E-MARKETPLACE BATU PERMATA MARTAPURA KALIMANTAN SELATAN

Siti Fathimah(1*)
(1) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v15i1.324

Abstract

Abstrak Martapura adalah sebuah kota penghasil intan terbesar di Indonesia. Intan merupakan salah satu batu permata yang memiliki nilai harga jual yang sangat tinggi. Sejak tahun 1950 hingga sekarang, pedagang intan dan batu permata tradisional masih melakukan transaksi jual beli di kota yang dulunya bernama Kayutangi. Untuk memperluas jaringan penjualan batu permata Martapura dibutuhkan sistem yang dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia, salah satu cara yang dapat digunakan yaitu melalui internet adalah E-marketplace. E-marketplace merupakan salah satu bentuk pengembangan sistem dalam teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi maupun transaksi penjualan. E-marketplace dapat mengakomodasi kebutuhan transaksi dan dapat memudahkan pelanggan untuk membeli produk dengan cepat, sehingga dapat meningkatkan transaksi untuk memperluas wilayah penjualan batu permata. Sistem ini dapat mengalihkan informasi mengenai produk yang diinginkan dengan kemudahan akses bagi konsumen atau pembeli yang memerlukannya. Dengan demikian, publikasi online melalui sebuah sistem E-marketplace adalah cara yang cukup efektif untuk meningkatkan penjualan batu permata Martapura. Dengan sistem e-marketplace berbagai kendala penjualan batu permata secara offline dapat teratasi dengan baik. Berdasarkan hasil pengujian validitas dan reliabilitas terhadap sistem yang dibangun dengan menggunakan pengujian user acceptance menghasilkan tingkat reliabilitas yaitu 0,84 yang berarti aplikasi e-marketplace batu permata Martapura Kalimantan Selatan sangat reliabel. Kata Kunci: Penjualan Batu Permata, E-Marketplace, Aplikasi Penjualan

Abstract Martapura is the largest diamond producing city in Indonesia. Intan is one gemstone that has a very high selling price value. Since 1950 until now, traditional diamond and gem traders are still carrying out buying and selling transactions in the city that was formerly called Kayutangi. To expand the Martapura gem sales network, a system that can reach all parts of Indonesia is needed, one way that can be used, namely through the internet, is the E-marketplace. Emarketplace is one form of system development in information technology to improve the quality of information services and sales transactions. E-marketplaces can accommodate transaction needs and can make it easier for customers to buy products quickly, so they can increase transactions to expand the sales area of gemstones. This system can transfer information about the desired product with easy access for consumers or buyers who need it. Thus, online publications through an E-marketplace system are a very effective way to increase the sales of Martapura gemstones. With the e-marketplace system, various obstacles to selling gemstones offline can be resolved well. Based on the results of testing the validity and reliability of the system built using user acceptance testing, the reliability level is 0.84, which means that the application of Martapura South Kalimantan's e-marketplace gemstone is very reliable. Keywords: Gemstone Sales, E-Marketplace, Sales Application

References


Maryama, S. Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha, Jurnal Liquidity. 2013; 2(1): 73-79

Agus Sulaiman. Pengembangan Sistem Informasi Public E-Marketplace pada PR XYZ, Jurnal ULTIMA InfoSys 2015; VI (2): 92-101

Laudon, K.C. & Traver, C. G. E-Commerce: Business, Technology, Society. 10 Edition. 2014. Diakses pada 1 Desember 2018, dari www.academia.edu

Taryadi. Analisis Tingkat Kesiapan Adopsi E-Marketplace UMKM Batik di Kota Pekalongan. Jurnal Litbang Kota Pekalongan. 2015;8: 19-31

Mawardi, K. E-Marketplace. Skripsi. Jombang: Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum, 2016.

Farid Maulana. Aplikasi Rancang Bangun E-Marketplace Developer Center Sebagai Pusat Penjualan Perangkat Lunak. Skripsi. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro Semarang, 2012.

Yohana Arum Widati. Sistem Informasi Penjualan dan Penilaian Batu Mulia Berbasis Web Sentra Industri. Jurnal Ilmiah Go Infotech. 2015; 2(1): 31-36

Miftah Syaeful Backtiar. Pengembangan Sistem Informasi Penjualan Batu Akik Marketplace Kiara Gemstone, Jurnal STT-Garut. 2015; 12(1): 1-8

Fadhlir Rahman. Strategi UMKM Dalam Membangun Brand Toko Online di Marketplace, Jurnal Administrasi Bisnis. 2017; 53(1): 39-48


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.