Rekayasa Ulang Proses Penjualan Pada Bakery Resep Nenek Menggunakan Notasi BPMN
Abstract
This study aims to analyze and redesign the business processes in Bakery Resep Nenek, which still relies on manual processes in product sales. By implementing Business Process Reengineering, which is described through the Business Process Model and Notation, the research focused on identifying process obstacles and implementing information technology-based solutions. Data was obtained from interviews and documentation, followed by system testing to evaluate how effective the proposed design is. The test results show that implementation of a web-based system can increase the efficiency of the product sales process, from the initial 43% to 100%. The manual processes that was previously the main obstacle in business operations was successfully optimized throughp the automation of order recording and reporting. With this structured system, the business process becomes fast, accurate, and has minimal errors. The conclusion of this study shows that information technology-based redesign has proven effective in accelerating operational processes and business competitiveness.
Keywords: Business Process; Business Process Reengineering; Business Process Model and Notation; Information Technology
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan membuat rancangan ulang pada proses bisnis di Bakery Resep Nenek yang masih mengandalkan proses manual dalam penjualan produk. Dengan menerapkan Business Process Reengineering, yang digambarkan melalui Business Process Model and Notation, penelitian berfokus pada identifikasi hambatan proses dan penerapan solusi berbasis teknologi informasi. Data diperoleh dari wawancara dan dokumentasi, dilanjutkan pengujian sistem untuk mengevaluasi seberapa efektif rancangan yang diusulkan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penerapan sistem berbasis web dapat meningkatkan efisiensi proses penjualan produk dari yang awalnya 43% menjadi 100%. Proses manual yang sebelumnya menjadi hambatan utama dalam operasional bisnis berhasil dioptimalkan melalui otomatisasi pencatatan pesanan dan pelaporan. Dengan sistem yang terstruktur ini, proses bisnis menjadi cepat, akurat, dan minim kesalahan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan rancangan ulang berbasis teknologi informasi terbukti efektif untuk mempercepat proses operasional dan daya saing bisnis
Keywords
References
M. Ainur, B. Rohman, W. Suharso, and E. D. Wahyuni, “Business Process Reengineering Sistem Laporan Harian Kru Jalan Pada PO.Pelita Mas,” Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI), vol.8, no.1, pp. 215-229, Mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30645/j-sakti.v8i1.780.
S. Juniyanti, I. Nuryasin, and W. Suharso, “Business Process Reengineering Pada PT Cahaya Mega Grup Tour Travel,” REPOSITOR, vol. 5, no. 3, pp. 767–784, Aug. 2023, [Online]. Available: https://ejournal.umm.ac.id/index.php/repositor/article/view/32072
D. S. Oetomo and R. F. Ramdhani, “Usulan Perbaikan Proses Bisnis Departemen J20 di PT Indorama Synthetics Tbk dengan Menggunakan Metode Business Process Reengineering,” Jurnal Media Teknik dan Sistem Industri, vol. 5, no. 2, p. 63, Sep. 2021, doi: 10.35194/jmtsi.v5i2.1416.
A. Nashrullah and W. Suharso, “Rekayasa Ulang Proses Bisnis Pada Usaha Konveksi Fasco Di Kota Malang,” Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika (JURASIK), vol. 9, no. 2, pp. 555–568, Aug. 2024, [Online]. Available: https://tunasbangsa.ac.id/ ejurnal/index.php/jurasik
M. Diah, P. Pramitadewi, N. Kadek, and D. Rusjayanthi, “Business Process Reengineering at Bakery X with the Odoo Application Implementation,” Internasional Journal of Computer Applications Technology and Research, vol. 9, no. 01, pp. 27-32, 2020. [Online]. Available: doi: 10.7753/IJCATR0901.1005
I. K. Suabdinegara, G. A. Ayu Putri, and I. M. S. Raharja, “Reengineering Proses Bisnis Toko Oleh-Oleh Menggunakan Enterprise Resource Planning Odoo 13 dengan User Acceptance Test sebagai Metode Pengujian Sistem,” Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 5, no. 4, p. 1488, Oct. 2021, doi: 10.30865/mib.v5i4.3271.
