Menelusuri Narasi Imunologi Melalui Eksplorasi Komik Augmented Reality Untuk Pendidikan Sekolah Dasar

Purwanto Saputro(1*),Zacklin Syahrani(2),Agustinus Sirumapea(3),Siti Maisaroh(4)
(1) Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
(2) Institut Teknologi & Bisnis Bina Sarana Global
(3) Institut Teknologi & Bisnis Bina Sarana Global
(4) Institut Teknologi & Bisnis Bina Sarana Global
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v21i2.2915

Abstract

This study developed innovative Augmented Reality (AR) comic-based learning media to facilitate elementary school students' understanding of immunology concepts. The main problems were the complexity of abstract immunology material and the limited availability of interactive media suitable for children. This study aimed to design media that combines visual comic narratives with AR technology to visualize biological processes interactively. The development of this media is carried out through a Research and Development (R&D) approach with the ADDIE stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The validation process involves experts and limited trials on 30 elementary school students. Results indicate 96.7% positive responses regarding ease of understanding and visual appeal, and 100% of students stated that AR animations clarified the concepts. The novelty lies in the integration of printed comics with interactive 2D animations based on AR markers, child-friendly character design, and a multisensory learning experience that combines visual, audio, and real-world interaction. The conclusion indicates that this medium is effective as an educational tool for science, while also providing a more immersive and enjoyable learning experience.

Keywords: Augmented Reality comic; Immunology education; Interactive learning media

Abstrak

Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran inovatif berbasis komik Augmented Reality (AR) untuk memudahkan pemahaman konsep imunologi pada siswa sekolah dasar. Permasalahan utama adalah kompleksitas materi imunologi yang abstrak dan keterbatasan media interaktif yang sesuai untuk anak-anak. Penelitian ini bertujuan merancang media yang menggabungkan narasi visual komik dengan teknologi AR untuk memvisualisasikan proses biologis secara interaktif. Pengembangan media ini dilakukan melalui pendekatan Research and Development (R&D) dengan tahapan ADDIE, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Proses validasi melibatkan pakar serta uji coba terbatas pada 30 siswa sekolah dasar. Hasil menunjukkan 96,7% respon positif terhadap kemudahan pemahaman dan ketertarikan visual, serta 100% siswa menyatakan animasi AR memperjelas konsep. Kebaruan terletak pada integrasi komik cetak dengan animasi 2D interaktif berbasis marker AR, desain karakter ramah anak, dan pengalaman belajar multisensorial yang menggabungkan visual, audio, dan interaksi nyata. Simpulan menunjukkan media ini efektif sebagai alat edukasi sains, sekaligus menghadirkan pengalaman belajar yang lebih imersif dan menyenangkan.

Kata kunci: Komik Augmented Reality; Pendidikan imunologi; media pembelajaran interaktif

References


Salwa Sulaimah Nurhakim, Abdul Latip, and Shinta Purnamasari, “Peran Media Pembelajaran Komik Edukasi dalam Pembelajaran IPA: A Narrative Literature Review,” Jurnal Pendidikan MIPA, vol. 14, no. 2, pp. 417–429, Jun. 2024, doi: 10.37630/jpm.v14i2.1551.

S. W. Astuti, L. Luzyawati, and E. Yuliana, “Pengaruh media e-comic sistem imunitas manusia terhadap hasil belajar dan motivasi siswa,” Jurnal Edukasi dan Sains Biologi, vol. 5, no. 1, pp. 1–7, Jun. 2023, doi: 10.37301/esabi.v5i1.40.

J. R. Widayati, R. Safrina, and Y. Supriyati, “Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 654, Aug. 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.692.

E. N. Qorimah, W. C. Laksono, Y. M. Hidayati, and A. Desstya, “Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) pada Materi Rantai Makanan,” Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, vol. 5, no. 1, pp. 57–63, Apr. 2022, doi: 10.23887/jp2.v5i1.46290.

