Model Penerimaan Sistem E-purchasing: Analisis Peran Kepercayaan dan Keamanan Pengguna

Rifki Iskandar(1*),Tri Suratno(2),Yolla Noverina(3)
(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v14i3.3251

Abstract

E-purchasing System Acceptance Model: Analysis of the Role of User Trust and Security. The adoption of local Business-to-Government (B2G) E-purchasing platforms faces challenges, as indicated by a decline in new user registrations. This study aims to analyze the influence of User Trust and Perceived Security on the Behavioral Intention to Use the Parto.id platform, extending the Technology Acceptance Model (TAM). This quantitative study surveyed 100 seller partners in Jambi City. Data were analyzed using Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). The findings reveal that Perceived Usefulness and User Trust significantly and positively influence Behavioral Intention to Use. However, Perceived Security was found to have no significant direct effect on user intention. The results highlight that User Trust is a more crucial determinant than Perceived Security in the adoption of B2G E-purchasing systems, suggesting that security is considered a standard prerequisite. Platform providers should prioritize trust-building initiatives to enhance user adoption.

Keywords: Technology Acceptance Model; User Trust; Perceived Security; E-purchasing; B2G System.

Abstrak

Model Penerimaan Sistem E-purchasing: Analisis Peran Kepercayaan dan Keamanan Pengguna. Adopsi platform E-purchasing lokal Business-to-Government (B2G) menghadapi tantangan yang ditunjukkan dengan adanya penurunan jumlah pendaftar pengguna baru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan pengguna dan persepsi keamanan terhadap niat perilaku untuk menggunakan platform Parto.id dengan memperluas Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian kuantitatif ini menggunakan survei terhadap 100 mitra penjual di Kota Jambi. Data dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemanfaatan dan kepercayaan pengguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku untuk menggunakan. Namun, persepsi keamanan ditemukan tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap niat pengguna. Hasil ini menyoroti bahwa kepercayaan pengguna merupakan faktor penentu yang lebih krusial dibandingkan persepsi keamanan dalam adopsi sistem E-purchasing B2G, yang mengindikasikan bahwa keamanan dianggap sebagai prasyarat standar. Penyedia platform harus memprioritaskan inisiatif pembangunan kepercayaan untuk meningkatkan adopsi pengguna.

 

Keywords


Technology Acceptance Model; Kepercayaan Pengguna; Persepsi Keamanan; E-purchasing; Sistem B2G.

References


A. Awa, A. Riyanti, and A. Safari, “Eksplorasi Model Bisnis E-Commerce dan Penerapannya pada Industri Pariwisata,” Tour. Sci. J., vol. 10, no. 1, pp. 103–129, 2024, doi: 10.32659/tsj.v10i1.401.

S. A. Khumaira, “Penerapan E-Procurement Dengan Metode E-Purchasing Dalam Pengadaan Barang Dan Jasa PemerintAH,” Musytari J. Manajemen, Akunt. dan Ekon., vol. 17, no. 1, pp. 1–8, 2025, doi: DOI : 10.8734/mnmae.v1i2.359.

H. Hasnawiyah, & M. Ulfa, "Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Edumu Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (Studi Kasus: SMK Muhammadiyah I Palembang). Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 12, no. 3, pp. 1556-1567, 2023, doi:http://dx.doi.org/10.35889/jutisi.v12i3.1573.

E. Ismagilova, L. Hughes, N. P. Rana, and Y. K. Dwivedi, “Security, Privacy and Risks Within Smart Cities: Literature Review and Development of a Smart City Interaction Framework,” Inf. Syst. Front., vol. 24, no. 2, pp. 393–414, 2022, doi: 10.1007/s10796-020-10044-1.

M. Ramkumar, T. Schoenherr, S. M. Wagner, and M. Jenamani, “Q-TAM: A quality technology acceptance model for predicting organizational buyers’ continuance intentions for e-procurement services,” Int. J. Prod. Econ., vol. 216, no. March 2018, pp. 333–348, 2019, doi: 10.1016/j.ijpe.2019.06.003.

A. Brandon-Jones and K. Kauppi, “Examining the antecedents of the technology acceptance model within e-procurement,” Int. J. Oper. Prod. Manag., vol. 38, no. 1, pp. 22–42, 2018, doi: 10.1108/IJOPM-06-2015-0346.

M. Odi and E. Suryani, “Acceptance Analysis of The East Java Province E-Procurement System Using TAM Method,” IPTEK J. Technol. Sci., vol. 31, no. 2, pp. 127–128, 2020, doi: 10.12962/j20882033.v31i2.5641.

