Pengembangan Aplikasi Pengaduan dan Monitoring Fasilitas Umum

Andika Fajar Zuliyanto(1*),Yuli Asriningtias(2)
(1) Universitas Teknologi Yogyakarta
(2) Universitas Teknologi Yogyakarta
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v14i3.3290

Abstract

Public facilities such as roads, street lights and drainage channels are vital elements that support the comfort and safety of the community. However, damage to these facilities is often not repaired immediately due to the lack of an integrated reporting and monitoring system. This study aims to design and develop a mobile and web-based public facility complaint and monitoring application that allows the community to report damage directly, along with the location, description, and photos. The system was developed using the Waterfall method, which includes needs analysis, design, implementation, testing, and maintenance. Testing results using Black Box Testing show that all features function according to specifications, including location-based reporting and real-time status monitoring.

Keywords: Public facilities; Reporting system; Mobile application; Digitization of public services; Monitoring.

Abstrak

Fasilitas umum seperti jalan, lampu penerangan, dan saluran drainase merupakan elemen vital yang menunjang kenyamanan dan keselamatan masyarakat. Namun, kerusakan pada fasilitas tersebut sering kali tidak segera diperbaiki karena belum adanya sistem pelaporan dan pemantauan yang terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi pengaduan dan monitoring fasilitas umum berbasis mobile dan web yang memungkinkan masyarakat melaporkan kerusakan secara langsung disertai lokasi, deskripsi, dan foto. Pengembangan sistem dilakukan menggunakan metode Waterfall yang meliputi analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil pengujian menggunakan Black Box Testing menunjukkan bahwa seluruh fitur berfungsi sesuai spesifikasi, termasuk pelaporan berbasis lokasi dan pemantauan status secara real-time.

 

Keywords


Fasilitas umum; Sistem pelaporan; Aplikasi mobile; Digitalisasi layanan publik; Pemantauan.

References


A. M. Safitri dan L. Safi'iyah, "Perlindungan Konsumen dalam Layanan Umum: Analisis Regulasi dan Implementasi Kebijakan terhadap Hak-Hak Konsumen," Forschungforum Law Journal., vol. 2, no. 3, pp.282-291, 2025.

V. Aprilina, T. Dompak, L. Salsabila, dan K. T. Lodan, "The Role Of Digitalization In Enhancing Public Service Efficiency:Challenges And Opportunities In Managing Public Complaints Through E-Government In Indonesia," International Journal of Social Welfare and Family Law., vol. 2, no. 1, pp.57-66, Februari 2025.

R. Fakhriyah, N. Kencana, dan M. Q. Kariem, "Efektivitas Penerapan Inovasi Pelayanan Publik Dalam Pengembangan E-goverment ( Studi Kasus Aplikasi Sp4n Lapor! Di Provinsi Sumatera Selatan )," Jurnal Pemerintahan dan Politik., vol. 7, no.3, pp.48-54, Agustus 2022.

H. Arip, I. Haryadi, K. Rizkyandra, dan I. Supriadi, "Sistem Monitoring Kerusakan Jalan Di Kota Bandung Berbasis Sistem Informasi Geografis (Studi Kasus: Kota Bandung)," Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika., vol. 8, no. 1, pp.48-59, Januari 2025.

S. T. Siska, A. Budiman, dan N. A. Nugraha, "Perancangan Aplikasi Pelaporan Kerusakan Fasilitas Umum Berbasis Mobile Web," Technologia., vol. 4,no. 2, pp.195 - 204, Juli 2025.

A. Wantoro, S. Samsugi, dan M. J. Suharyanto, "Sistem Monitoring Perawatan dan Perbaikan Fasilitas PT PLN (Studi Kasus : Kota Metro Lampung)," Jurnal Tekno Kompak., vol. 15, no. 1, pp.116 - 130. 2021.

B. R. Aminuddin dan M. Rais, "Perancangan Aplikasi Pengaduan Kerusakan Jalan Berbasis Geografic Information System (GIS)," Jurnal Ilmiah Teknik Industri Dan Inovasi., vol. 1, no. 2, pp.26-34, April 2023.

M. I. E. Fauzi, F. Sari, S. F. Mahmud, dan N. Wiroto, "Sistem Informasi Pelaporan Kerusakan Instalasi Sarana dan Prasarana Berbasis Web Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Dumai," Jurnal Unitek., vol. 16, no. 1, pp.125-133, Januari - Juni 2023.

B. A. Nugroho dan F. E. Fayyedh, "Rancang Bangun Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Payung Sekaki Pekanbaru Berbasis Web," Ijirse: Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering., vol. 4, no. 2, pp.157-168, September 2024.

P. Firmansyah, E. Purwanto, and S. Sumarlinda, "Sistem Informasi Pengaduan Kerusakan dan Maintenance Peralatan di Rumah Sakit Umum Astrini Berbasis Web" In Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Bisnis, Surakarta. 664-671, 18 Juli 2024.

F. Marwati dan S. Farizy, "Perancangan Sistem Informasi Pengajuan Cuti Karyawan Menggunakan Metode Waterfall Berbasis Web," Jurnal Informatika Utama., vol. 3, no. 1, pp.102-111, Mei 2025.

H. S. Hadi, W. Yahyan, dan M. Sabriani, "Penerapan UML dan Metode Waterfallpada Sistem Pelacakan Sertifikat Tanah Berbasis Web," Journal of Informatics Management and Information Technology., vol. 5, no. 3, pp.292-301, July 2025.

B. R. Trilaksono , H. Riza, A. Jarin, N. D. S. Darmayanti, and S. Liawatimena, Prosiding Use Cases Artificial Intellligence Indonesia. Jakarta Pusat: Penerbit Brin, 2023.

Rahmat. Usman. dan Nasaruddin, "Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Periklanan Rumah Berbasis Mobile," In Prosiding Seminar Ilmiah Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi., Makassar. 89-97, 11 Maret 2025.

C. Nisa, A. Wijaya, and F. Rizal, Teori Uml Dan Implementasi Praktek Panduan Untuk Pengembangan Perangkat Lunak. Probolinggo: Cv Bravo Prees Indonesia, 2024.

D. S. Sembiring, M. D. Irawan, dan Y. H. Siregar, "Pengembangan Aplikasi Mobile Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat dengan Pendekatan Waterfall dan Pengujian Black Box," Jurnal Garuda Pengabdian Kepada Masyarakat., vol. 2, no. 2, pp.66-78, September 2024.

L. Y. R. Ramadhan, dan C. D. Lestari, "Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Aset Di Puskesmas Bungursari Dengan Metode Rad Berbasis Web," Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika., vol. 9, no. 5, pp.9122-0127, Oktober 2025.

L. I. Uzlah, F. S. Toruntju, A. F. Ramadhan, A. A. Ambiyah, L. O. P. Aqsan, dan J. Nangi, "Pengembangan Webgis Interaktif Untuk Pemetaan Dan Analiis Spasial Faslitas Umum Di Kota Kendari Menggunakan Leatfet.js," Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika., vol. 9, no. 5, pp.7682-7689, Oktober 2025.

C. M. Mauni, "Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Pemerintah Daerah Jawa Timur," Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora., vol. 3, no. 1, pp.104-115, Januari - Juni 2025.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: File PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.