Analisis Penerimaan Aplikasi Instagram Pada Generasi Z Menggunakan Pendekatan UTAUT 2
Abstract
With its high popularity, Instagram has become one of the main platforms for Generation Z, but there are challenges in understanding the acceptance pattern of this application among them. This research analyzes the acceptance of using Instagram applications in Generation Z by conducting theoretical tests using Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2). This research shows that factors such as Habit, Hedonic Motivation, and Price Value have a direct and indirect influence on Use Behavior through Behavioral Intentions. Other factors such as Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, and Facilitating Conditions do not have a significant impact on the behavior of Instagram application users. Of the 100 respondents, habit and hedonic motivation are significant in behavioral intention and use behavior, while price value is moderate. The model (SRMR 0.088) shows habit and entertainment motivation as the main factors of Instagram use, guiding developers and marketers to increase Gen Z engagement.
Keywords: Instagram; Gen Z; Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2
Abstrak
Dengan popularitasnya yang tinggi, Instagram menjadi salah satu platform utama bagi Generasi Z, namun terdapat tantangan dalam memahami pola penerimaan aplikasi ini pada kalangan tersebut. Penelitian ini membahas mengenai analisis penerimaan penggunaan aplikasi Instagram pada generasi Z dengan melakukan uji teori menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2). Penelitian ini menunjukkan bahwa faktor seperti Habit, Hedonic Motivation, dan Price Value memiliki pengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap Use Behavior melalui Behavioral Intentions. Faktor lain seperti Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, dan Facilitating Conditions tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap perilaku pengguna aplikasi Instagram. Dari 100 responden, Habit dan Hedonic Motivation signifikan terhadap Behavioral Intention dan Use Behavior, sementara Price Value moderat. Model (SRMR 0,088) menunjukkan kebiasaan dan motivasi hiburan sebagai faktor utama penggunaan Instagram, memberikan panduan bagi pengembang dan pemasar untuk meningkatkan keterlibatan Gen Z.
Kata kunci: Instagram; Gen Z; Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2
Keywords
References
H. Mubaroq dan Y. N. Hidayati, “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Dan Facebook Dalam Pembentukan Budaya Alone Together Pada Kalangan Remaja Di Desa Ambulu Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo,” POPULIKA, vol. 10, no. 2, pp. 54–61, Jul 2022, doi: 10.37631/populika.v10i2.497.
N. Nurhayati, B. Pitoweas, D. S. Putri, dan H. Yanzi, “Analisis Kepekaan Sosial Generasi (Z) Di Era Digital Dalam Menyikapi Masalah Sosial,” Bhineka Tunggal Ika Kaji. Teor. dan Prakt. Pendidik. PKn, vol. 7, no. 1, pp. 17–23, 2020, doi: 10.36706/jbti.v7i1.11415.
R. S. H. Prabowo dan T. Widodo, “Analisis penerapan model unified theory of acceptance and use of technology 2 (utaut2) pada adopsi penggunaan mobile payment jenius (studi kasus di kota bandung),” E-Proceeding Manag., vol. 8, no. 5, pp. 4323–4339, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index. php/management/article/view/15871
Muhammad Taufik Hidayat, Qurrotul Aini, dan Elvi Fetrina, “Penerimaan Pengguna E-Wallet Menggunakan UTAUT 2 (Studi Kasus),” J. Nas. Tek. Elektro dan Teknol. Inf., vol. 9, no. 3, pp. 239–247, 2020, doi: 10.22146/.v9i3.227.
N. Mardiana dan A. Faqih, “Model Sem-Pls Terbaik Untuk Evaluasi Pembelajaran Matematika Diskrit Dengan Lms,” BAREKENG J. Ilmu Mat. dan Terap., vol. 13, no. 3, hal. 157–170, 2019, doi: 10.30598/barekengvol13iss3pp157-170ar898.
D. Setiawan, “Analisis Sistem E-Dimas Universitas Jambi dengan Pendekatan HOT-FIT Model,” J. Sist. Inf. Bisnis , vol. 14, no. 1, pp. 1–11, 2024, doi: 10.21456/vol14iss1pp77-87.
V. Arvianto dan W. Usino, “Analisis Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Olibsifrs (Psak) 71 (Studi pada Bank Papua),” J. Indones. Sos. Teknol., vol. 2, no. 11, pp. 2082–2098, 2021, doi: 10.36418/jist.v2i11.271.
S. Nurhalizah, G. Kholijah, dan Z. Gusmanely, “Analisis Structural Equation Modeling Partial Least Square pada Kinerja Pegawai PT. Bank Pembangunan Daerah Jambi,” Indones. J. Appl. Stat., vol. 6, no. 2, pp. 125, 2024, doi: 10.13057/ijas.v6i2.78921.
R. A. Wibowo, “Pengaruh E-Word Of Mouth, Dan E-Service Quality Terhadap Repurchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening,” Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/74812
T. Mahfud dan H. Winnarko, “Analisis Penerimaan Teknologi Zoom dalam Pembelajaran Online Mahasiswa Selama Covid-19: Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM),” JSHP J. Sos. Hum. dan Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 1–17, Jan 2023, doi: 10.32487/jshp.v7i1.1620.
E. R. Arifianti, M. R. Junianto, dan A. T. D. Paksi, “Pengukuran Quality Of Service And Facilities terhadap Customer Satisfaction,” G-Tech J. Teknol. Terap., vol. 7, no. 2, pp. 646–653, Mar 2023, doi: 10.33379/gtech.v7i2.2382.
Teni dan Agus Yudiyanto, “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu,” J. Pendidik. Indones., vol. 2, no. 01, pp. 105–117, Jan 2021, doi: 10.59141/japendi.v2i01.73.
S. Sayyida, “Structural Equation Modeling (Sem) Dengan Smartpls Dalam Menyelesaiakan Permasalahan Di Bidang Ekonomi,” J. MISSY (Management Bus. Strateg., vol. 4, no. 1, pp. 6–13, 2023, doi: 10.24929/missy.v4i1.2610.
A. Ashadi, A. K. Hadi, dan W. Watono, “Pengaruh Rantai Pasok Terhadap Kinerja Penyedia Jasa Pembangunan Gedung Penunjang Akademik Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 2, pp. 5978–5992, 2023, [Daring]. Tersedia pada: https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1047/791
Venkatesh, Thong, dan Xu, “Consumer Acceptance and Use of Information Technology: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology,” MIS Q., vol. 36, no. 1, pp. 157, 2012, doi: 10.2307/41410412.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.