Implementasi Algoritma Fisher Yates Shuffle pada Bagan Undian Peserta Pertandingan Pencak Silat

Maulana Muhammad Rizky(1*),Asriyanik Asriyanik(2),Lelah Lelah(3)
(1) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(2) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(3) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v17i2.643

Abstract

 

Abstract. The manual lottery system in determining the scheme of contestants in the pencak silat championship causes the process to be ineffective and inefficient, so information technology assistance is needed. This paper presents an application model for determining the scheme of participants in a pencak silat match using a participant lottery chart system assisted by the Fisher Yates Shuffle algorithm. The application is tested using the blackbox testing method. The results of the application test in the process of randomizing the lottery of match participants showed a more effective and efficient process.

Keywords: Fisher Yates Shuffle Algorithm, Randomization, Participant Lottery Chart, Pencak Silat


Abstra. Sistem undi manual dalam menentukan skema peserta pertandingan pada kejuaraan pencak silat, menyebabkan proses menjadi tidak efektif dan tidak efisien, sehingga diperlukan bantuan teknologi informasi. Paper ini menyajikan model aplikasi untuk penentuan skema peserta pertandingan pencak silat menggunakan sistem bagan undian peserta berbantuan algoritma Fisher Yates Shuffle. Aplikasi diuji menggunakan motode pengujian blackbox testing. Hasil uji aplikasi dalam proses pengacakan undian peserta pertandingan menunjukkan proses yang lebih efektif dan efisien.

Kata kunci: Algoritma Fisher Yates Shuffle, Pengacakan, Bagan Undian Peserta, Pencak Silat

  



References


Andesa, K., & Nasution, T. Sistem Ujian Online Menggunakan Algoritma Fisher Yates Shuffle. SATIN-Sains dan Teknologi Informasi, 2020, 6(2): 67-74.

Annazili, A. H., & Qoiriah, A. Implementasi Algoritma Fisher-Yates Shuffle Dan Fuzzy Tsukamoto Pada Game Petualangan Si Thole Berbasis Android Menggunakan Game Engine Unity. Journal of Informatics and Computer Science (JINACS), 2020, 1(4): 188-199

Asriyanik, A., & Apriyandari, W. Implementation of the Algorithm Fisher Yates Shuffle on Game Quiz Environment. Journal Of Informatics and Telecommunication Engineering, 2020, 4(1): 161-172.

Ekojono, E., Irawati, D. A., Affandi, L., & Rahmanto, A. N. Penerapan Algoritma Fisher-Yates pada Pengacakan Soal Game Aritmatika. SENTIA 2017, 9. 2017

Fujiati, F., & Rahayu, S. L. Implementasi Algoritma Fisher Yate Shuffle Pada Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran. CogITo Smart Journal, 2020, 6(1): 1-11.

Krisdiawan, R. A., & Ramdhany, T. Implementasi Algoritma Fisher Yates Pada Games Edukasi Pengenalan Hewan Untuk Anak Sd Berbasis Mobile Android. Jurnal Komputer Bisnis, 2018, 11(2): 14-22.

Kriswanto, E., Sejarah dan Perkembangan Pencak Silat. 2015.

Nugraha, R., Exridores, E., & Sopryadi, H. (2015). Penerapan Algoritma Fisher-Yates Pada Aplikasi The Lost Insect Untuk Pengenalan Jenis Serangga Berbasis Unity 3D. MDP J., 2015, 1: 1–11

Prakarsa, A., Sunarto, A. A., & Prajoko, P. (2020). Model Pengacakan Soal Ujian Online SMA Menggunakan Metode Linear Congruential Generator dan Fisher Yates. Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer, 16(2), 133-142.

Priantama, R., & Priandani, Y. (2019). Implementasi Algoritma Fisher Yates Untuk Pengacakan Soal Pada Aplikasi Mobile Learning Kuis Fiqih Berbasis Android. Nuansa Informatika, 2019, 13(2): 40-49

Subaeki, B., & Ardiansyah, D. Implementasi Algoritma Fisher-Yates Shuffle Pada Aplikasi Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Tenses Bahasa Inggris. Infotronik: Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika, 2017, 2(1): 67-74


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.