Peramalan Produksi Sawit Pada PTP Nusantara III. Skripsi, Medan: USU Medan. 2009.

Restu A.W., & Pereira S.M., Studi Analisis Peramalan Dengan Metode Deret Berkala. Skripsi, Malang: Widya Teknika, 2010.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.