Efektivitas Game RPG Maker MV dalam Edukasi Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar

Amalia Putri Mardani(1*),Tiara Choirundhini Mawardi(2),Muhammad Iqbal Hanafri(3),Eka Uliyanti Putri Br Bangun(4)
(1) Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
(2) Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
(3) Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
(4) Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v21i2.2913

Abstract

Interactive 2D educational game based on RPG Maker MV is an innovative learning media that combines the concept of role-playing game (RPG) with educational material to create an interesting learning experience. The development of digital technology encourages the transformation of education, one of which is through interactive and accessible educational games. This research developed an environmental-themed game for elementary school students using the Luther-Sutopo version of the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method, which includes six stages: concept, design, material collection, manufacture, testing, and distribution.  Based on the calculation of the feasibility level, the level of respondent satisfaction obtained from filling out the questionnaire reached 91.81% of the total 40 respondents. This finding proves that this 2D educational game is effective in increasing learning motivation, understanding environmental concepts, and fostering positive student behavior. Thus, the development of RPG Maker MV-based games using MDLC can be an innovative solution to create more interactive and effective learning at the elementary school level.

Keywords: 2D educational game; RPG Maker MV; Environmental awareness; Elementary school.   

Abstrak

Game edukasi 2D interaktif berbasis RPG Maker MV adalah media pembelajaran inovatif yang menggabungkan konsep Role-Playing Game (RPG) dengan materi edukasi untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik. Perkembangan teknologi digital mendorong transformasi pendidikan, salah satunya melalui game edukasi yang interaktif dan mudah diakses. Penelitian ini mengembangkan game bertema lingkungan untuk siswa SD menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) versi Luther-Sutopo, yang meliputi enam tahap: konsep, desain, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi.  Berdasarkan hasil perhitungan tingkat kelayakan, tingkat kepuasan responden yang diperoleh dari pengisian kuesioner mencapai 91,81% dari total 40 responden. Temuan ini membuktikan bahwa game edukasi 2D ini efektif dalam meningkatkan motivasi belajar, pemahaman konsep lingkungan, dan menumbuhkan perilaku positif siswa. Dengan demikian, pengembangan game berbasis RPG Maker MV menggunakan MDLC dapat menjadi solusi inovatif untuk menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif di tingkat sekolah dasar.

Kata kunci: Game edukasi 2D; RPG Maker MV; Kepedulian lingkungan; Sekolah dasar.  

References


S. Khoerunisa, “Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik dalam Penerapan Eco Literacy untuk Mendukung ESD di Sekolah Dasar,” J. Penelit. Pendidik., vol. 24, no. 1, pp. 10–19, 2024.

M. J. Stern et al., “The Effectiveness of Environmental Education for Promoting Elementary Students' Environmental Literacy,” J. Environ. Educ., vol. 53, no. 1, pp. 23–37, 2022.

H.A. Putri, & M. Romadhona, “Inovasi Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Kesadaran Lingkungan di Sekolah dalam Pemilahan Sampah organik dan anorganik di Desa Penanggungan. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, vol. 2, no. 4, pp. 146-156, 2023.

S. Suwandi, I. Syafrinal, W.J. Lestari, & T. Turini, “Peningkatan minat dan motivasi belajar melalui'games edukasi'di Rumah Belajar YKBS Cirebon. Jurnal Pengabdian UCIC, vol. 1, no. 1, pp. 51-58, 2022.

A. R. Rasyid, R. I. Iswari, P. Marwoto, and Rinto, “The effectiveness of mobile learning Role Play Game (RPG) Maker MV in improving students’ critical thinking ability,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1567, no. 4, p. 042025, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1567/4/042025.

R. Fitriani and A. Ramadhan, “Pengaruh penggunaan game RPG Maker MV terhadap peningkatan pemahaman materi lingkungan hidup,” J. Teknol. Pendidik. Indones., vol. 11, no. 2, pp. 120–130, 2021.

S. Lee and J. Park, “RPG Maker MV for Educational Game Development: A Case Study in Elementary Science Learning,” J. Educ. Technol. Syst., vol. 49, no. 3, pp. 345–360, 2021.

X. Chen et al., “Designing Narrative-Based Educational Games Using RPG Maker: Impacts on Student Engagement,” Comput. Educ., vol. 185, p. 104521, 2022.

D. K. Sari and R. Wulandari, “Menanamkan nilai kepedulian lingkungan melalui media digital interaktif di sekolah dasar,” J. Pendidik. Karakter, vol. 14, no. 1, pp. 75–88, 2023.

A. D. Lestari and D. Kurniawan, “Pengembangan Game Edukasi Berbasis RPG Maker MV dalam Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Siswa SD,” J. Teknol. Pendidik., vol. 10, no. 2, pp. 115–124, 2022, doi: 10.23887/jtp.v10i2.51234.

R. E. Mayer, Multimedia Learning, 2nd ed., Cambridge: Cambridge University Press, 2019.

S. Ramadhani et al., “Environmental Awareness Among Elementary Students: A National Survey,” J. Basic Educ. Res., 2023.

M. Huda and F. Rahman, “Pengaruh media game edukatif 2D terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar,” J. Teknol. Pendidik, vol. 24, no. 1, pp. 45–56, 2022.

D. K. Sari and R. Wulandari, “Menanamkan nilai kepedulian lingkungan melalui media digital interaktif di sekolah dasar,” *J. Pendidik. Karakter*, vol. 14, no. 1, pp. 75–88, 2023.

A. D. Lestari and D. Kurniawan, “Pengembangan Game Edukasi Berbasis RPG Maker MV dalam Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Siswa SD,” J. Teknol. Pendidik, vol. 10, no. 2, pp. 115–124, 2022.

R. A. Putri, “Digital Game-Based Learning for Elementary Schools,” Tesis, Universitas Negeri Jakarta, 2023.

S. Purwanti, R. Astuti, J. Jaja, & R. Rakhmayudhi, “Application of the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Methodology to Build a Multimedia-Based Learning System. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), vol. 5, no. 1, pp. 2498-2506, 2022.

A.R. Hanisa, “Desain Permainan Edukatif yang Mengintegrasikan Aspek Kesadaran Lingkungan dalam Pembelajaran Fisika. In Prosiding Seminar Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1, No. 1, pp. 101-108, 2023.

A.L Praja, & W.S. Huda, “Pengembangan Game Edukasi Pemilahan Sampah Berbasis Unity Menggunakan Metode MDLC. Al-Faqih: Jurnal Ilmu Sosial dan Teknik, vol. 1, no. 3, pp. 1-15, 2023.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.