Penilaian Lomba Bank Sampah Award Menggunakan Metode Simple Additive Weighting

Desy Helda Riani(1),Ruliah Ruliah(2),Muslihudin Muslihudin(3*)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(3) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v4i3.105

Abstract

Metode Simple Additive Weighting (SAW) merupakan salah satu model yang dapat digunakan pada proses pengambilan keputusan dengan metode penjumlahan terbobot, salah satunya dalam penilaian Lomba Bank Sampah Award. Metode SAW digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari setiap kriteria berdasarkan bobot yang sudah ditentukan dan membantu dalam menetapkan prioritas yang selama ini belum akurat.

Kriteria yang digunakan adalah keberadaan bangunan sampah, fisik bangunan, tempat penyimpanan,  sistem pencatatan sampah, jumlah nasabah, struktur organisasi dan keberadaan pengurus, volume dan jenis sampah kering yang dikelola setiap bulannya. Dari kriteria tersebut didapatkan hasil berupa urutan (ranking) berdasarkan nilai tertinggi melalui aplikasi yang akan dirancang yaitu aplikasi Penilaian Lomba Bank Sampah Award Menggunakan Metode SAW.

Penerapan metode SAW untuk penilaian Lomba Bank Sampah Award kategori sekolah dalam penelitian ini berdasarkan 15 data kajian permasalah yang diambil pada tahun 2014 metode SAW hanya mampu memperbaiki 6 data (40%) dan untuk penilaian Lomba Bank Sampah Award kategori umum dalam penelitian ini berdasarkan 15 data kajian permasalah yang diambil pada tahun 2014 metode SAW hanya mampu memperbaiki 6 data (40%).

Kata kunci : Model, Simple Additive Weighting, Bank Sampah

 

References


Hermanto. (2012). Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan SAW Untuk Menentukan Jurusan Teknik Informatika, 8.

Maulana, (2012). Penilaian Kinerja Karyawan Di Ifun Jaya Textile Dengan Metode Fuzzy Simple Additive Weighted.

Nolva, R., (2014). Penilaian UKS Menggunakan Metode Simple Additive Weighting.

Kusuma, D., Hartanti, S., Harjoko, A., & Wardoyo, R. (2006). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.