Analisis Kepuasan Pengguna E-Learning SMAN 1 Blahbatuh dengan Metode EUCS
Abstract
E-Learning has become a primary necessity in supporting the learning process in various educational institutions, including SMAN 1 Blahbatuh. This study aims to analyze the user satisfaction level of E-Learning at SMAN 1 Blahbatuh using the End User Computing Satisfaction (EUCS) method. This method measures user satisfaction based on five key indicators: Content, Accuracy, Format, Ease of Use, and Timeliness. The research was conducted using a quantitative approach, utilizing electronic questionnaires distributed to students and teachers as samples. The results show that the indicators of Content, Format, Ease of Use, and Timeliness significantly influence user satisfaction, while the Accuracy indicator does not show a significant effect. Overall, the independent variables contribute 71.8% to user satisfaction. These findings provide strategic recommendations to improve the quality of the E-Learning system, focusing on aspects that significantly affect user experience. This research is expected to serve as a reference for developing more effective and efficient E-Learning, particularly at SMAN 1 Blahbatuh.
Keywords: E-Learning; End User Computing Statisfaction (EUCS); Quantitative; User Statisfaction.
Abstrak
E-Learning telah menjadi kebutuhan utama dalam mendukung proses pembelajaran di berbagai institusi pendidikan, termasuk SMAN 1 Blahbatuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna E-Learning di SMAN 1 Blahbatuh menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Metode ini mengukur kepuasan pengguna berdasarkan lima indikator utama: konten, akurasi, tampilan, kemudahan penggunaan, dan ketepatan waktu. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan kuesioner elektronik yang disebarkan kepada siswa dan guru sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator konten, tampilan, kemudahan penggunaan, dan ketepatan waktu berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, sementara indikator akurasi tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Secara keseluruhan, variabel independen berkontribusi sebesar 71,8% terhadap kepuasan pengguna. Temuan ini memberikan rekomendasi strategis untuk meningkatkan kualitas sistem E-Learning, dengan fokus pada aspek yang secara signifikan memengaruhi pengalaman pengguna. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan E-Learning yang lebih efektif dan efisien di masa mendatang khususnya pada SMAN 1 Blahbatuh.
Keywords
References
D. Karlina and D. R. Indah, “Perancangan User Interface dan User Experience Sistem Informasi E-learning Menggunakan Design Thinking,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 8, no. 3, pp. 580–596, Dec. 2022, doi: 10.28932/jutisi.v8i3.5412.
D. Adhitya, M. M. Bahar, H. Sutejo, and E. L. Tatuhey, “Analisa Kepuasan Pengguna E-Learning Universitas Sepuluh Nopember Papua Menggunakan Metode Servqual,” Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 13, no. 13, pp. 993–1004, 2024.
I. Irumas and J. N. Utamajaya, “Penerapan Metode EUCS Untuk Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi PNM Digi Karyawan,” Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), vol. 4, no. 1, pp. 101–108, Dec. 2022, doi: 10.47065/josyc.v4i1.2492.
A. Faradilla, D. Rosa Indah, and P. Eka Sevtiyuni, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Evaluasi Kepuasan Pengguna Pada Website CDC Unsri Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” Media Online, vol. 4, no. 3, pp. 1570–1577, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i3.1383.
F. V. B. Gallo and J. J. C. Tambotoh, “Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Flexible Learning Di Universitas Kristen Satya Wacana Menggunakan Pendekatan End User Computing Satisfication (EUCS),” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 8, no. 1, pp. 1146–1153, 2024.
R. Saputra and M. R. Sanjaya, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction,” Media Online, vol. 4, no. 2, pp. 792–802, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i2.1218.
D. A. Simaremare and A. Juniadi, “Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pengguna E-Learning Dengan Menggunakan End User Computing Satisfication (Eucs),” Jurnal Infortech, vol. 2, no. 2, pp. 250–257, Dec. 2020, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech250
A. Lattu, Sihabuddin, and W. Jatmiko, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penggunaan E-Learning Dengan Metode TAM DAN EUCS,” JURSISTEKNI (Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, vol. 4, no. 1, pp. 39–50, 2022.
G. Pujana, I. M. A. Pradnyana, and I. K. R. Artha, “Analisis Kepuasan Pengguna E-Rapor Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) DI SMP NEGERI 1 SUKASADA,” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), vol. 12, no. 1, pp. 57–66, 2023, [Online]. Available: http://ditpsmp.kemdikbud.go.id/erapor/
M. Agung and M. I. Nur, “End-User Computing Satisfaction Instrument: Assessment of Students’ Satisfaction Using E-Learning in Higher Education,” in Proceedings of the 2nd World Conference on Social and Humanities Research (W-SHARE 2022), Atlantis Press, Jul. 2023, pp. 182–190. doi: 10.2991/978-2-38476-084-8_25.
A. Muin, Metode Penelitian Kuantitatif, 1st ed., vol. 1. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2023.
M. Zaki and Saiman, “Kajian tentang Perumusan Hipotesis Statistik dalam Pengujian Hipotesis Penelitian,” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 4, no. 2, pp. 115–118, Mar. 2021.
N. A. Hidayah, E. Fetrina, and A. Z. Taufan, “Model Satisfaction Users Measurement of Academic Information System Using End-User Computing Satisfaction (EUCS) Method,” Applied Information Systems and Management (AISM), vol. 3, no. 2, pp. 119–123, 2020, [Online]. Available: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/aism
Y. Asni and D. Irfan, “Analisis Kepuasan Pengguna Dalam Pemanfaatan E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) DI SMK N 2 PARIAMAN,” JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, pp. 110–120, Mar. 2022, doi: 10.24036/javit.v2i1.75.
N. L. Rachmawati and D. Krisbiantoro, “Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Studi Kasus : Universitas Amikom Purwokerto),” Joism: Jurnal Of Information System Management, vol. 3, no. 1, pp. 2715–3088, 2021.
J. Putra, D. R. Indah, and Mgs. A. Firdaus, “Analisis Kepuasan Pengguna Pada E-Learning menggunakan Metode End User Computing Satisfaction,” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), vol. 12, no. 1, pp. 45–52, Mar. 2023, doi: 10.32736/sisfokom.v12i1.1575.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.