A. F. Jafar, “Pengembangan Komik Elektronik (E-Comic) Usaha Dan Pesawat Sederhana Kelas VIII MTS Negeri 6 Bulukumba,” AL-KHAZINI: Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 1, no. 1, pp. 1–18, Apr. 2021, doi: 10.24252/al-khazini.v1i1.20839.

S. Y. Erlangga, D. N. Setyawan, A. Wijayanti, E. A. Poort, and T. Taher, “Understanding Students’ Cognitive Processes: A Qualitative Study of the Influence of Culture-Based Comics on Analytical Skills in Thermodynamics,” SEMESTA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, vol. 3, no. 2, pp. 84–92, Jul. 2025, doi: 10.70115/semesta.v3i2.300.

S. W. Astuti, L. Luzyawati, and E. Yuliana, “Pengaruh media e-comic sistem imunitas manusia terhadap hasil belajar dan motivasi siswa,” Jurnal Edukasi dan Sains Biologi, vol. 5, no. 1, pp. 1–7, Jun. 2023, doi: 10.37301/esabi.v5i1.40.

W. Q. Ilahy, M. Sholeh, B. Subali, and N. Widiarti, “Literature Review of Research Trends in the Development of Canva-Based Interactive Learning Media for Elementary Schools Between 2019-2025,” Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, vol. 6, no. 3, pp. 1432–1447, Jul. 2025, doi: 10.51276/edu.v6i3.1254.

I. W. Yusa, A. Y. R. Wulandari, B. Tamam, I. Rosidi, M. Yasir, and A. Y. B. Setiawan, “Development of Augmented Reality (AR) Learning Media to Increase Student Motivation and Learning Outcomes in Science,” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, vol. 9, no. 2, pp. 127–145, Nov. 2023, doi: 10.21831/jipi.v9i2.52208.

A. R. Pradita, A. N. Aeni, and A. Sujana, “Pengaruh Media Augmented Reality Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV SDN Tegalkalong pada Materi Fotosintesis,” INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, vol. 13, no. 1, p. 1, Feb. 2024, doi: 10.20961/inkuiri.v13i1.83995.

J. Santoso, “Mengatasi Tantangan Keterlibatan Mahasiswa: Strategi Efektif untuk Menciptakan Lingkungan Belajar yang Menarik,” Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, vol. 14, no. 2, pp. 469–478, Dec. 2023, doi: 10.37304/jikt.v14i2.267.

L. Yang, W. Susanti, A. Hajjah, Y. N. Marlim, and G. Tendra, “Perancangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Teknologi Augmented Reality,” Edukasi: Jurnal Pendidikan, vol. 20, no. 1, pp. 122–136, Jun. 2022, doi: 10.31571/edukasi.v20i1.3830.

I. N. Q. Aini, A. Triayudi, and I. D. Sholihati, “Aplikasi Pembelajaran Interaktif Augmented Reality Tata Surya Sekolah Dasar Menggunakan Metode Marker Based Tracking,” Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 4, no. 1, p. 178, Jan. 2020, doi: 10.30865/mib.v4i1.1875.

B. H. Mukti and B. Isdaryanti, “Pengembangan Komik Digital Berbantuan Augmented Reality untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Materi Lapisan Bumi Kelas V,” JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, vol. 5, no. 2, pp. 570–584, Jun. 2025, doi: 10.53299/jagomipa.v5i2.1703.

N. Nasution, Y. Darmayunata, and S. Wahyuni, “Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini berbasis Augmented Reality,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 6, pp. 6462–6468, Nov. 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i6.3408.

M.N. Maskuri, H.W. Herwanto, R. Firdaus, R.D. Jayanti, & H.D. Ratnasari, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Materi Mikrokontroler Mata Pelajaran Informatika di SMA Negeri 9 Malang. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 13, no. 3, pp. 2102-2113, 2024.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.