SPK Pemilihan Kelompok Tani Penerima Bantuan Bibit Sawit Menggunakan Metode Weighted Product

Dwi Agustiawan(1*),Taufiq Taufiq(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v5i2.141

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitan ini adalah untuk membangun  Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Penerima Hibah Daerah Untuk Memberi Bantuan Bibit Sawit dan Pupuk Pada Kelompok Tani Di Kabupaten Kotabaru Berdasarkan data Dinas Perkebunan Kotabaru. Penyeleksian penerima hibah untuk Pemberian Bantuan Bibit Sawit dan Pupuk dalam Kelompok Tani adalah hal yang sangat penting serta tepat sasaran dalam proses penyeleksiannya.adapun kriteria penilaian yang digunakan yaitu, Di Usulkan Dalam Musrembang, Membuat Usulan Tertulis atau Proposal, Jumalah Anggota Minimal 10 Orang, Bersedia Dilakukan Survey Lahan dan Calon Petani, dan Kelompok Minimal Terbentuk 1 Tahun. Dengan data yang diujikan sebanyak 40, dimana setiap kriteria memiliki bobot yang sudah ditentukan, sehingga didapat hasil yang kemudian akan dijadikan rekomendasi dalam pengambilan keputusan untuk penentuan penerima hibah Bibit Sawit dan Pupuk.

Dari penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode Weighted Product dalam penentuan penerima hibah bantuan bibit sawit dan pupuk, maka kesimpulan yang diperoleh  dari hasil pretest dan Postest didapatkan untuk data awal dengan total data sebanyak 40 hasil yang diuji terdapat dan 57,5 data yang sesuai (57.5%) dan 42,5 data yang tidak sesuai (42,5%)

Kata Kunci : Penentuan, Kelompok Tani, Pemberian Bantuan Bibit dan Pupuk, Weighted Product.

 

References


Pamungkas F.D., Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Calon Bintara Tni Ad Denganmenggunakan Metode Weighted Product, Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI), Vol:IV, Nomor: 3, Hal: 40-55. 2014.

Buaton R., Raodah, Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Pengembangan Industri Kecil Menengah Dengan Metode Weighted Product, Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI), Vol: III, Nomor: 2, Hal: 26-34. 2014.

Sianturi I.S., Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Pemilihan Jurusan Siswi Dengan Menggunakan Metode Weighted Product, Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI),Vol:01, Nomor: 1, Hal: 19-22. 2013.

Jaya P., Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Bonus Karyawan Menggunakan Metode Weighted Product (wp), Pelita Budi Darma, Vol: V, Nomor: 2, Hal: 90-95. 2013.

Rani S., Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sepeda Motor Berbasis Web Denga Metode Weighted Product, Pelita Informatika Budi Darma, Vol:VII, Nomor: 3 Hal : 22-66. 2014.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.