C. C. Haerudin and Y. Devianto, “Pemodelan Proses Bisnis Reengineering Menggunakan Business Process Modeling Notation (Studi Kasus PT. Agusta Dryer),” JATISI: Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 10, no. 3, pp. 270–280, Sep. 2023, [Online]. Available: https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jatisi/article/view/5437/1590
F. Hidayah and A. Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar, “69 Pemodelan Proses Bisnis Menggunakan Business Process Modelling Notation (BPMN) (Studi Kasus Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P2KM) Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar),” BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, vol. 5, no. 1, 2020, doi: 10.28926/brilliant.
D. T. Saputro, “Pembuatan Proses Bisnis Persiapan Material Untuk Produksi Dengan Business Process Modelling Notation (BPMN) Di Pabrik Generator Sets (GENSET) PT ABC,” Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, vol. 2, no. 1, pp. 23–38, Jan. 2021, [Online]. Available: https://jist.publikasiindonesia.id/index.php/jist/article/view/67
N. Apriliza, N. Raden Fatah Palembang, J. Pangeran Ratu, L. Ulu, and K. Jakabaring, “Penerapan BPMN Dalam Memperbaiki Transparansi Dan Proses Pada Sistem Informasi Manajemen Risiko (SIMANIS) Di PT Pupuk Sriwidjaja Palembang,” Seminar Nasional Amikom Surakarta (SEMNASA), vol. 2, pp. 1355–1363, Nov. 2024, [Online]. Available: https://ojs.amikomsolo.ac.id/index.php/semnasa/article/view/744/186
R. Khoiriyah, A. J. Priana, and J. Mertojoyo Blok L, “Implementasi Teknologi Business Process Model Notation (BPMN), Teks, Flowchart DAN Rich Picture Pada Bisnis Startup,” Jurnal Teknologi Informasi, vol. 4, no. 2, pp. 356–361, Dec. 2020, [Online]. Available: https://doi.org/10.36294/jurti.v4i2.1715
Tawar and P. Y. Pangestu, “Analisis dan Perbaikan Proses Bisnis dalam Perspektif Sistem Informasi,” Bincang Sains dan Teknologi, vol. 2, no. 01, pp. 30–40, Apr. 2023, doi: 10.56741/bst.v2i01.294.
B. Setio Wiyono, M. Z. Lilhaq, W. Suharso, and N. Ramadha, “Perancangan Dan Evaluasi Desain User Interface Prototype Aplikasi Manajemen Kandang PT XYZ,” Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 13, no. 2, pp. 919–931, Oct. 2024, doi: http://dx.doi.org/10.35889/jutisi.v13i2.1883.
S. Hansen, “Investigasi Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif Manajemen Konstruksi,” Jurnal Teknik Sipil, vol. 27, no. 3, p. 283, Dec. 2020, doi: 10.5614/jts.2020.27.3.10.
S. Saraswati, “Metode Bimbingan Penyuluhan Pada Anak Yang Membutuhkan Perlindungan Khusus (AMPK) Di Kabupaten Rejang Lebong,” Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam, IAIN Curup, Curup ,2023.
Z. Yusra, R. Zulkarnain, and Sofino, “Pengelolaan LKP Pada Masa Pendmik COVID-19,” Journal Of Lifelong Learning, vol. 4, no. 1, pp. 15–22, Jun. 2021, doi: https://doi.org/10.33369/joll.4.1.15-22.
F. F. Rozaqi, W. Suharso, and I. Nuryasin, “Business Process Reengineering Pada Perusahaan PDAM Kabupaten Mojokerto Untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis Perusahaan,” REPOSITOR, vol. 2, no. 5, pp. 635–648, May 2020, [online]. Available: https://ejournal.umm.ac.id/index.php/repositor/article/view/30629
G. Cahya Negara and M. Dachyar, “Improvement Banana Warehouse Operation using Business Process Reengineering,” Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, Rome, Italy, pp. 2132-2142, Aug. 2021. [Online]. Available: http://www.scopus.com/inward/record.url?scp=85126193394& partnerID=8YFLogxK
S. Hadiwijaya, “Optimalisasi Service Level Agreement Pembiayaan Mikro Dengan Aplikasi Briis Di Bank BRI Syariah Kantor Cabang Bekasi Menggunakan Pendekatan Metode Business Process Reengineering,” Indusrikrisna, vol. 11, no. 2, pp. 13–21, Sep. 2022, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.61488/industrikrisna.v11i2.57
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.