Aplikasi Penerapan Customer Satisfaction Index Pada Pelayanan Kepuasan Masyarakat Di Pengadilan Negeri Kotabaru
Abstract
Pengukuran indeks kepuasan masyarakat diwajibkan dengan tujuan untuk meningkatkan mutu dan pelayanan lembaga Pengadilan Negeri Kotabaru. Maka penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi pengukuran tingkat kepuasan masyarakat di Pengadilan Negeri Kotabaru menggunakan metode CSI (Customer Satisfaction Index).
Dalam penelitian ini dibuat program aplikasi berbasis database menggunakan metode CSI (Customer Satisfaction Index). CSI merupakan indeks untuk menentukan tingkat kepuasan masyarakat secara menyeluruh dengan pendekatan yang mempertimbangkan tingkat kepentingan dari atribut-atribut yang diukur.
Berdasarkan hasil uji aplikasi ini dapat membantu proses perhitungan nilai indeks kepuasan masyarakat di Pengadilan Negeri Kotabaru. Dari perhitungan tersebut didapatkan nilai indeks kepuasan masyarakat di Pengadilan Negeri Kotabaru pada bulan Juni 2016 sebesar 77,8 % (Puas).
Kata Kunci: Customer Satisfaction Index, Indeks Kepuasan Masyarakat, Program Aplikasi
References
Anonim, Landasan Hukum Pengadilan Negeri, www.pn-kotabaru.go.id (diakses 10 Juni 2016), 2016.
Anggraini, L.D.,Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index (Studi Kasus di Ria Djenaka Coffee & Resto, Malang), Jurnal Optimasi, Vol. 1, No. 3, Mei 2011, pp. 119-122, 2013.
Bambang Setiawan, B., Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index dan Importance Performance Analysis, Jurnal REKAVASI Vol. 1, No. 1, Desember 2013, pp. 21-29, 2013.
Nugraha, R., Usulan Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa pada Bengkel “X” Berdasarkan Hasil Matrix Importance-Performance Analysis (Studi Kasus di Bengkel AHASS PD. Sumber Motor Karawang), Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, No.03 | Vol.01, Januari 2014, pp 221-231, 2014.
Yola, M., Budianto, D., Analisis Kepuasaan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Harga Produk Pada Supermarket Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA)”. Jurnal Optimasi Sistem Industri, Vol. 12, No. 12, Maret 2012, pp 301-309, 2013.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.