E. Fatmawati, “Technology Acceptance Model (TAM) Untuk Menganalisis Penerimaan Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan,” J. Iqra’, vol. 9, no. 01, pp. 1–13, 2015.

I. M. A. A. Pering, “Abstrak Jurnal Satyagraha,” J. Satyagraha, vol. 03, no. 02, pp. 28–48, 2021.

H. Sukmawati et al., “Penerimaan dan Penggunaan Layanan Mobile Banking Perbankan Syariah: Ekstensi Technology Acceptance Model,” J. Ilm. Ekon. Islam, vol. 7, no. 03, pp. 1845–1857, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jiedoi:http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v7i3.3615

A. Aziziyah, “Peranan Persepsi Manfaat sebagai Mediasi dalam Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan terhadap Penggunaan E-Commerce pada Aplikasi Traveloka,” J. Ilmu Manaj., vol. 9, no. 1, pp. 205–206, 2021, doi: 10.26740/jim.v9n1.p205-216.

L. P. S. Hartanti, “Pendekatan Technology Acceptance Model Dalam Analisis Penerimaan Teknologi (Studi Kasus Pada Pengguna Mobile Payment),” Bul. Profesi Ins., vol. 4, no. 1, pp. 1–6, 2021, doi: 10.20527/bpi.v4i1.91.

Rosmasari, G. M. Putra, and M. Farid, “Penerapan Metode Technology Acceptance Model (TAM) untuk Menganalisis Penerimaan Aplikasi BRImo,” J. Rekayasa Teknol. Inf., vol. 8, no. 2, pp. 144–153, 2024, [Online]. Available: https://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF/article/view/14687

H. A. R. Zudiah, Y. Tyroni Mursityo, and D. Cahya Astriya Nugraha, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intention To Use Pada Aplikasi Tokopedia Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Termodifikasi,” J. Sist. Informasi, Teknol. Informasi, dan Edukasi Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 50–61, 2024, doi: 10.25126/justsi.v5i1.398.

Z. Y. Firdaus, D. Krisbiantoro, and F. N. Afiana, “Penggunaan Aplikasi Dompet Digital Menggunakan Technology Acceptane ModeL ( TAM ) Abstraksi Keywords : Pendahuluan Tinjauan Pustaka,” J. Inf. Syst. Manag., vol. 3, no. 2, pp. 56–62, 2022.

L. D. Hermawann, K. Komariah, and R. D. M. Danial, “Analisis Minat Menggunakan Bri Mobile (Survei Pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kota Sukabumi),” E-Jurnal Ekon. dan Bisnis Univ. Udayana, vol. 9, no. 6, pp. 525–526, Jun. 2020, doi: 10.24843/EEB.2020.v09.i06.p03.

L. Robaniyah and H. Kurnianingsih, “Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan Dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Ovo,” Image J. Ris. Manaj., vol. 10, no. 1, pp. 53–62, 2021, doi: 10.17509/image.v10i1.32009.

M. Andika Sari, R. Listiawati, Novitasari, and R. Vidyasari, “Analisa Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet (Studi Kasus Produk Gopay Dan Link Aja Pada Masyarakat Pengguna Di Wilayah Jabodetabek),” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 18, no. 2, pp. 126–134, 2019, doi: DOI: 10.32722/eb.v18i2.2493.

A. Hikmah and R. Nurlinda, “Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Keamanan Terhadap Niat Menggunakan Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Aplikasi Dompet Digital DANA,” J. if Manag. Creat. Bus., vol. 1, no. 4, pp. 181–201, 2023, doi: doi.org/10.30640/jmcbus.v1i4.1433.

J. R. Gultom, I. Setyawan, and R. Laksono, “Peran kepercayaan dalam memediasi efek persepsi kemudahan dan persepsi nilai digital pada niat penggunaan kontinu e-payment,” Mediastima, vol. 29, no. 1, pp. 54–70, 2023, doi: doi.org/10.55122/mediastima.v29i1.707.

Nurhayati and A. Gunawan, “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Fintech dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening pada Generasi Kota Medan,” Al-Kharaj J. Ekon. Keuang. dan Bisnis Syariah, vol. 6, no. 5, pp. 5285–5303, 2024, doi: 10.47467/alkharaj.v6i5.2267.

G. Gunadi and K. I. Sudaryana, “Analisa Tingkat Penerimaan Aplikasi Scratch Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM),” Infotech J. Technol. Inf., vol. 7, no. 1, pp. 55–62, 2021, doi: doi.org/10.37365/jti.v7i1.101.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: File PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.