Implementasi Case Base Reasoning Dalam Penempatan Posisi Karyawan Pada CV. Marcel

Rama Nopan Nurlangga(1*),Suendri Suendri(2)
(1) State islamic university of north sumatera
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v20i2.2259

Abstract

A company with good management usually has several fields that work for their respective tasks. To work in a suitable field, employees must meet several requirements or criteria belonging to that field. The problem that occurs is that many employees fail to complete their work, employees who work in fields that are not suitable can make work unable to be carried out optimally. To help CV. Marcel in placing employees according to the field of work created an expert system. This application is based on desktop programming by utilizing an expert system with the Case-Based Reasoning method. With the Case-Based Reasoning method implemented in the Application to diagnose work failures so that it can make it easier to carry out an initial diagnosis before a job is not completed. The expected result of this research is that the application to diagnose job failures is expected to help company leaders to diagnose job failures, with this application company leaders can provide prevention solutions.

Keywords: Job Failure; Expert System; Case Base

 

Abstrak

Suatu perusahaan dengan manajemen yang baik biasanya mempunyai beberapa bidang yang sesuai dengan tugasnya masing-masing. Untuk bekerja di bidang yang cocok, karyawan harus memenuhi beberapa persyaratan atau kriteria yang termasuk dalam bidang tersebut. Permasalahan yang terjadi adalah banyak pegawai yang gagal menyelesaikan pekerjaannya, Pegawai yang bekerja pada bidang yang tidak sesuai dapat membuat pekerjaan tidak dapat dilaksanakan secara maksimal. Untuk membantu CV. Marcel dalam penempatan karyawan sesuai dengan bidang pekerjaannya dibuatlah sistem pakar. Aplikasi ini berbasis pemrograman desktop dengan memanfaatkan sistem pakar dengan Metode Penalaran Berbasis Kasus. Dengan metode Case-Based Reasoning yang diterapkan pada Aplikasi untuk mendiagnosis kegagalan kerja sehingga dapat memudahkan dalam melakukan diagnosa awal sebelum suatu pekerjaan tidak selesai. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah adanya aplikasi untuk mendiagnosa pekerjaan kegagalan diharapkan dapat membantu pimpinan perusahaan untuk mendiagnosa kegagalan pekerjaan, dengan adanya aplikasi ini pimpinan perusahaan dapat memberikan solusi pencegahan.

Kata Kunci: Kegagalan Pekerjaan; Sistem Pakar; Case Base

 

References


A. Andriani. Pemrograman Sistem Pakar, 2016

Al-Bahra bin Ladjamudin. Analisa dan Desain SISTEM INFORMASI. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

A.S. Rosa & M. Shalahudin. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika, 2013.

S. Fidyaningsih, F. Agus, S. Maharani. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kucing Menggunakan Metode Case- Based Reasoning, 2016.

Samsudin, Usman, Selviana. Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pernapasan Menggunakan Metode Case-Based Reasoning, 2017.

P. Hidayatullah. Visual Basic.NET Membuat Aplikasi Database dan Program Kreatif, 2015.

T. Sutojo, Mulyanto, Edi Dan Suhartono, Vincent. Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2011.

S. Alex. Panduan Lengkap Memelihara Anjing Dan Kucing. Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2011.

Y. Prayogo. Cat Lover’s Book. Jakarta: Gagas Media, 2013.

D.A. Kusuma, Chairani. “Rancang Bangun Sistem Pakar Pendiagnosa Penyakit Paru-Paru Menggunakan Metode Case Based Reasoning”. Infotel, vol. 6, no. 2, pp. 57-62, 2014.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.