Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan UD Sarin Gumi

I Putu Krisna Widyasatrya Dhananjaya(1*),Made Irma Dwiputranti(2),I Gusti Agung Prabandari Tri Putri(3)
(1) Primakara University
(2) Primakara University
(3) Primakara University
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v21i1.2527

Abstract

This research discusses the effect of Customer Relationship Management (CRM) on customer satisfaction at UD Sarin Gumi, a company in the agricultural trade and distribution sector. The problem faced is the unclear effectiveness of CRM in increasing customer satisfaction. This study aims to measure the relationship of CRM, represented by indicators of commitment, communication and service quality, with customer satisfaction assessed based on product, price and service. The methodology used is descriptive quantitative approach with data collection through questionnaires with 51 respondents, analyzed using simple linear regression with Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) version 26. The results showed that CRM has a significant influence on customer satisfaction, with a determination value of 68.2%, which confirms that most of the value of customer satisfaction is influenced by CRM. These results confirm that good CRM implementation can increase customer satisfaction and provide a strategic path for companies to strengthen customer relationships.

Keywords: Customer Relationship Management; Customer Satisfaction; Statistical Package for the Social Sciences

Abstrak

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap kepuasan pelanggan pada UD Sarin Gumi, perusahaan di sektor perdagangan dan distribusi pertanian. Masalah yang dihadapi adalah ketidakjelasan efektivitas CRM dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan CRM, yang diwakili oleh indicator komitmen, komunikasi dan kualitas layanan, dengan kepuasan pelanggan yagn dinilai berdasarkan produk, harga dan layanan. Metodologi yang digunakan adlaah pendeketana kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui kuesioner dengan 51 responden, dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dengan Statistical Package for the Social Sciences  (SPSS) versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CRM memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai determinasi sebesar 68,2%, yang menegaskan bahwa Sebagian besar nilai kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh CRM. Hasil ini menegaskan bahwa implementasi CRM yang baik dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memberikan jalur strategis bagi perusahaan untuk memperkuat hubungan pelanggan.

Kata kunci: Customer Relationship Management; Kepuasan pelanggan; Statistical Package for the Social Sciences           

References


N. Edwin Kiky Aprianto, “Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bisnis,” International Journal Administration, Business and Organization (IJABO) |, vol. 2, no. 1, pp. 1–7, Apr. 2021, doi: https://doi.org/10.61242/ijabo.21.152.

R. Syabania and N. Rosmawarni, “Perancangan Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Penjualan Barang Pre-Order Berbasis Website,” Jurnal Rekayasa Informasi, vol. 10, no. 1, pp. 44-49., Apr. 2021.

Imron Imron, “Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang,” Indonesian Journal on Software Engineering, vol. 5, no. 1, pp. 19–28, 2019.

S. F. Widyana and H. Firmansyah, “Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Sepatu Converse,” Jurnal Bisnis dan Pemasaran, vol. 11, no. 1, pp. 67–82, Mar. 2021, doi: https://doi.org/10.32815/jitika.v17i1.890.

A. Putranto, A. Santoso Budiwidjojo Putra, N. Hikmah, S. Imanirubiarko, and S. Purwati, “Program Pelatihan Analisis Data Menggunakan Aplikasi Spss Dalam Penyusunan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Internasional,” Communnity Development Journal, vol. 4, no. 5, pp. 10146–10153, Nov. 2023.

T. Ismail and R. Yusuf, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Gegerkalong Di Kota Bandung,” Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), vol. 5, no. 3, pp. 413–423, Sep. 2021, doi: https://doi.org/10.31955/mea.v5i3.1479.

Y. Promanjoe, “Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Keripik Suher,” Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, vol. 6, no. 3, pp. 198–206, Aug. 2021, doi: https://doi.org/10.37715/jp.v6i3.2374.

E. Rahayu, W. Mariatul Kifti, and Rohminatin, “Analisis Implementasi Customer Relationship Management Pada Safira Bakery,” Journal of Science and Social Research, vol. 1, pp. 37–42, Feb. 2022, doi: https://doi.org/10.54314/jssr.v5i1.812.

R. Sari and Raymond, “Pengaruh Crm Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Online Shope Joshstore Batam,” Jurnal Ilmiah Mahasiswa, vol. 4, no. 4, p. xx, Jan. 2021.

I. Jayusman, O. Agus, and K. Shavab, “Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah,” Jurnal Artefak, vol. 7, no. 1, pp. 13–20, Apr. 2020, doi: http://dx.doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180.

M. Yani Balaka and F. Abyan, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Cetakan pertama. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung, 2022. [Online]. Available: www.penerbitwidina.com

N. Kadek et al., “Analisis Behavioral Intention dan Use Behavior Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Pada UMKM Dengan Metode UTAUT 2 di Kota Denpasar,” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, vol. 17, no. 1, pp. 67–82, Jan. 2023, doi: https://doi.org/10.32815/jitika.v17i1.890.

M. Gita Indrawan, Raymond, and D. Lestari Siregar, “Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Smartphone Samsung Di Kota Batam,” Jurnal EKOBISTEK, vol. 10, no. 2, pp. 81–87, Apr. 2021.

Firdausya F A and Indawati R, “Perbandingan Uji Glejser Dan Uji Park Dalam Mendeteksi Heteroskedastisitas Pada Angka Kematian Ibu Di Provinsi Jawa Timur Tahun 2020,” Jurnal Ners, vol. 7, no. 1, pp. 793–796, Apr. 2023, doi: https://doi.org/10.31004/jn.v7i1.14069.

I. M. Gusti, S. Gayatri, and A. S. Prasetyo, “Pengaruh Umur, Tingkat Pendidikan dan Lama Bertani terhadap Pengetahuan Petani Mengenai Manfaat dan Cara Penggunaan Kartu Tani di Kecamatan Parakan,” Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, vol. 19, no. 2, pp. 209–221, Feb. 2022, doi: 10.36762/jurnaljateng.v19i2.926.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.