Analisis Usability pada Aplikasi Mobile JKN (Studi Kasus: Dosen Universitas Hasanuddin)
Abstract
As part of the national social security program, BPJS Kesehatan plays a crucial role in providing accessible and affordable healthcare services for the community. The Mobile JKN application aims to enhance the efficiency and accessibility of healthcare services. This study aims to analyze and evaluate the user satisfaction level of the Mobile JKN application within the lecturer community at Hasanuddin University using the End-User Computing Satisfaction (EUCS) and the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) methods as its primary approaches. The EUCS method analysis revealed that, overall, Mobile JKN users feel "Satisfied," with variabel scores ranging from 3.58 (Timeliness) to 4.1 (Ease of Use). Additionally, the UTAUT2 method analysis found that the variabel with the most significant influence on user satisfaction with the BPJS Kesehatan Mobile JKN application is facilitating condition (89.81%), followed by behavioral intention (82.59%) and performance expectancy (82.41%).
Keywords: Mobile JKN Application; End-User Computing Satisfaction; Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2; Snowball Sampling; Hasanuddin University Lecturers.
Abstrak
Sebagai program jaminan sosial nasional, BPJS Kesehatan memiliki peran krusial dalam menyediakan akses layanan kesehatan yang mudah dan terjangkau bagi masyarakat. Aplikasi Mobile JKN bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas layanan Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi tingkat kepuasan pengguna aplikasi Mobile JKN pada lingkungan dosen Universitas Hasanuddin menggunakan metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) dan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) sebagai metode utama penelitian ini. Hasil analisis metode EUCS menunjukkan bahwa secara keseluruhan, pengguna aplikasi Mobile JKN merasa Puas dengan setiap variabelnya berkisar antara 3,58 (Timeliness) hingga 4,1 (Ease of Use). Selain itu, hasil analisis metode UTAUT2 menunjukkan bahwa faktor atau variabel yang memiliki pengaruh terbesar terhadap tingkat kepuasan pengguna aplikasi BPJS Kesehatan Mobile JKN merupakan facilitating condition (89,81%), diikuti oleh behavioral intention (82,59%), dan performance expectancy (82,41%).
Keywords
References
S. Maddalena, “Digital 2024”, We Are Social Indonesia, 31 Januari 2024, [Online]. https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024/ [Diakses: 7 November 2024].
M. A. Hamdi, “Minat Penggunaan Aplikasi Mobile JKN Pada Peserta Jkn Di Bpjs Kesehatan Depok Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)”, Skripsi, Program Studi Kesehatan Masyarakat, UPN Veteran Jakarta, Jakarta, 2019.
M. M. Bali, “Peran Dosen Dalam Mengembangkan Karakter Mahasiswa”, Humaniora, Vol. 4, No. 2, pp.800-810, 2013.
N. H. Thanh and N. N. Anh, “The relationship between effective personality and occupational health of lecturers: An empirical assessment in vietnam”, Heliyon, Vol. 10, No. 1, pp.44-53, 2023.
T. S. Syamfithriani, R. Trisudarmo, and N. Mirantika, “Implementation of the UTAUT 2 Model to Analyze Acceptance and Use of E-Wallet Applications in Kuningan Regency”, Jurnal Tata Kelola dan Kerangka Kerja Teknologi Informasi, Vol. 10, No. 1, pp.44-53, 2024.
D. C. M. Pratama and K. D. Hartomo, “Implementasi End User Computing Satisfaction (EUCS) Dalam Pengukuran Kepuasan Pengguna Situs Web Badan Pertanahan Nasional”, Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, Vol. 8, No. 4, pp.2330-2340, 2021.
R. J. Fidharea and A. W. Utami, “Analisa Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Model UTAUT2 dan EUCS Terhadap Niat Perilaku Pada Aplikasi Appsheet”, Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, Vol. 4, No. 4, pp.208-222, 2023
F. Nabyla and R. S. C. Hariyono, “Desain Aplikasi Sistem Pendaftaran Online Menggunakan Smartphone Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan pada Rumah Sakit”, Journal of Information System, Vol. 4, No. 2, pp.168-177, 2019.
F. Widyatmoko, A. Syahid, and Junaedi, “Penyajian Data Dalam Tabel Distribusi Frekuensi Dan Aplikasinya Pada Ilmu Pendidikan”, Education and Learning Journal, Vol. 2, No. 1, pp.40-48, 2021.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung, 2013.
A. A. Santika, T. H. Saragih, Muliadi, D. Kartini, and R. Ramadhani, “Penerapan Skala Likert Pada Klasifikasi Tingkat Kepuasan Pelanggan Agen BRILink Menggunakan Random Forest”, Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, Vol. 11, No. 3, pp.405-411, 2023.
M. T. Hidayat, Q. Aini, and E. Fetrina, “Penerimaan Pengguna E-Wallet Menggunakan UTAUT 2 (Studi Kasus)”, Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Vol. 9, No. 3, pp.239-247, 2020.
A, Prasetio and W, Nursandi, “Analisis Minat Pengguna OTA Tiket.com di Indonesia Menggunakan Model Pendekatan Modifikasi UTAUT 2”, Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol. 11, No. 1, pp.36-54, 2022.
F. D. P. Anggraini, Aprianti, V. A. V. Setyawati, and A. A. Hartanto, “Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS untuk Uji Validitas dan Reliabilitas”, Jurnal Basicedu, Vol. 6, No. 4, pp. 6491-6504, 2022.
R. Slamet and S. Wahyuningsih, “Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Kerja”, Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 17, No. 2, pp. 51-58, 2022.
S. D. Purnamasari, F. Panjaitan, and T. Noviana, “Optimalisasi Penggunaan Media E-Learning pada Universitas XYZ menggunakan Model DeLone dan McLean”, Journal of Computer and Information Systems Ampera, Vol. 3, No. 3, pp.141-155, 2022.
A. Wahab, A. Syahid, and Junaedi, “Penyajian Data Dalam Tabel Distribusi Frekuensi Dan Aplikasinya Pada Ilmu Pendidikan”, Education and Learning Journal, Vol. 2, No. 1, pp.40-48, 2021.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.