Rancangan Antarmuka Aplikasi Marketplace Inklusif Ramah Buta Warna
Abstract
Information technology influences various aspects of life, including shopping. Online shopping is a transaction process through digital media to buy or sell goods. The national prevalence of color blindness in 2007 was 7.4% of the population. However, some marketplace applications lack accessibility for color-blind users. This study aims to design a color-blind-friendly marketplace interface using inclusive design principles. A qualitative approach was used with Design Thinking (Empathize and Ideate stages) and Design Science methods. Data were collected through literature review, interviews, usability testing, and questionnaires. Usability testing results showed a total error time of 105 seconds, with similar patterns such as navigation difficulties and menu comprehension. However, the results of the questionnaire showed that 66.7% of respondents found the prototype very easy to use, while 33.3% felt the prototype of the application was quite easy to use. Based on feedback from interviews, usability testing, and questionnaires, most improvements focused on enhancing color contrast for better accessibility.
Keywords: Accessibility; Plugin; Prototype; Design Science; Design Thinking
Abstrak
Teknologi informasi memengaruhi aspek kehidupan, termasuk cara berbelanja. Belanja daring adalah proses transaksi melalui media digital untuk membeli atau menjual barang. Data prevalensi nasional buta warna pada tahun 2007 yaitu sebesar 7,4% dari populasi terpengaruh. Namun, beberapa aplikasi marketplace kurang memperhatikan aksesibilitas bagi penyandang buta warna. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka aplikasi marketplace ramah buta warna dengan prinsip desain inklusif. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode Design Thinking (tahap Empati dan Ideasi) serta Design Science. Data diperoleh melalui studi literatur, wawancara, usability testing, dan kuesioner. Hasil usability testing menunjukkan total kesalahan 105 detik, dengan pola kesalahan serupa seperti kesulitan navigasi dan pemahaman menu. Namun, Hasil Kuesioner mengatakan sebanyak 66,7% responden menyatakan prototipe sangat mudah digunakan, sementara 33,3% menyebut prototipe aplikasi cukup mudah digunakan. Berdasarkan masukan yang diperoleh dari hasil wawancara, usability testing, dan kuesioner, Sebagian besar perbaikan difokuskan pada peningkatan kontras warna untuk meningkatkan aksesibilitas bagi pengguna buta warna.
Keywords
References
S. Kusumaningsih, J. Sutopo, and F. Nurlaeli, Buku Panduan Marketplace. Jawa Timur, Dec. 2021.
N. Intan, N. Zuraya, “Kominfo: E-commerce tumbuh di atas 91 persen saat pandemi,” Republika.co.id, [Online]. Available: https://www.republika.co.id/berita/qshzxk370/kominfo-ecommerce-tumbuh-di-atas-91-persen-saat-pandemi.
N. Rifdah, R. Oktarianti, H. T. Wiyono, A. Lelono, and H. Nihayah, “Prevalensi Buta Warna pada Siswa Sekolah Dasar di Pulau Gili Ketapang Kabupaten Probolinggo”, Jurnal Ilmiah Biosaintropis (Bioscience-Tropic), vol. 7, no. 2, pp. 69–76, Mar. 2022. Doi: https://doi.org/10.33474/E-Jbst.V7i2.453.
C. Islamy, A. Azariah Salsabilla, “Perancangan Desain Antarmuka Website E-Commerce Butik Orlin Dengan Fitur Ramah Disabilitas Adhd Menggunakan Metode Design Thinking”, Jurnal Mnemonic, Vol. 7, No. 2, Pp. 249-256, Sep. 2024. Doi: https://doi.org/10.36040/Mnemonic.V7i2.10674
B. S. Salim, W. Sandy, “Implementasi metode design thinking dalam desain inklusif UI/UX aplikasi e-learning untuk buta warna parsial,” JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), vol. 15, no. 1, pp. 37–44, 2023. Doi: https://doi.org/10.18495/jsi.v15i1.118
A. Jamil, G. Denes, “Investigating Color Blind User Interface Accessibility via Simulated Interfaces,” *Computers*, vol. 13, no. 2, Art. no. 53, Jan. 2024. Doi: https://doi.org/10.3390/computers13020053.
M. Erkamim, F. Fitriyadi, and M. Rizal Fernandita Pamungkas, “Pengembangan Sistem Informasi Ramah Buta Warna Menggunakan Desain Inklusif bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi,” Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika (JURASIK), vol. 8, no. 2, pp. 351–360, 2023, [Online]. Available: https://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jurasik
S. P. Andrew, “Analisis dan Perancangan Antarmuka Situs Portal Belajar bagi Penyandang Dyschromatopsia,” Skripsi, Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta, 2023. [Online]. Available: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/7741
Fariyanto, Feri, and Faruk Ulum. “Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan).” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 2, no. 2, 2021, pp. 52–60, http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI.
P. Johannesson, E. Perjons, An Introduction to Design Science. Cham: Springer International Publishing, 2021.
E. L. Putra, J. Suseno, and D. Napitupulu, "Meningkatkan Kualitas Aplikasi Dengan Menggunakan Metode Design Science Research (DSR) Berdasarkan Analisis TRI dan TAM" Jurnal Pekommas, vol. 8, no. 2, hlm. 137–148, Desember 2023. Doi: https://doi.org/10.56873/jpkm.v8i2.5254
Fatoni, D. Permana, and A. R. Firmansyah, “User Interface Design Aplikasi Pelayanan di Kantor Desa Hegarmanah Berbasis Mobile Dengan Design Science Research Methodology (DSRM),” Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (JATI), vol. 7, no. 3, pp. 405–411, 2023. Doi: https://doi.org/10.36040/jati.v7i3.6988.
M. S. M. Ma’arif, “Perancangan UI/UX Website Informasi Wisata Wahana Alam Parung Menggunakan Metode Design Thinking,” Laporan penelitian, Universitas Siliwangi, 2024. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/386554769
S. Romdona, S. S. Junista, and A. Gunawan, "Teknik Pengumpulan Data: Observasi, Wawancara dan Kuesioner," JISOSEPOL: Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi dan Politik, vol. 3, no. 1, pp. 39–47, Jan. 2025. Doi: https://doi.org/10.61787/taceee75.
Fredicia, F. Leonarta. “Implementasi Rasio Kontras Warna Pada Aplikasi Uji Buta Warna 100-Hue Farnsworth-Munsell Berbasis Android” Techno.COM, Vol. 22, No. 3, Aug. 2023: 712-724. Doi: https://doi.org/10.33633/tc.v22i3.8430
F. C. Wardana, I. G. L. P. E. Prismana, “Perancangan Ulang UI & UX Menggunakan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Siakadu Mahasiswa Berbasis Mobile”, JEISBI, vol. 3, no. 4, pp. 1–11, Jul. 2022.
Ginting, Lit Malem, et al. “Perbandingan Metode Evaluasi Usability Antara Heuristic Evaluation Dan Cognitive Walkthrough.” Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), vol. 11, no. 2, Sept. 2021, pp. 146–57. Doi: https://doi.org/10.34010/ jamika.v11i2.5480.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.