Rancangan Aplikasi Administrasi Kegiatan Rapat Pada Bagian Akademik STMIK Banjarbaru

Yulia Yudihartanti(1*)
(1) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v5i3.117

Abstract

Abstrak

Administrasi perkantoran adalah semua kegiatan yang bersifat teknis ketatausahaan dari suatu perkantoran yang mempunyai peranan penting dalam pelayanan terhadap pelaksanaan pekerjaan operatif, penyediaan keterangan bagi pimpinan, dan juga membantu dalam kelancaran perkembangan organisasi.

STMIK Banjarbaru merupakan salah satu bentuk organisasi lengkap yang bergerak di bidang pendidikan yang mempunyai beberapa elemen yang saling berhubungan dan bekerja sama untuk mencapai satu tujuan tertentu yaitu mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan. Untuk mengatur masing-masing elemen agar dapat berjalan optimal sesuai dengan tugasnya diperlukan koordinasi elemen satu dengan lainnya. Koordinasi tersebut dapat dilakukan melalui suatu pertemuan dalam bentuk rapat. Rapat adalah pertemuan antara para anggota di lingkungan kantor/organisasi sendiri untuk membicarakan, merundingkan suatu masalah yang menyangkut kepentingan bersama.

Penelitian ini menghasilkan prototype dengan menggunakan Ms. Access yang dapat membantu dan memudahkan proses administrasi kegiatan rapat yang diadakan di STMIK Banjarbaru agar dokumentasi kegiatan menjadi lebih terstruktur dan sistematis.

 Kata kunci: Prototype Aplikasi, Efisiensi Proses, Administrasi Kegiatan Rapat,

References


Sukoco, B. M. Manajemen Administrasi Perkantoran Modern. Jakarta: Erlangga. 2007.

Siswanti Adriyanis, W. N. Peran Rapat (Coffee Morning) Dalam Menyelesaikan Masalah Pekerjaan Di Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Jakarta: UEU Library. 2013.

Pressmon, S.R. Rekayasa Perangkat Lunak, Yogyakarta: ANDI, 2002.

Jogianto,H.M., Analisis dan Design Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur- Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Yogyakarta: ANDI, 2005

Hakim, H.A.B., Bandono, Aplikasi Pengelola Arsip Digital Dalam Berbagai Format, Jurnal JUPITER, Vol. XIV, No. 2, Hal.: 31-37, 2015.

Endra, R.Y., Rizal, U., Ariani, F., E-Arsip Berbasis Image Archives Management Process Model Untuk Meningkatkan Efektifitas Pengelolaan Arsip, Jurnal Explore –Sistem Informasi dan Telematika, Vol. 7, No. 1, Hal.: 22-32, 2016.

Muhidin, S.A., Winata, H., Santoso, B., Pengelolaan Arsip Digital, Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Vol. 2, No.3, Hal.: 178-183, 2016

Santoso, L. W., Intan, R., & Wijaya, R. Perancangan Dan Pembuatan Sistem Informasi Manajemen Fakultas Teknologi Industri. Seminar SENTIA 09 (hal. 1-6). Jakarta: Universitas Kristen Petra. 2009.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.