Model Penunjang Keputusan Penentuan Prioritas Penerima Beasiswa Berbasis MCDM (Studi Kasus: STMIK Banjarbaru)

Fitriyadi Fitriyadi(1*),Ratna Fitriani(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v5i3.111

Abstract

Abstrak

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Banjarbaru merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang banyak diminati mahasiswa-mahasiswi Kalimantan Selatan yang setiap tahun selalu dipercaya pemerintah untuk menyalurkan beasiswa kepada mahasiswanya. Antara lain Beasiswa PPA dan Beasiswa BBP PPA Beasiswa ini diberikan pada mahasiswa yang berprestasi dan mahasiswa yang kurang mampu dengan harapan dapat membantu biaya pendidikannya. Namun dalam proses penetapan mahasiswa yang akan terpilih dari sejumlah yang memenuhi syarat, masih dilakukan dengan subjektif oleh pihak yang berwenang di Institusi, sehingga sering kali muncul kecemburuan sosial diantara mahasiswa tersebut.

Pada penelitian ini dibuat sebuah model sistem penetapan prioritas penerimaan beasiswa berbasis penilaian bobot kriteria untuk setiap parameter yang dinilai menggunakan metode  Multiple Criteria Decision Making (MCDM), yang dapat menentukan penerima beasiswa secara objektif.

Kata Kunci: Model Sistem, Multiple Criteria Decision Making / MCDM, Beasiswa Berprestasi/ PPA.

References


Kusumadewi S., Fuzzy Multi Criteria Decision Making. Jurnal Media Informatika, Vol. 3, No. 1, hal. :25-39, 2005.

Rosnelly R., Wardoyo R., Penerapan Fuzzy Multi Criteria Decision Making Untuk Diagnosa Penyakit Trofis. Prosiding pada Seminar Nasional Informatika 2011, UPN Veteran Yogyakarta, hal.: D21 – D26, 2011.

Ramadhanti, R. A., Prioritas Penanganan dan Pengembangan Kondisi Jalan Menggunakan Metode Fuzzy Multi Criteria Decision Making. Skripsi Jurusan Teknik Informatika, STMIK Banjarbaru, Banjarbaru, 2012.

Kusumadewi S., Multi-Attribute Decision Making (MADM), Graha Ilmu: Yogyakarta, 2006.

Helda R., Ruliah S., Muslihuddin, Penilaian Lomba Bank Sampah Award Menggunakan Metode Simple Additive Weighting, JUTISI, Vol. 4, No. 3, hal: 845-856, 2015.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.