Analisa Tingkat Kualitas Pelayanan Diklat Prajabatan BKD Banjarbaru Menggunakan Metode Servqual

Wahyudi Wahyudi(1*),Ruliah Ruliah(2),Yulia Yudihartanti(3)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(3) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v5i3.126

Abstract

Abstrak

Salah satu indikator pengukuran kinerja organisasi penyedia jasa adalah tingkat kualitas pelayanan jasa yang diberikan. Kepuasaan para pengguna jasa atau pelanggan adalah suatu keadaan dimana semua atau sebagian besar keinginan, harapan, dan kebutuhan pelanggan dipenuhi. Suatu pelayanan dinilai memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi keinginan, harapan dan kebutuhan  para pelanggan. Agar dapat mengetahui, apakah  layanan yang diberikan telah memenuhi harapan, dan memuaskan kebutuhan pelanggan, maka harus dilakukan pengukuran. Pengukuran kepuasan pelanggan  merupakan langkah penting dalam upaya penyediaan layanan yang lebih baik, lebih efisien dan lebih efektif.

Aplikasi analisa tingkat kualitas pelayanan yang akan dibangun menggunakan metode servqual. Analisa kualitas jasa dalam model servqual. ini didasarkan skala mutil item yang dirancang untuk menganalisa harapan dan persepsi pelanggan. Serta Gap diantara keduanya pada dimensi kualitas jasa. dimensi kualitas tersebut dijabarkan dalam beberapa butir pertanyaan untuk atribut harapan dan variabel persepsi berdasarkan skala linkert. Diharapkan dengan sistem ini dapat membantu membantu dalam menganalisa tingkat kualitas pelayanan yang dirasakan oleh peserta diklat.

Dari penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode servqual dalam proses analisa tingkat kualitas pelayanan diklat yang diberikan, maka kesimpulan yang diperoleh pada sistem ini dapat melakukan proses analisa dan perhitungan servqual  yang sesuai dengan penilaian yang diberikan.

 

Kata Kunci : Analisa tingkat kualitas pelayanan diklat, Servqual, Diklat, Analisa gap

References


Hardaiyati, R., Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan konsumen menggunakan jasa penginapan agrowisata kebun teh pagilaran, Skripsi Jurusan Ekonomi, Universitas Diponegoro, 2011.

Zulfikar, M., Analisa tingkat kenyamanan pelayanan konsumen pengguan jasa transprotasi dengan metode servqual, Pelita Informatika, Vol : IX, No : 1, Hal : 139 -142, 2014.

Mandasari, E., Sistem kepuasan konsumen terhadap restoran cepat saji melalui pendekatan data mining, Jurnal Generic, Vol : 6, No : 1, Hal : 25-28, 2014.

Tribowo, S., Ususlan peningkatan kualitas pelayanan pada kawasan wisata kawah putih perum perhutani jawa barat dan banten dengan menggunakan metode servqual, Reka Integra, Vol : 02, No : 02, Hal : 14 – 23, 2014.

Syofyan, E., Sistem Pendukung Keputusan untuk mengukur tingkat kualitas pelayanan menggunakan metode servqual, Skripsi Jurusan Teknik Informatika, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau, 2014.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.