Sistem Pakar Diagnosa Hama Dan Penyakit Cabai Berbasis Teorema Bayes

Abul Aziz Muslim(1*),Rintana Arnie(2),Sushermanto Sushermanto(3)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(3) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v4i3.107

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pakar guna mendiagnosa hama dan penyakit pada tanaman cabai menggunakan Metode Teorema Bayes, dengan memperhatikan gejala-gejala yang dialami oleh tanaman cabai. Hama dan Penyakit yang akan dibahas terdiri dari 6 jenis, yaitu : Trips (Thrips parvispinus), Lalat buah (Bactrocera sp), Ulat daun/Ulat gerayak (Spodoptera litura), Kutu kebul, Virus keriting, Virus kuning (Gemini virus). Implementasi sistem ini berbasiskan website.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Teorema Bayes merupakan metode yang digunakan untuk mendiagnosa hama dan penyakit cabai dengan gejala-gejala yang sudah diberikan nilai gejala. Dimana nilai gejala didapatkan dari pakar.

Berdasarkan hasil uji pretest dan posttes hasil keakurasian adalah sebesar 100%.

Kata kunci: Sistem Pakar, Teorema Bayes, Cabai.

References


Arhami, M. (2005). Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakarta: PT Andi Yogyakarta.

Betha Sidik, H. I. (2012). Pemograman Web dengan HTML. Bandung: Informatika Bandung.

Yanti, P. (2014). Peramalan Produksi Cabe Besar Menggunakan Metode moving Averages. Banjarbaru: STMIK Banjarbaru.

Mistanti, A. (2014). Sistem Pakar Untuk Memprediksi Penyakit Pada Tanaman Cabai Menggunakan Metode Dempster Shafer. Medan: STMIK Budi Darma Medan.

Utami, A. W. (2015). Sistem Pakar Identifikasi Penyakit Tanaman Bawang Merah Menggunakan Metode Teorema Bayes. Jurnal Manajemen Inforamtika Volume 04 nomor 01 , 46-54.

Rahayu, Sri. (2013). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Gagal Ginjal Dengan Menggunakan Metode Bayes. Medan: STMIK Budi Darma Medan.

Mahendra, W. (2013). Penerapan Teorema Bayes untuk Identefikasi Penyakit pada tanaman Kedelai. 5.

Arhami, M. (2005). Konsep Dasar SIstem Pakar. Yogyakarta: PT Andi Yogyakarta.

Betha Sidik, H. I. (2012). Pemograman Web dengan HTML. Bandung: Informatika Bandung.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.